Jurusan Jurnalistik Undip, Cek Disini!

Jurusan Jurnalistik Undip

Fokus pada jurnalisme multimedia dan konten kreatif bertujuan untuk menghasilkan jurnalis profesional yang mampu merencanakan dan melaksanakan pekerjaan profesional dalam jurnalisme multi-channel (cetak, elektronik, media baru) dan situs wirausaha digital berdasarkan kode etik jurnalistik. . 

Selain itu, lulusan diharapkan unggul dalam mengelola proyek jurnalistik dan memiliki kemampuan merencanakan konten kreatif dan penelitian komunikasi dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif untuk dipresentasikan dalam forum ilmiah dan untuk dipublikasikan dalam publikasi ilmiah.

Deskripsi Departemen

Jurusan Jurnalistik mengajak mahasiswa untuk mengenal dunia jurnalistik dan karakter serta dinamika berbagai media (televisi, radio, cetak dan online). Siswa belajar tentang penyebaran informasi melalui media massa dan mengetahui sifat-sifat dari masing-masing media dan perubahannya. 

Dalam perkuliahan, mahasiswa mempelajari berbagai hal, seperti menemukan, menulis, dan mengedit pesan. Kemampuan Anda dalam menyampaikan pesan melalui berbagai media akan semakin terasah selama berkuliah di jurusan ini. Secara umum, jurnalistik merupakan salah satu peminatan di Departemen Ilmu Komunikasi. Namun di beberapa tempat, jurusan jurnalistik juga bisa berdiri sendiri.

Pengetahuan dan keahlian Jurusan Jurnalistik Undip:

  • Kemampuan analisis
  • Kemampuan berkomunikasi
  • Kemampuan untuk berpikir secara terstruktur
  • Kemampuan menulis
  • Kemampuan membaca
  • Kemampuan mengelola teknologi informasi dan komunikasi

Kenapa harus belajar jurnalistik?

Ada begitu banyak manfaat dari gelar jurnalistik. 

Memasuki lapangan, mahasiswa dihadapkan pada berbagai sumber dengan latar belakang yang berbeda-beda. Sumber daya apa pun yang Anda temukan pasti akan memberi Anda banyak pengalaman dan pembelajaran. Kalau bisa, kalau plafon juga bisa sambil jalan-jalan. Menarik, bukan? Beberapa alasan lain menjadikan jurusan jurnalistik sebagai pilihan yang layak, antara lain:

Bagi Anda yang memiliki hobi menulis sejak sekolah, akan sangat bermanfaat untuk melanjutkan studi dengan mata pelajaran ini. Jurusan jurnalisme memberi Anda platform dan kesempatan yang lebih baik untuk mengeksplorasi keterampilan menulis Anda agar lebih fokus dan profesional.

Peluang karir setelah menyelesaikan jurusan jurnalistik sangat terbuka di media masa kini. Lulusan jurnalistik bisa memilih berkarir di perusahaan media atau di beberapa bidang lainnya.

Dengan belajar di jurusan jurnalistik, Anda tidak hanya mempelajari media atau mengembangkan kemampuan menulis Anda, tetapi Anda juga akan mempelajari aturan etika yang harus diikuti saat melamar karir, sehingga Anda dapat membangun integritas dan profesionalisme Anda dari universitas.

Peluang Kerja Setelah Lulus Jurusan Jurnalistik Undip:

Belajar di Jurusan Jurnalistik tidak selalu berarti menjadi seorang jurnalis! Peluang kerja lulusan dengan fokus jurnalistik sangat beragam. Jadi, pastikan bahwa pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan yang Anda dapatkan selama belajar di universitas cukup mumpuni. Ini adalah dasar untuk tidak kehilangan daya saing Anda. Beberapa pilihan karir bagi lulusan jurnalistik antara lain:

  1. Editor 
  2. Penulis Konten 
  3. Copywriter 4. Editor 
  4. Komunikasi pemasaran 
  5. Fotografer 
  6. PR

Dunia Perkuliahan Jurusan Jurnalistik Undip

Pada bagian ini Anda akan belajar banyak tentang teknik jurnalistik. Teknik yang dipelajari akan membantu siswa saat mereka terjun ke lapangan untuk melaporkan dan mengumpulkan informasi dari orang-orang yang mereka temui.

Selama belajar di lembaga ini, Anda akan belajar menemukan, menulis, mengedit, dan membagikan informasi atau berita di media baik cetak maupun elektronik. Anda juga akan mendapatkan materi pengenalan karakter dan manajemen media serta berbagai modifikasinya.

Mata kuliah yang dipelajari adalah Pengantar Ilmu Komunikasi, Dasar Jurnalistik, Bahasa Jurnalistik, Psikologi Komunikasi, Penulisan Berita, Penulisan Feature, Jurnalistik Online dan Manajemen Media Massa. Kursus jurnalistik tersedia mulai dari Diploma (D3) hingga Sarjana (S1). Lulusan D3 menerima gelar A.Md. Lulusan ilmu jurnalistik atau komunikasi biasanya bergelar S.I.Kom.

Daftar kursus untuk fokus pada jurnalisme multimedia dan konten kreatif:

Semester 4

https://komunikasi.fisip.undip.ac.id/v1/kurikulum-2017-semester-4/#bagian-3

Semester 5

https://komunikasi.fisip.undip.ac.id/v1/kurikulum-2017-semester-5/#bagian-2

Semester 6

https://komunikasi.fisip.undip.ac.id/v1/kurikulum-2017-semester-6/#bagian-2

Demikianlah ulasan mengenai jurusan jurnalistik UNDIP, semoga bisa memberikan wawasan yang baru bagi kamu ya guys. Terimakasih telah berkunjung dan SEE YAA!!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *