Berikut Ini Unsur Senyawa Dan Campuran

Unsur Senyawa Dan Campuran

Unsur senyawa dan campuran – dalam kehidupan sehari hari kita sering menemui berbagai jenis yang berbeda bentuk, materi penyusun dan strukturnya.

Beberapa benda tersusun atas beberapa materi. materi sangat banyak jenisnya di alam ini. secara garis besar materi dikelompokkan menjadi 2 macam yaitu zat murni dan campuran.

Beberapa materi tersebut tersusun atas beberapa zat yang terbagi menjadi unsur, senyawa dan campuran.

untuk lebih jelasnya, kami akan mengulas materi IPA kelas 7 tentang unsur, senyawa dan campuran. Yuk simak ulasan di bawah ini!!

Unsur Senyawa Dan Campuran Beserta Contohnya

1. Unsur

Semua zat yang tidak bisa diuraikan lagi disebut sebagai unsur. Unsur merupakan suatu zat murni yang terbentuk dari bagian bagian sederhana yang tidak bisa diuraikan menggunakan reaksi kimia.

menurut para ahli Kimia ada ratusan jenis unsur yang terdapat di alam. untuk memudahkan kita dalam mempelajari unsur, senyawa dan campuran, diciptakanlah sistem periodik unsur yang dikenal dengan nama sistem periodik unsur.

Apakah air termasuk unsur? Air atau H2O ternyata masih bisa diuraikan menjadi gas hidrogen dan oksigen. Jadi air tidak termasuk ke dalam unsur yah.

Bagaimana dengan gula? apakah termasuk unsur? Ternyata gula bisa diuraikan menjadi gas karbon, oksigen, dan hidrogen.

semua zat atau gas penyusun air dan gula seperti oksigen, hidrogen dan karbon ternyata tidak bisa kita uraikan lagi dengan reaksi kimia.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya unsur adalah zat paling sederhana yang tidak bisa diuraikan lagi. jadi yang termasuk unsur adalah zat karbon, oksigen dan hidrogen. Contoh unsur lainnya yaitu besi, emas, seng, perak, nitrogen, sulfur dan sebagainya.

2. senyawa

Senyawa merupakan gabungan dari dua zat tunggal atau lebih yang bisa diuraikan menjadi bentuk yang lebih sederhana dengan reaksi kimia. senyawa adalah gabungan dari 2 unsur atau lebih.

Dalam kehidupan kita sering menemui gabungan dari beberapa zat tunggal (unsur) atau lebih. misalnya air, garam, gula dan lainnya.

Air (H2O) adalah bentuk senyawa yang terdiri dari beberapa unsur diantaranya hidrogen dan oksigen. Sementara garam terbentuk dari unsur natrium dan klorida (NaCl), gula terdiri dari unsur karbon, hidrogen, dan oksigen (CH3COOH).

contoh senyawa lainnya adalah asam klorida (HCl), asam sulfat (H2SO4), gas hidrogen (H2), magnesium klorida (MgCl), dan sebagainya.

3. campuran

campuran merupakan gabungan antara 2 zat atau lebih dimana zat tersebut tidak bisa bersatu atau larut karena zat zat tersebut mempertahankan sifat dasarnya. campuran terdiri atas 2 macam yaitu campuran homogen dan campuran heterogen.

  • campuran homogen adalah gabungan dua zat atau lebih dimana kedua zat tersebut larut sehingga tidak terlihat lagi perbedaan sifatnya setelah menjadi reaksi kimia. campuran homogen tidak bisa lagi dibedakan lagi zat zat didalamnya.

contoh: air, alkohol, parfum, asam cuka, larutan gula dan sebagainya.

  • campuran heterogen adalah gabungan 2 zat atau lebih dimana sifat asli kedua zat masih terlihat. sifat sifat dari zat dalam campuran tersebut tidak bisa menyatu.

contoh: air yang dicampur dengan pasir atau kopi, minyak yang dicampur air.

Nah itulah tentang penjelasan mengenai  unsur senyawa dan campuran beserta contohnya materi kelas 7 SMP… Terima kasih sudah membaca artikel kami. semoga bermanfaat

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *