Astronomi Jurusan Apa?

Astronomi Jurusan Apa

Astronomi Jurusan apa – Bagi kalian yang datang kesini untuk mencari tahu tentang Astronomi Jurusan apa? Mari kami jelaskan. Secara Harfiah penjelasan Astronomi merupakan ilmu yang mempelajari tentang benda-benda langit. 

Lantas datang pertanyaan lagi mengenai Astronomi apakah sama dengan astrologi? Astronomi memang mempelajari benda langit tapi bukan untuk meramal keuangan apalagi cinta. Astronomi berasal dari pemikiran orang-orang yang memikirkan bagaimana alam semesta ini terbentuk.

Secara garis besar dan secara umum Astronomi memakai ilmu matematika dan fisika agar segala peristiwa yang terjadi di ruang angkasa tidak hanya dapat diamati tapi juga dapat dimengerti dan dimodelkan. 

Selain matematika dan fisika, pengembangan perangkat lunak, pemrograman, analisis modeldan statistika juga digunakan dan dilakukan di sini.

Jika kalian bertanya mengenai Jurusan Astronomi belajar apa? Program studi Astronomi sendiri terdiri atas tiga bidang keahlian yaitu Tata Surya, Fisika Bintang, serta Galaksi dan Kosmologi. 

Pada proses perkuliahannya kalian akan mendapatkan banyak ilmu yang menarik seperti pada kuliah Lintasan Satelit yang lebih mengarah pada Astronautika.

Pengantar Instrumentasi Astronomi yang memperkenalkan kemajuan teknologi instrumentasi dalam Astronomi, dan Sistem Kalender yang nantinya dapat digunakan juga untuk penentuan hilal, yaitu penentuan awal bulan pada sistem penanggalan Islam.

Pada bidang Tata Surya, kalian akan mempelajari sistem tata surya beserta ”anggota keluarga” nya. Termasuk juga di antaranya adalah planet, asteroid, planet kerdil, dan lain-lain. 

Dari pengetahuan tentang planet dapat diturunkan lagi ilmu-ilmu lain, diantaranya komposisi atmosfer planet dan satelit-satelitnya.

Hingga pencarian planet-planet di luar tata surya yang bisa dihuni. Pada bidang Fisika Bintang kita mempelajari evolusi bintang, bagaimana bintang terbentuk dari lahir hingga mati, serta bagaimana spektrum bintang. 

Galaksi dan Kosmologi mencakup komposisi dan bentuk galaksi, materi antar bintang, quark hingga pengembangan alam semesta 

Astronomi Jurusan Apa Kerjanya ketika sudah lulus kuliah 

Jurusan Astronomi adalah salah satu jurusan yang masih kurang familiar di Indonesia. Pertanyaan seperti “mau kerja di mana lulusannya?”, juga pasti sering menghantui mahasiswa jurusan ini. Meski begitu, ternyata jurusan ini unik dan seru untuk dipelajari lho!

Lulusan jurusan ini berkesempatan menjadi ilmuwan dan memiliki nama yang akan di abadikan. Peluang kerja bagi lulusan Astronomi bisa bervariasi dan cukup luas.

Lembaga yang membutuhkan lulusan Astronomi mulai dari lembaga penelitian, pusat sains, lembaga antariksa, planetarium, observatorium, media massa, sekolah, sampai perguruan tinggi.

Selain itu , sangat memungkinkan jika lulusan jurusan ini ingin melanjutkan karier atau mencoba prospek kerja diluar bidang bidang Astronomi, misalnya bidang IT. Karena, mahasiswa Astronomi Jurusan juga akan belajar tentang pemrograman meski tidak sepenuhnya.

Di perguruan tinggi, lulusan astronomi bisa mengajar sebagai dosen. Memang, baru satu di Indonesia saat ini perguruan tinggi yang membuka Jurusan Astronomi. 

Tetapi kalian bisa menjadi dosen dalam bidang ilmu lain yang juga dipelajari dalam astronomi, misalnya fisika, biologi, hingga matematika.

Bila kalian memilih di lembaga penelitian atau lembaga antariksa, tentu kamu akan menjadi seorang ilmuwan. 

Lembaga-lembaga ini ada banyak kok di Indonesia, mulai dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) hingga Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

Kalian juga bisa bekerja di lembaga penelitian atau lembaga antariksa di luar Indonesia. Nantinya, bila kalian memang berkompeten sebagai ilmuwan dan memiliki prestasi yang cemerlang. 

Nama-nama kalian bisa diabadikan sebagai nama asteroid seperti beberapa alumni astronomi ITB, yang masing-masing adalah Bambang Hidayat, Moedji Raharto, Dhani Herdiwijaya, dan Taufiq Hidayat.

Sarjana Astronomi juga dapat menjadi penulis kolom dan editor pada majah-majalah maupun jurnal sains, serta menyampaikan konsep-konsep sains dengan cara yang kreatif. 

Selain bidang-bidang di atas, lulusan Astronomi Jurusan  juga dapat berkecimpung di bidang-bidang lain misalnya sebagai analis sistem pengembang perangkat lunak.

Seorang astronom profesional tidak selalu merupakan seorang lulusan Jurusan Astronomi. Baik itu lulusan kedokteran, komputer, fisika, atau lainnya, jika menjadikan astronomi sebagai pekerjaannya, maka bisa disebut sebagai astronom profesional.

Nah itulah informasi mengenai Astronomi Jurusan apa kerjanya setelah lulus kuliah, semoga informasi yang kami bagikan ini bermanfaat dan terima kasih telah membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *