Daftar Universitas Swasta di Jakarta

Universitas Swasta di Jakarta

Universitas swasta di JakartaJakarta sebagai ibu kota negara dan kota bisnis tak hanya menarik bagi para pekerja. Jakarta juga menjadi salah satu pilihan destinasi kuliah bagi banyak pelajar di Indonesia.

Nah berikut ini mimnin akan bahas universitas swasta di Jakarta yang murah dan universitas swasta di Jakarta akreditasi a.

Universitas swasta di Jakarta yang murah 

Berikut ini universitas swasta di Jakarta yang murah:

  • Universitas Dian Nusantara (UNDIRA)

Universitas Dian Nusantara atau UNDIRA merupakan universitas swasta di Jakarta yang berkualitas dengan harga murah. Biaya per semester di UNDIRA ini mulai dari Rp3.000.000 per semesternya. Universitas ini memiliki 3 lokasi kampus berbeda, yaitu 2 di Jakarta Barat dan 1 kampus di Bekasi.

Universitas Dian Nusantara menyediakan memiliki 10 Program Studi untuk S1 yang bisa kamu pilih, mulai dari Teknik Elektro hingga Sastra Inggris. Selain menyediakan banyak Program Studi, universitas ini juga menyediakan fasilitas lengkap untuk mendukung proses belajar, seperti perpustakaan, ruang kelas, dan lain sebagainya.

  • Universitas Nasional

Universitas Nasional merupakan universitas swasta murah di Jakarta yang terakreditasi A. Meski telah terakreditasi A, namun biaya angsuran per semester di Universitas Nasional sangat terjangkau, yaitu sekitar Rp375.000 sampai Rp750.000.

Selain biaya terjangkau, universitas ini juga menyediakan 2 program kelas, yaitu reguler dan kelas karyawan untuk mahasiswa yang ingin bekerja sambil kuliah. Universitas yang berlokasi di Jalan Sawo Manila, Pasar Minggu Jakarta ini menyediakan 9 Fakultas yang bisa Kamu pilih.

Adapun Fakultasnya antara lain Hukum, Biologi, Pertanian, Teknologi, Ilmu Kesehatan, dan lain sebagainya. Selain itu, Universitas Nasional juga menyediakan berbagai beasiswa untuk mahasiswa berprestasi. Adapun jenis beasiswa yang ada di Universitas Nasional, 2 diantaranya yaitu Bidikmisi dan Djarum Beasiswa Plus.

  • Universitas Bung Karno (UBK)

Universitas Bung Karno atau UBK termasuk universitas swasta murah di Jakarta yang berkualitas dan telah mendapatkan akreditasi B. Selain berkualitas, biaya kuliah di universitas ini sangat terjangkau. Adapun biaya kuliahnya yaitu sekitar Rp7.900.000 per semester yang bisa diangsur.

Selain terjangkau, universitas yang berlokasi di Jalan Pegangsaan Timur Nomor 17 A ini menyediakan 5 Fakultas untuk program S1. Adapun fakultasnya antara lain Hukum, Ilmu Sosial dan Politik, Ilmu Komputer, Ekonomi dan Bisnis, serta Teknik.

  • Universitas Jayabaya

Universitas ini termasuk universitas swasta yang berkualitas dan murah di Jakarta, dengan biaya sekitar Rp2.400.000 hingga Rp4.800.000 per semesternya. Universitas yang terakreditasi B dari BAN-PT ini berlokasi di Jalan Pulomas Selatan Kav. 23, wilayah Jakarta Timur.

Universitas Jayabaya menyediakan 8 Fakultas untuk Program Studi S1, mulai dari Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan hingga Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Selain itu untuk S1, universitas ini juga menyediakan Program Studi untuk Diploma, Magister, dan Doktor.

  • Universitas Mercu Buana

Universitas Mercu Buana termasuk salah satu universitas swasta berkualitas yang ada di Jakarta. Selain berkualitas, universitas yang berlokasi di Jalan Meruya Selatan, wilayah Jakarta Barat ini juga menyediakan harga kuliah cukup murah, yaitu sekitar Rp1.900.000 sampai Rp7.900.000 per semesternya

Universitas swasta di Jakarta akreditasi A

Berikut ini Universitas swasta di Jakarta akreditasi a, silahkan disimak:

  • Bina Nusantara University (BINUS)

BINUS University adalah universitas swasta di Jakarta yang menawarkan program studi berstandar internasional baik di tingkat sarjana maupun pascasarjana.

Pada tanggal 8 Agustus 1996, Universitas Bina Nusantara (BINUS) berdiri dan secara sah diakui oleh pemerintah. Kemudian melebur ke dalam BINUS pada 20 Desember 1998. Sehingga BINUS memiliki beberapa fakultas, yaitu:

  • Fakultas Ilmu Komputer
  • Fakultas Ekonomi
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Sastra
  • Fakultas MIPA
  • Program Pasca-Sarjana

Secara akreditasi institusi, Binus pun juga sudah mendapat akreditasi A dari BAN-PT dengan No SK 2991/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2016.

  • Universitas Trisakti

Universitas Trisakti atau biasa disingkat Usakti adalah universitas swasta di Jakarta dan disebut-sebut sebagai kampus terbesar. Trisakti mendapatkan urutan ke-27 secara umum dan 12 pada klaster 2

Universitas ini didirikan pada 29 November 1965 dan memiliki lebih dari 20.000 mahasiswa aktif serta telah meluluskan lebih dari 100.000 alumni.

Oleh BAN-PT, Usakti diberikan akreditasi A pada 2017 lalu dengan No SK 4341/SK/BAN-PT/Akred/PT/XI/2017. Usakti memiliki sembilan fakultas yang bisa dipilih, yakni:

Fakultas Hukum

Fakultas Kedokteran Umum

Fakultas Kedokteran Gigi

Fakultas Ekonomi

Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan

Fakultas Teknologi Industri

Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi

Fakultas Arsitektur Lansekap dan Teknologi Lingkungan

Fakultas Seni Rupa dan Desain

  • Universitas Tarumanagara

Universitas Tarumanagara (UNTAR) adalah universitas swasta di Jakarta yang beralamat di Jalan Letjen S Parman No 1 Jakarta Barat.

UNTAR sudah mendapat akreditasi A dari BAN-PT dengan No SK 3123/SK/BAN-PT/Akred/PT/IX/2017. SK ini menunjukkan bahwa UNTAR sudah terakreditasi sejak 2017 lalu.

Di antaranya yang terbaru ialah, pengajar sekaligus rektor UNTAR, Prof. Dr. Agustinus Purna Irawan, menerima sertifikat dan medali ASEAN Engineer dari The ASEAN Federation of Engineering Organisations (AFEO).

Penghargaan tersebut diberikan di acara 36th Conference of the ASEAN Federation of Engineering Organisations (CAFEO 36) yang digelar di Singapura pada 12-14 November 2018.

Alasan diberikan penghargaan tersebut karena pengajar pada Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik UNTAR ini dianggap memenuhi kualifikasi sebagai ASEAN Engineer (ASEAN Eng).

Universitas ini mendapatkan urutan ke-31 secara umum dan 16 pada klaster 2. UNTAR menawarkan 8 fakultas di program S1-nya, yaitu:

  • Fakultas Ekonomi
  • Fakultas Ilmu Komunikasi
  • Fakultas Teknologi Informasi
  • Fakultas kedokteran
  • Fakultas Hukum
  • Fakultas Seni Rupa dan Desain
  • Fakultas Teknik.
  • Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya atau disingkat Unika Atma Jaya adalah sebuah perguruan tinggi swasta di Jakarta yang didirikan oleh Yayasan Atma Jaya pada tanggal 1 Juni 1960.

Oleh Kemenristekdikti, Atma Jaya mendapatkan urutan ke-37 secara umum dan 22 pada klaster 2. Secara institusi, Unika Atma Jaya pun juga sudah mendapat akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan No SK 3007/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2016.

SK ini menunjukkan bahwa akreditasi A Unika Atma Jaya sudah berlaku sejak 2016 lalu. Saat ini, Unika Atma Jaya memiliki 8 fakultas yang terdiri dari 22 program studi.

  • Universitas Mercu Buana

Universitas Mercu Buana adalah universitas swasta di Jakarta yang memiliki tiga kampus, yaitu Kampus Meruya, Kampus Menteng, dan Kampus Cibubur. Universitas yang berdiri sejak 1985 ini telah menorehkan banyak prestasi.

Yang paling baru di antaranya, tim dari Universitas Mercu Buana (UMB) berhasil meraih gelar juara 1 dalam ajang Tokyo International Choir Competition 2018 di Jepang untuk kategori folklore (lagu daerah).

Prestasi lainnya, tiga mahasiswa Program Studi (Prodi) Arsitektur UMB berhasil meraih peringkat dua sayembara tingkat nasional mendesain Pulau Kodingareng Keke yang diselenggarakan oleh Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Sulawesi Selatan.

Akreditasi Mercu Buana cukup baik. Secara institusi, Mercu Buana mendapat akreditasi A sejak 2016 dengan No SK 3001/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2016.

Demikianlah teman-teman pembahasan kita hari ini tentang universitas swasta di Jakarta, semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ke teman-teman yang lain ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *