Tasawuf Modern Adalah

Tasawuf Modern

Tasawuf Modern- Tasawuf adalah bagian dari ajaran Islam, karena ia membina akhlak manusia (sebagaimana Islam juga diturunkan dalam rangka membina akhlak umat manusia) di atas bumi ini agar, tercapai kebahagiaan dan kesempurnaan hidup lahir dan batin, dunia dan akhirat.

Serta karena membina akhlak manusia maka dari itu, tidak tersekat dengan perkembangan zaman yang ada akan tetapi Tasawuf selalu hadir di setiap zaman yang ada. Oleh karena itu, siapapun boleh menyandang predikat mutasawwif sepanjang berbudi pekerti tinggi.

Tasawuf Modern yang berarti 

Tasawuf Modern adalah Tasawuf yang di implementasikan di abad modern saat ini tanpa mengurangi atau menambahkan konsep yang sudah ada tapi lebih kepada pembaruan sesuai kondisi dan zaman. 

Hal ini di tambah lagi banyaknya tokoh-tokoh yang sering berpandangan Tasawuf atau mengkaji Tasawuf di abad Modern ini seperti Nasaruddin Umar dan Buya Hamka, beliau para pengkaji Tasawuf yang telah memiliki hasil pemikiran dan implementasi hasil konsepsi dari pikiran beliau yaitu Tasawuf Modern ini.

Tasawuf modern merupakan salah satu karya besar Hamka. Di dalamnya kita dapat melihat garis besar pemikiran Hamka, corak, dan pemikiran-pemikiran yang mempengaruhinya. Dia menunjukkan bagaimana perspektifnya tentang arti kehidupan ini secara menyeluruh.

Tasawuf modern bagi Hamka berdasar pada prinsip “tauhid” , tidak perlu terus menerus menyepi serta menjauhi kehidupan normal. Seorang sufi di era modern bersifat dinamis tidak statis. Misalnya, semakin meningginya kepekaan sosial dalam diri sufi. 

Tasawuf bagi Hamka bertujuan untuk memperbaiki budi bekerti dan membersihkan batin. Tasawuf berfungsi untuk membentengi diri dari penyakit hati yang menghinggapinya.

Tasawuf modern bagi Hamka adalah penerapan dari sifat: qanaah, ikhlas, fakir tetapi tetap semangat dalam bekerja.

Selain itu, seorang sufi di abad modern juga dituntut untuk bekerja secara giat dengan diniati karena Allah SWT. Hamka memberi panduan dalam beretika atau bersikap bagi seorang sufi berdasarkan profesi masing masing. 

Terdapat etika di bidang pemerintahan, bisnis dan ekonomi, serta etika akademisi yang meliputi guru, murid, dokter, pengacara dan pengarang. 

Jika seorang muslim dengan beberapa profesi tersebut dapat mengaplikasikan nilai-nilai Islam maka, Ia bisa di sebut sebagai seorang sufi di abad modern.

Membaca buku berjudul tasawuf modern menyadarkan kita mengenai hakikat tasawuf yang sebenarnya. Dimana memiliki cakupan yang cukup luas. Bukan hanya berada pada pembahasan mengenai kesufian yakni yang mengasingkan diri dari kesenangan dunia.

Demikianlah teman-teman pembahasan kita hari ini tentang Tasawuf Modern, semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ke teman-teman yang lain ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *