Teknik Geologi UNDIP 2023

Teknik Geologi UNDIP

Teknik geologi undip – UNDIP adalah perguruan tinggi negeri favorit dan terkenal yang berada di kota Semarang, Jawa Tengah. Akreditasi UNDIP secara institusi, saat ini telah mendapatkan peringkat A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.

Prodi yang terdapat di undip juga memiliki akreditasi yang bagus tak terkecuali teknik geologi. Teknik Geologi merupakan suatu cabang ilmu rekayasa yang mengembangkan pengetahuan tentang kebumian, khususnya pada bagian kulit bumi, dengan penekanan pada pembahasan materi, komposisi, serta proses-proses yang terjadi. 

Proses-proses kebumian yang terjadi seringkali terkait dengan kehidupan manusia dan lingkungan.  Wilayah Indonesia memiliki kondisi geologi yang kompleks dengan keterdapatan zona kegempaan aktif, sebaran gunungapi aktif, potensi mineral dan energi. 

Kondisi ini menjadikan Indonesia kaya akan sumberdaya geologi, namun juga rawan akan bencana geologi. 

Dengan demikian, negara kita membutuhkan tenaga kerja dan ahli geologi yang peka dan mampu menganalisis berbagai fenomena geologi yang sesuai dengan perkembangan ilmu dan teknologi. 

Pemanfaatan sumber daya geologi yang tepat dan berwawasan lingkungan akan dapat terlaksana di tangan mereka. Hal ini sangat dibutuhkan untuk menghadapi otonomi daerah dan Masyarakat Ekonomi ASEAN di tahun-tahun mendatang yang semakin kompetitif

Daya tampung dan peminat teknik geologi undip 

Berikut ini daya tampung dan peminat teknik geologi undip tahun 2022/2023

Jalur Daya tampung  Peminat
SNMPTN 30 304
SBMPTN 45 517

 

Teknik geologi undip akreditasi 

Bulan Agustus 2022 diakhiri dengan datangnya kabar gembira di lingkungan Departemen Teknik Geologi Universitas Diponegoro, yaitu dinyatakannya program studi ini meraih Akreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). 

Sepanjang berdirinya, Program Studi Teknik Geologi telah melakukan tiga kali akreditasi dan terakhir pengajuan tahun 2022 ini mencapai hasil yang tertinggi.

Keberhasilan ini tidak lepas dari kinerja departemen dalam meningkatkan kualitas dan menjamin mutu berbagai aspek yang menjadi indikator penilaian akreditasi. 

Pencapaian ini juga merupakan puncak dari proses pengajuan akreditasi yang telah dilakukan dan dipersiapkan oleh tim sejak tahun 2021 hingga awal 2022. 

Dalam prosesnya, tim penjaminan mutu fakultas dan universitas turut mendampingi serta memberikan masukan agar standar dokumen yang dipersiapkan sesuai dengan pedoman dari BAN-PT.

Sebagaimana tercantum dalam Surat Keputusan no. 5761/SK/BAN-PT/Ak/S/VII/2022, status Akreditasi Unggul ini berlaku 30 Agustus 2022 – 30 Agustus 2027.Seluruh sivitas akademik Departemen Teknik Geologi dan Fakultas Teknik tentunya sangat bersyukur atas capaian ini. 

Pengurus menyampaikan terima kasih kepada segenap dosen, staf, mahasiswa, dan alumni yang turut membantu dalam proses akreditasi.

Akreditasi Unggul ini menjadi pembuktian kualitas dan daya saing Program Studi Teknik Geologi Undip dengan prodi teknik geologi dari universitas lain di Indonesia. 

Harapan ke depan adalah menjadikan institusi ini lebih baik lagi dan memiliki akreditasi di tingkat internasional sehingga mendukung program World Class University oleh Universitas Diponegoro

Demikianlah teman-teman pembahasan kita hari ini tentang teknik geologi undip, semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ke teman-teman yang lain ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *