Jurusan Astronomi Kerja Apa? Berikut Jawabannya

Jurusan Astronomi Kerja Apa

Jurusan Astronomi kerja apa – Apakah kalian pernah mendengar jurusan astronomi di jenjang perkuliahan atau waktu di SMA, Jurusan Astronomi memang belum begitu populer, sebab masih tergolong baru. Apalagi di Indonesia universitas yang menyediakan jurusan ini baru ITB.

Meskipun merupakan jurusan atau program studi yang baru, namun ilmu astronomi ini akan memberi banyak keuntungan ketika kalian pilih nantinya, lantas pasti kalian timbul pertanyaan Jurusan Astronomi kerja apa?

Sebelum kita bahas lebih dalam mengenai Jurusan Astronomi jadi apa, kita bahas dulu kenapa kalian harus memilih Astronomi sebagai jurusan.

Alasan kenapa kalian harus kuliah mengambil Jurusan Astronomi

  1. Membuka peluang berkarir di lembaga penelitian. Alasan pertama yang membuat jurusan astronomi menarik untuk dipilih saat kuliah adalah karena membuka kesempatan berkarir di lembaga penelitian. Sehingga kalian  bisa menekuni profesi sebagai peneliti di sejumlah lembaga resmi. Ada banyak mata kuliah yang didapatkan selama masuk ke jurusan ini, dan menjadi bekal untuk menjadi seorang peneliti handal. Jadi, jika selama ini tertarik untuk menjadi peneliti, silahkan masuk ke Jurusan Astronomi.
  2. Bisa mengenal kondisi planet di luar bumi. Di dunia planet ternyata sangat banyak, meskipun pluto sudah tidak masuk ke dalam jajaran planet lagi. Namun menjelajahi luar angkasa akan berpotensi menemukan planet baru dan bahkan ada kehidupan di dalamnya. Ingin mendapatkan pengalaman tersebut secara langsung? Maka kalian bisa masuk ke Jurusan Astronomi.  Sebab disini kalian akan mempelajari planet dan segala isi tata surya, bahkan bisa menjadi seorang astronom yang keliling angkasa naik pesawat luar angkasa.
  3. Memberi kesempatan lanjut s2 di luar negeri. Masuk ke Jurusan Astronomi juga membuka kesempatan untuk melanjutkan studi ke jenjang S2 atau magister di luar negeri. ITB sendiri sudah menyediakan jenjang pendidikan astronomi sampai S3. Namun tidak tertutup kemungkinan kalian  melanjutkan pendidikan keluar negeri. Ada banyak negara di luar Asia Tenggara yang menyediakan jurusan astronomi dan memberi beasiswa sehingga bisa di pertimbangkan.
  4. Bisa masuk ke NASA. NASA atau National Aeronautic and Space Administration yang merupakan sebuah perusahaan yang rutin melakukan penelitian luar angkasa. Berbagai misi terbang keluar angkasa dan menemukan banyak hal baru dilakukan disini. Banyak lulusan astronomi yang menjadi astronom dan staf di NASA, sehingga kalian  yang juga ingin masuk ke dalamnya perlu menjadi sarjana astronomi dulu. Oleh sebab itu tidak perlu ragu untuk masuk ke Jurusan Astronomi.
  5. Prospek kerjanya sangat luas. Jika kalian  berpikir masuk jurusan astronomi hanya bisa menjadi astronom, maka kalian  keliru. Sebab prospek kerja dari lulusannya sangat luas dna tidak hanya bisa berkecimpung di dunia antariksa saja. Selama masa perkuliahan kalian  tetap mendapatkan berbagai ilmu umum seperti matematika, fisika, dan sebagainya.  Sehingga membantu kalian  untuk berkarir di berbagai bidang. Termasuk di perbankan, media massa, menjadi programmer, dan masih banyak lagi yang lainnya.
  6. Termasuk jurusan minim peminat
    Jurusan astronomi termasuk ke dalam jurusan yang langka dan sampai saat ini baru tersedia di ITB. Menariknya jurusan ini juga masih sepi peminat namun tergolong jurusan prestisius. Sebab masuk ke jurusan ini tidak mudah sekalipun persaingannya tidak ketat. Setelah lulus pun berkesempatan untuk menekuni profesi yang memberi rasa bangga. Oleh sebab itu jurusan astronomi sangat menarik untuk dipertimbangkan, karena bisa memberi kesempatan masuk ke jurusan langka yang belum banyak ditembus oleh orang lain. Masuk ke Jurusan Astronomi bisa dipertimbangkan untuk kalian yang masih bingung memilih jurusan. Sebab dengan berbagai alasan diatas maka daya tarik jurusan astronomi cukup tinggi.  Apalagi untuk kalian yang memang punya minat untuk mengetahui seluk beluk luar angkasa atau penasaran dengan ada tidaknya alien di dunia ini.

Jawaban untuk pertanyaan, Jurusan Astronomi kerja apa? 

  1. Menjadi dosen. Jawaban untuk pertanyaan Jurusan Astronomi kerja apa? Kalian bisa jawab seperti ini lulusan Astronomi bisa jadi dosen, Jika selama kuliah kalian  berpindah haluan dari menjadi astronom kemudian menjadi dosen.  Maka kalian  tidak perlu khawatir, sebab lulusan dari jurusan astronomi juga bisa menjadi dosen. Hanya saja untuk menekuni profesi mulia ini kalian terlebih dahulu harus melanjutkan kuliah, minimal ke jenjang S2.  ITB sudah menyediakan jurusan astronom jenjang S2 sampai S3, sehingga kalian bisa melanjutkan kuliah di kampus yang sama. Menjadi dosen akan memberi pengalaman menarik karena bisa selalu berbagi ilmu mewat mengajar, penelitian, jurnal ilmiah, buku yang ditulis sesuai bidang ilmu, dan sebagainya.  Sehingga selain mengandalkan gaji dosen juga bisa mengandalkan royalti atas buku-buku yang sudah diterbitkan.
  2. Bekerja di lembaga pemerintah. Pilihan berikutnya setelah lulus dari Jurusan Astronomi adalah bekerja di lembaga pemerintahan, dan di beberapa bidang. Ada banyak BUMN dan lembaga pemerintah yang membutuhkan keahlian dari lulusan astronomi. Paling spesifik adalah di LAPAN atau Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional. Selain itu, Kalian  juga bisa ke BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi), bahkan juga masuk ke NASA.
  3. Masuk ke lembaga penelitian. Setelah lulus kalian juga berpeluang bekerja di lembaga penelitian, terutama penelitian mengenai antariksa, planet, bintang, dan lain sebagainya. Masuk ke lembaga penelitian akan membuatmu akrab dengan teleskop dan peralatan antariksa sekaligus menerima gaji yang tinggi.
  4. Menjadi analis sistem. Peluang karir juga datang dari perusahaan negara maupun swasta yang bergerak di bidang komunikasi dan juga pusat satelit. Yakni dengan mengisi posisi sebagai analis sistem.
  5. Menjadi Penulis. Jika selama ini kalian  memiliki kemampuan menulis yang baik maka setelah lulus dari Jurusan Astronomi bisa menjadi seorang penulis. Ada kesempatan besar untuk mengisi kolom artikel ilmiah di sejumlah media massa. Selain itu juga bisa menulis buku sendiri yang berhubungan dengan antariksa dan ilmu lain yang didapatkan selama kuliah. Buku yang berhasil diterbitkan dan laku terjual akan mendatangkan pendapatan, termasuk royalti yang cair setahun sekali.
  6. Pengusaha. Lulus dari jurusan astronomi juga memberi peluang untuk menjadi pengusaha sukses, khususnya bisnis di bidang teknologi dan komunikasi. Lulusan jurusan ini juga sangat potensial menjadi pendiri startup yang dalam perjalanannya memanfaatkan teknologi dan program atau aplikasi komputer.
  7. Astronom Profesional. Prospek kerja berikutnya tentu saja menjadi seorang astronom yang bertugas mengelola segala informasi yang dipancarkan oleh objek-objek astronomi. Yakni segala informasi yang diterima dari pancaran satelit, untuk kemudian diproses apakah perlu dilakukan tindakan lanjut atau sebaliknya.

Nah itulah informasi mengenai Jurusan Astronomi, semoga informasi yang kami bagikan ini bermanfaat dan terima kasih telah membaca.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *