Apa Tujuan Apec? Berikut Penjelasannya…

Tujuan Apec

Akreditasi.org, Tujuan Apec – Apec merupakan singkatan dari Asia-Pacific Economic Cooperation. Apec dikenal sebagai sebuah forum ekonomi regional yang didirikan pada tahun 1989.

Tujuan Apec Dibentuk

Apec ini dihadirkan dengan adanya tujuan untuk meningkatkan kerja sama yang berkembang di Asia-Pasifik.

Apec ini sendiri beranggotakan 21 negara anggota.

  1. Australia,
  2. Brunei Darussalam,
  3. Kanada,
  4. Chile,
  5. China,
  6. Hong Kong,
  7. Indonesia,
  8. Jepang,
  9. Korea Selatan,
  10. Malaysia,
  11. Meksiko,
  12. Selandia Baru,
  13. Filipina,
  14. Peru,
  15. Papua Nugini,
  16. Rusia,
  17. Singapur,
  18. Taiwan,
  19. Thailand,
  20. Amerika Serikat,
  21. Vietnam.

Apec ini hadir dengan tujuan yang sama yaitu untuk menciptakan kemakmuran yang bagi masyarakat di kawasannya dengan membantu meningkatkan pertumbuhan yang seimbang, inklusif, berkelanjutan, inovatif dan aman serta dengan mempercepat integrasi ekonomi regional.

Apec dibentuk atas gagasan dari Perdana Menteri Australia, Bob Howke, dan resmi didirikan pada bulan November 1989 di Canberra, Australia. Pembentukan APEC terutama untuk menanggapi peningkatan kerja sama ekonomi Asia-Pasifik.

Pembentukan Apec adalah bagian dari proliferasi blok ekonomi regional di akhir abad ke-20, seperti European Union (EU) dan North American Free Trade Agreement (NAFTA).

Kerja sama yang dibangun merupakan kerja sama non-politis. Bahkan, anggota Apec disebut dengan “ekonomi” karena setiap anggota saling berinteraksi sebagai entitas ekonomi, dan bukan sebagai negara.

Tujuan Apec Di Bidang Ekonomi

Tujuan Apec yang utama ini khususnya adalah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kemakmuran di kawasan Asia Pasifik.

Tujuan Apec ini dilakukan dengan mendorong dan memfasilitasi perdagangan dan investasi yang lebih bebas dan terbuka di kawasan, serta meningkatkan kerjasama dalam pengembangan kapasitas ekonomi anggota.

Demikianlah informasi menarik kali ini mengenai  Tujuan Apec. Semoga bermanfaat dan menginspirasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *