Jurusan Hukum Kerja Apa? Ini Jawabannya…

Jurusan Hukum Kerja Apa?

Jurusan Hukum Kerja Apa – Jurusan merupakan salah satu jurusan yang paling diminati di Indonesia, seperti di Universitas Padjadjaran (Unpad). Pembagian itu menarik 1.619 calon yang hanya menawarkan 135 kursi pada SNMPTN 2022. Peluang karir apa yang tersedia untuk mahasiswa hukum?

Ilmu hukum sendiri merupakan ilmu yang mengkaji sistem hukum yang digunakan dalam kehidupan masyarakat. Di jurusan ini, mahasiswa banyak belajar tentang perundang-undangan, hak-hak dasar dan hukum internasional.

Selain teori, mahasiswa juga mempelajari beberapa kasus hukum yang pernah terjadi di tingkat nasional maupun internasional. Mata kuliah hukum juga melatih mahasiswa untuk menganalisis dan memecahkan suatu masalah atau kasus.

Peluang karir di bidang hukum tergantung pada spesialisasi program studi yang dipilih. Misalnya, Universitas Atmajaya menawarkan program khusus di antara hukum perdata, hukum pidana, hukum tata negara, hukum internasional dan hukum dagang.

Peluang karir apa yang tersedia untuk mahasiswa hukum? Lihat daftar website Universitas Bandar Lampung.

Jurusan Hukum Kerja Apa?

11 tawaran pekerjaan di fakultas hukum

  1. Pengacara

Pengacara adalah salah satu peluang kerja akademik paling populer di Indonesia. Tugas dan tanggung jawabnya mewakili kepentingan hukum klien dan menyelesaikan perselisihan.

Pengacara juga berperan sebagai penasehat untuk tetap menjaga hubungan baik dengan klien selama proses persidangan berlangsung. Jika Anda memutuskan untuk mengejar karir hukum ini, Anda harus terlebih dahulu menyelesaikan pelatihan hukum.

  1. Jaksa

Selain bekerja sebagai pengacara, lulusan hukum juga bisa menjadi jaksa. Pekerjaan ini menghabiskan sebagian besar waktunya di ruang sidang. Pekerjaan utamanya adalah menyajikan bukti terhadap tersangka di pengadilan pidana.

Jaksa bekerja dengan polisi atau lembaga penegak hukum lainnya untuk membawa tersangka ke pengadilan. Jika Anda ingin mengejar karir hukum ini, Anda tidak bisa menjadi jaksa begitu lulus kuliah. Tapi itu harus lulus beberapa tes negara.

  1. Notaris

Sebagai notaris, tugas Anda adalah membuat berbagai artikel, dokumen warisan, dll. Profesi ini juga erat kaitannya dengan ilmu hukum yang diajarkan di perkuliahan. Setelah lulus, Anda harus melanjutkan studi di program profesi notaris sebelum mulai bekerja. 4. Hakim

Profesi ini cocok untuk Anda yang ingin berinvestasi di dunia hukum dan mewujudkan keadilan. Bekerja sebagai hakim tentunya tidak mudah karena membutuhkan banyak kredibilitas. Putusan pengadilan menjadi tonggak penting hukum di tangan para hakim.

  1. Penasehat Hukum

Selain itu, Anda bisa bekerja sebagai konsultan hukum setelah lulus sekolah hukum. Tugasnya sebagai saksi ahli antara lain tetapi tidak terbatas pada memberikan pendapat ahli atau petunjuk tentang kelengkapan dokumen yang berkaitan dengan jalannya persidangan.

Sebagai konsultan, Anda bisa bergabung dengan perusahaan atau institusi tertentu. Prospek karir ini sangat menarik karena bisa mendapatkan gaji yang tinggi, hingga puluhan juta rupiah per bulan. 

  1. Diplomat

Setelah belajar hukum, diplomasi bisa menjadi salah satu prospek karir. Sebagai diplomat, Anda bisa bekerja di luar negeri.

Anda bisa mendapatkan banyak pengalaman bekerja di negara lain. Sebagai seorang diplomat, Anda juga memainkan peran penting dalam memupuk hubungan antar negara. 

  1. Staf Menteri

Jika Anda ingin menjadi PNS, Anda bisa memilih profesi sebagai pegawai kementerian. Banyak kementerian di Indonesia yang membutuhkan lulusan hukum sebagai staf. Sebagai pegawai Kementerian, Anda juga berpeluang mendapatkan gaji yang tinggi.

  1. Dosen

Dosen juga merupakan salah satu peluang kerja sah yang dapat Anda pilih. Sebagai dosen pada umumnya, tugas seorang dosen hukum juga meliputi penyusunan kurikulum, penyampaian mata kuliah dan penyebarluasan informasi hukum.

Namun, sebelum Anda dapat mengajukan undang-undang ini, Anda harus menyelesaikan gelar master terlebih dahulu. Karena gelar sarjana hukum saja tidak cukup untuk menjadi dosen. 

  1. Diplomat

Peluang kerja legal berikutnya adalah diplomat. Pekerjaan ini cocok untuk kamu yang ingin bekerja di luar negeri atas nama negara.

Tugasnya adalah memantau hubungan antar negara mengenai perjanjian internasional tentang perdamaian, hak ekonomi, budaya, manusia dan lingkungan. Anda menjadi perwakilan negara yang tinggal di negara lain. 

  1. Polisi

Dengan pengetahuan hukum, Anda memiliki kesempatan untuk menjadi seorang polisi. Sebagai seorang polisi, Anda harus tahu hukum dengan baik. Setelah lulus kuliah, Anda dapat berpartisipasi dalam pemilihan polisi.

  1. seorang pedagang

Lulusan hukum juga memiliki masa depan cerah dan peluang sebagai pengusaha. Karena Anda mengetahui syarat-syarat membangun dan menjalankan bisnis agar tidak melanggar hukum.

Nah itulah 11 pekerjaan legal yang harus dikerjakan. Tingkatkan pendaftaran hukum, Detiker?

Profesi apa yang anda pelajari Hukum Internasional

Institute of International Law adalah program gelar yang berfokus pada pengetahuan hukum tetapi dalam konteks global. Studi hukum internasional berkisar dari hak asasi manusia hingga perdagangan internasional dan mencakup berbagai topik.

Peluang karir mahasiswa hukum internasional cukup luas dan bagus, serta gaji yang didapat juga cukup tinggi. Oleh karena itu, simak pembahasan 7 peluang kerja bagi lulusan hukum internasional berikut ini, termasuk.

  1. Pengacara

Peluang profesional pertama bagi lulusan dengan fokus pada hukum internasional adalah profesi pengacara. Lulusan dengan fokus pada hukum internasional tentu saja bisa menjadi pengacara.

Tugas pengacara adalah melindungi klien dari masalah yang dihadapinya. Sebagai seorang pengacara, Anda harus bisa mengumpulkan bukti-bukti yang kuat untuk memenangkan kasus Anda. Informasi dan bukti dapat diperoleh dari pelanggan atau sumber lain.

  1. hakim

Profesi selanjutnya adalah hakim. Lulusan hukum internasional tentunya bisa berprofesi sebagai hakim, khususnya hukum internasional yang mempelajari berbagai disiplin ilmu hukum sehingga sudah memahami dunia hukum.

  1. Notaris

Pekerjaan selanjutnya adalah notaris. Peluang kerja ini sangat menjanjikan bagi lulusan hukum internasional. Notaris bertanggung jawab untuk menyiapkan dan mencetak akta. Notaris mempunyai hak dan wewenang untuk membuat dan mencetak akta, baik untuk perusahaan, lembaga, yayasan maupun rumah tangga. Bahkan, Anda juga memiliki hak untuk membuat dokumen, perjanjian, perintah, dan dokumen otentik.

  1. Sekretaris Hukum

Jika Anda ingin menjadi pengacara tetapi tidak memiliki pengalaman, Anda bisa menjadi paralegal. Pekerjaan ini cocok untuk kamu yang ingin tahu banyak tentang dunia hukum. Sebagai paralegal Anda akan belajar banyak dan memiliki pengalaman menangani kasus-kasus pengacara. Jadi ketika Anda menjadi pengacara, Anda pandai menangani berbagai hal.

  1. Penasehat Hukum

Pekerjaan lulusan program sarjana Hukum Internasional selanjutnya adalah sebagai penasehat hukum. Pekerjaan ini sangat cocok bagi anda yang telah menyelesaikan gelar internasional, karena anda akan dapat menggunakan ilmu yang anda peroleh di universitas, seperti: B. artikel yang valid dan juga dokumen untuk keperluan hukum, seperti.

  1. Diplomat

Pekerjaan lulusan Hukum Internasional selanjutnya adalah Diplomat. Posisi ini sangat cocok untuk lulusan hukum internasional yang telah memperoleh pengetahuan tentang hukum asing dan prinsip-prinsip diplomasi selama masa studinya. Seorang diplomat bertanggung jawab untuk mempromosikan, menegosiasikan, dan bahkan melindungi hal-hal yang berkaitan dengan negara. 7. Paralegal

Lulusan mata kuliah hukum internasional juga bisa menjadi asisten. Paralegal adalah seseorang yang memiliki keterampilan hukum tetapi bukan pengacara. Pengacara tidak jauh berbeda dengan sekretaris hukum.

Demikianlah ulasan mengenai jurusan hukum kerja apa. Semoga dapat membantu ya guys. Terimakasih telah berkunjung dan SEE YAA!!!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *