Kesejahteraan Anak

Kesejahteraan Anak

Kesejahteraan Anak Penting Dalam Kehidupan – Hello sobat, kali ini kita kembali lagi dengan berita terbaru terkait dengan hal-hal menarik setiap harinya. Kali ini akan ada informasi mengenai Kesejahteraan Anak .

Kesejahteraan Anak Harus Segera Di Perbaiki

Kesejahteraan Anak adalah suatu tata kehidupan dan penghidupan anak yang dapat menjamin pertumbuhan dan perkembangannya dengan wajar, baik secara rohani, jasmani maupun sosial.

Untuk mewujudkan perlindungan dan kesejahteraan anak diperlukan dukungan kelembagaan dan peraturan perundang-undangan yang dapat menjamin pelaksanaannya.

Berbagai undang-undang hanya mengatur hal-hal tertentu mengenai anak dan secara khusus belum mengatur keseluruhan aspek yang berkaitan dengan perlindungan anak.

Perlindungan hak anak sangat diperlukan, anak harus dilindungi agar tidak menjadi korban tindakan apa saja baik oleh orang lain ataupun dalam lingkungan keluarganya sendiri baik secara langsung maupun tidak langsung, karena anak merupakan bagian dari warga negara yang akan berguna di masa depan, anak juga harus dijaga.

Perlindungan anak adalah segala kegiatan untuk menjamin dan melindungi anak dan hak-haknya agar dapat hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi, secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

Dari PKSA (Program Kesejahteraan Sosial Anak) yang didirikan oleh pemerintah adalah upaya pemenuhan/subsidi kebutuhan dasar (akte lahir), pemberian makanan tambahan, memberikan pendidikan, serta memberikan jalan untuk kembali kepada orangtua.

Kesejahteraan Anak Sangat Diutamakan

Pada tahun 1954 Perserikatan Bangsa-Bangsa mendeklarasikan 20 November menjadi hari yang penting, yaitu sebagai Hari Anak Sedunia. Hal tersebut didasari atas perhatian khusus dunia terhadap kesejahteraan anak.

Republik Indonesia juga turut andil dalam mendukung deklarasi tersebut melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 44 tahun 1984, yang disahkan pada tanggal 19 Juli 1984. Kesejahteraan dan pemenuhan hak anak sangat diutamakan oleh pemerintah, lalu bagaimana cara orang tua mensejahterakan buah hatinya?

  1. Memenuhi hak anak

Membahas tentang hak apa saja yang harus dipenuhi bagi buah hati tentu banyak sekali, mulai dari hak identitas, pendidikan, kesehatan hingga perlindungan. Seluruh hak tersebut harus terpenuhi demi kesejahteraan si kecil.

  1. Turut serta dalam mendidik karakter

Membentuk sebuah karakter maupun watak memang tidak mudah, diperlukan kerja keras yang sangat ekstra khususnya dari orang tua agar dapat membentuk karakter anak sesuai dengan harapan. Pencapaian tersebut bergantung pada bagaimana cara orang tua menyikapi dan memberikan pendidikan di sekolah dan lingkungan sosial kepadanya.

  1. Memberi rasa nyaman di lingkungan anak

Kenyamanan tentu sangat diinginkan oleh setiap anak, terutama dalam lingkungan keluarga. Untuk menciptakan rasa nyaman diperlukan tindakan maupun aktivitas yang mampu menopang hal tersebut, kamu bisa mencobanya dengan berkumpul dan menghabiskan waktu bersama keluarga.

Demikianlah informasi menarik kali ini mengenai Kesejahteraan Anak. Semoga bermanfaat dan menginspirasi.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *