Komunikasi Politik dan Jenisnya

Komunikasi Politik

Komunikasi Politik  – Hello sobat, kali ini kita kembali lagi dengan berita terbaru terkait dengan hal-hal menarik setiap harinya. Kali ini akan ada informasi mengenai Komunikasi Politik.

Komunikasi Politik Di Era Digital

Komunikasi Politik adalah komunikasi yang melibatkan pesan-pesan politik dan aktor-aktor politik, atau berkaitan dengan kekuasaan, pemerintahan, dan kebijakan pemerintah.

Dengan pengertian ini, sebagai sebuah ilmu terapan, komunikasi politik bukanlah hal yang baru. Komunikasi politik juga bisa dipahami sebagai komunikasi antara “yang memerintah” dan “yang diperintah”.

Komunikasi politik sebenarnya adalah penggunaan simbol komunikasi oleh manusia, baik sebagai penguasa maupun orang biasa, dalam kehidupan masyarakat atau negara.

Teknologi yang semakin berkembang ternyata sangat berdampak positif pada sektor komunikasi. Ingin berinteraksi dengan orang yang berjarak ribuan kilometer pun kini sudah bukan masalah lagi.

Coba bayangkan, pada zaman dulu komunikasi hanya mengandalkan surat yang dikirim dengan tenaga manusia yang membutuhkan waktu berhari-hari untuk bisa sampai di tujuan. Belum lagi saat harus menerima balasannya, masih harus menunggu lama lagi.

Berikut adalah jenis-jenis komunikasi daring di era digital yang sering dipakai di kehidupan sehari-hari:

  1. Komunikasi Sinkron Chat

Jenis komunikasi sinkron chat bisa dibilang menjadi cara berkomunikasi yang sudah umum dilakukan oleh sebagian besar orang.

Komunikasi dilakukan dengan pesan berbentuk tulisan yang dikirim ke lawan bicara. Diawali dengan SMS (Short Message Service), kini pengguna bisa berbicara (chatting) dengan platform yang menyediakan jasa komunikasi obrolan yang bisa digunakan di smartphone dan komputer. Beberapa jenis aplikasi chat yang umum digunakan antara lain WhatsApp, Line Chat, WeChat, dan lainnya.

  1. Komunikasi Sinkron Call

Untuk berkomunikasi sinkron call, pengguna menggunakan aplikasi yang di-install pada smartphone yang terhubung dengan internet. Cara berkomunikasi ini tidak akan memakai pulsa atau tagihan telepon, melainkan kuota internet.

  1. Komunikasi Sinkron Video Call

Sesuai dengan namanya, jenis komunikasi daring ini memakai video call (panggilan video) sebagai penghubung.

Dengan komunikasi sinkron video call, Anda bisa melihat lawan bicara Anda melalui layar komputer atau smartphone.

Jenis komunikasi semacam ini sekarang semakin diminati banyak pengguna teknologi karena tidak hanya bisa mendengar suara, tapi juga bertatap muka dengan lawan bicaranya.

  1. Komunikasi Asinkron Video

Meski sama-sama memakai video, tapi jenis ini berbeda dengan komunikasi sinkron video call. Pada komunikasi asinkron video, Anda hanya bisa berbagi rekaman video pada lawan bicara Anda. Jadi Anda tidak bisa melihat secara langsung keadaan orang tersebut.

  1. Komunikasi Asinkron Chat

Memiliki metode yang sama seperti asinkron video, komunikasi asinkron chat memungkinkan penggunanya untuk berbagi pesan singkat memakai pilihan platform yang ada. Hanya saja jenis komunikasi yang terjalin adalah komunikasi tunda.

  1. Komunikasi Jaringan Kerja

Komunikasi jaringan kerja bersifat pribadi dan tentunya berkaitan dengan urusan pekerjaan. Biasanya sebuah perusahaan mempunyai alat komunikasi sendiri yang hanya bisa digunakan oleh para pegawai perusahaan tersebut, seperti email atau platform khusus.

  1. Komunikasi Kelompok

Komunikasi kelompok dilakukan secara berkelompok atau grup yang terdapat beberapa orang di dalamnya. Biasanya jenis komunikasi ini terbentuk dalam platform. Komunikasi kelompok memudahkan dalam menyebarkan informasi yang dikhususkan untuk sebuah kelompok, sehingga langsung diterima oleh orang-orang yang tergabung di dalamnya.

  1. Komunikasi Formal

Sesuai dengan namanya, jenis komunikasi daring ini dilakukan saat acara formal (resmi). Tujuannya adalah untuk menyampaikan informasi yang berkaitan dengan sebuah kepentingan. Beberapa cara untuk melakukan komunikasi formal adalah memakai video conference, surat perintah, atau komunikasi pada sebuah rapat.

  1. Komunikasi Non Formal

Jenis komunikasi non formal dapat terjadi di acara resmi maupun tidak resmi. Saat dilakukan di acara resmi, jenis komunikasi ini lebih kepada bersifat pribadi.

  1. Komunikasi Informal

Berkebalikan dengan jenis komunikasi formal, jenis komunikasi informal bertujuan untuk menjaga hubungan sosial. Pesan atau obrolan yang dikirim pun tidak direncanakan.

Komunikasi Politik Jurnal

Komunikasi politik sangat penting dan menentukan dalam demokratisasi. Dengan adanya persaingan kepentingan komunikator politik untuk memengaruhi, memperoleh, mempertahankan, dan memperluas kekuasaan.

Komunikasi digital disebut pula komunikasi online. Komunikasi digital artinya komunikasi berbasis personal komputer buat mengirim serta mendapatkan pesan atau bertukar fakta lewat platform.

Pemahaman komunikasi politik pada era digital bertujuan untuk memberi pemikiran-pemikiran baru terhadap perkembangan konsep dan praktik komunikasi politik yang telah memasuki era digital.

Dengan adanya era digital, membuka ruang komunikasi menjadi sangat mudah dan luas untuk dilakukan. Apalagi dengan adanya pandemi kita tidak bisa saling berkomunikasi, misalnya tatap muka, komunikasi langsung, sosialisasi, yang cukup terpengaruh oleh pandemi virus corona.

Demikianlah informasi menarik kali ini mengenai Komunikasi Politik. Semoga bermanfaat dan menginspirasi.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *