Teknik Elektro UNP 2023

Teknik Elektro UNP

Jurusan Teknik Elektro memberikan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi pada bidang Teknik elektro industry yang adaptif dari adanya kemajuan IPTEK yang meliputi bidang Teknik otomasi industry, Teknik tenaga listrik dan konservasi energi.

Keunggulan dari kamu kuliah di jurusan Teknik Elektro adalah menghasilkan lulusan engineer yang profesional yang bermoral, kemudian agamis untuk bidang teknologi, berdaya saing dan juga adaptif dengan adanya perubahan lingkungan secara global. Jurusan ini juga mampu berinovasi untuk mengembangkan karir serta menciptakan pekerjaan.

Lapangan pekerjaan sudah mencakup segala industry dengan menggunakan sistem otomasi dan juga ketenagalistrikan pada sektor pembangkit listrik, pertambangan, serta produksi barang, hingga pekerjaan yang dibutuhkan analisis tenaga listrik seperti konsultan listrik dan audit energi

Pengetahuan dan Keahlian Keahlian yang dibutuhkan:

  • Kemampuan untuk mendesain sistem
  • Kemampuan untuk eksperimen
  • Kemampuan saat melakukan analisis
  • Kemampuan untuk memecahkan masalah pada bidang rekayasa teknik
  • Pemahaman pada matematika
  • Pemahaman pada fisika

Kenapa  Jurusan Teknik Elektro UNP?

Sangat banyak sekali keuntungan yang diperoleh dari seorang lulusan Jurusan Teknik Elektro:

1 Seseorang dengan adanya kualifikasi pendidikan Teknik Elektro sangat dibutuhkan pada hampir di seluruh lini industri agar dapat menangani berbagai persoalan kelistrikan dan juga sistem peralatan elektronik.

2 Lulusan Teknik Elektro sudah banyak diperlukan untuk berbagai perusahaan dalam membangun sistem distribusi tenaga listrik, kamu juga tak perlu khawatir akan prospek kerja jurusan ini.

3. Pertumbuhan infrastruktur  dan telekomunikasi yang semakin pesat  memerlukan yang namanya  dukungan sumber daya manusia yang sudah mumpuni. Meski saat ini sudah ada yang namanya beberapa Perguruan Tinggi sudah mulai menawarkan jurusan Teknik Telekomunikasi, kebutuhan berupa ahli Teknik Elektro di bidang ini juga masih menjadi tergolong tinggi.

4. Perusahaan-perusahaan dengan adanya suplai tenaga listrik besar untuk  industri minyak dan gas sangat membutuhkan yang namanya lulusan Teknik Elektro.

5. Kamu yang gemar untuk melakukan eksperimen juga dapat bekerja di laboratorium agar bisa melakukan serangkaian tes terhadap desain baru pada suatu penemuan di bidang rekayasa teknik.

Pada jurusan Teknik Elektro, kita akan berkutat dengan aplikasi kelistrikan, elektronika, dan juga elektromagnet selama 4 tahun atau 8 semester agar dapat lulus menyandang gelar Sarjana Teknik bidang Teknik Elektro. Secara umum, terdapat tiga bidang yang menjadi fokus di jurusan Teknik Elektro, yaitu tenaga listrik (arus kuat), elektronika (arus lemah), dan telekomunikasi. 

Bidang pada teknik tenaga listrik berhubungan dengan yang Namanya pembangkitan dan transmisi daya listrik pada satu tempat ke tempat lain. 

Jadi, kamu akan belajar cara membangun sistem distribusi tenaga listrik. Sedangkan  terhadap bidang teknik elektronika fokus untuk material pada berbagai konfigurasi atau struktur yang bisa mengatur aliran listrik. Nah, untuk teknik telekomunikasi berfokus pada upaya rekayasa dalam mengirim informasi pada satu titik ke titik lain. Selain ketiga bidang tadi, kamu juga bisa memilih teknik sistem kendali, lalu teknik instrumentasi, atau lainnya sesuai dengan yang fokus kajian di kampusmu nanti.

Mata kuliah yang akan kamu jumpai di bangku perkuliahan antara lain Rangkaian Listrik, Medan Elektromagnetik, Mikroprosesor, Sistem Kontrol, Sistem Telekomunikasi, Teknik Digital, Bahan-bahan Listrik, Pengukuran Beban Listrik, Konversi Energi, dll. Jika kamu ingin melanjutkan studi ke jenjang pascasarjana tentu saja bidang kajiannya akan semakin spesifik. Kamu tinggal pilih kampus yang sesuai dengan minatmu, bisa di dalam atau di luar negeri. Semua sama kecenya, Quipperian!

Akreditasi teknik elektro unp 

Dosen teknik elektro unp 

Demikianlah ulasan mengenai jurusan Teknik Elektro UNP. Semoga dapat membantu ya guys. Terimakasih telah berkunjung dan SEE YAA!!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *