Daftar Universitas Swasta di Jogja

Universitas Swasta di Jogja

Universitas swasta di jogjaUniversitas swasta di Jogja yang murah mungkin cukup banyak dicari oleh calon mahasiswa. Biasanya mereka memilih universitas swasta karena gagal masuk universitas negeri. 

Selain itu, faktor biaya juga menyebabkan calon mahasiswa memilih universitas swasta yang tidak terlalu mahal. Universitas swasta yang ada di jogja selain murah juga berkualitas. Dan tak kalah menarik universitas swasta di jogja banyak yang sudah terakreditas A. Berikut ini info menariknya:

Universitas Swasta di Jogja Akreditasi A

Berikut ini universitas swasta di jogja akreditasi a:

1. Universitas Islam Indonesia

Universitas di Yogyakarta ini terletak di kawasan Sleman, berjarak sekitar 20km saja dari puncak Gunung Merapi. Bukan hanya lokasi, tapi hari lahir UII juga terbilang unik – sebelum kemerdekaan Indonesia, tepatnya pada 8 Juli 1945. 

Tak heran, ada banyak tokoh bangsa yang terlibat saat didirikannya kampus swasta di Jogja ini, salah satunya Dr. Moh. Hatta.

Selain program sarjana, UII juga memiliki program diploma/ vokasi. Program D3-nya yaitu Akuntansi, Analisis Kimia, Manajemen, serta Perbankan dan Keuangan. 

2. Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Selain di Jakarta dan Makassar, Universitas Atma Jaya ada di Yogyakarta, Sobat. Lokasinya pun sama dengan UII, berada di wilayah Sleman. UAJY, begitu akronim perguruan tinggi swasta di Yogyakarta ini, berdiri pada 27 September 1963 di bawah Yayasan Slamet Rijadi.

Sebagai salah satu universitas swasta terbaik di Jogja, jurusan di kampus ini ada Arsitektur, Teknik Sipil, Manajemen, Akuntansi, Hukum, Teknik Industri, Informatika, Biologi, Ilmu Komunikasi, Sosiologi, Ekonomi Pembangunan, dan Sistem Informasi adalah jurusan-jurusan yang dapat dipilih oleh calon mahasiswa baru universitas di Jogja ini.

3. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Dari Sleman, kita menuju Bantul, Sobat. Di wilayah ini ada universitas swasta di Jogja yang tak kalah kualitasnya dari kedua universitas di Jogja sebelumnya, yaitu UMY. Berdiri pada 1 Maret 1981, kini UMY telah memiliki delapan fakultas.

Universitas swasta di Jogja ini menaungi Jurusan Ekonomi, Akuntansi, Manajemen, Syariah Economics, Pendidikan Agama Islam, Komunikasi dan Penyiaran Islam, Ilmu Hukum, Teknologi Informasi, Teknik Mesin, Teknik Elektro, 

Teknik Sipil, Agroteknologi, Agribisnis, Pendidikan Bahasa Jepang, Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Bahasa Inggris, Ilmu Pemerintahan, Ilmu Komunikasi, Hubungan Internasional, Farmasi, Keperawatan, Kedokteran Gigi, dan Kedokteran.

3. Universitas Ahmad Dahlan

UAD didirikan pada 18 November 1960 dengan lokasi kampus di kawasan Umbulharjo Yogyakarta. Pada awalnya, perguruan tinggi swasta di Yogyakarta ini merupakan IKIP Muhammadiyah Yogyakarta. 

Kini sebagai sebuah universitas swasta di Jogja, UAD telah berkembang dengan beberapa jurusan program sarjana. Universitas di Yogyakarta ini memiliki Jurusan Akuntansi, Manajemen, Bahasa dan Sastra Arab, Matematika, Bimbingan dan Konseling, Pendidikan Agama Islam, 

Perbankan Syariah, Psikologi, Biologi, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Sastra Indonesia, Ekonomi Pembangunan, Pendidikan Bahasa Inggris, Sastra Inggris, Farmasi, Pendidikan Biologi, Sistem Informasi, Fisika, Pendidikan Fisika, Teknik Elektro, Ilmu Hadis, 

PG Pendidikan Anak Usia Dini, Teknik Industri, Ilmu Hukum, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Teknik Informatika, Ilmu Komunikasi, Pendidikan Matematika, Teknik Kimia, Kedokteran, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Teknik Pangan, dan Ilmu Kesehatan Masyarakat. 

4. Universitas Kristen Duta Wacana

Perguruan tinggi swasta di Yogyakarta ini berkembang menjadi universitas dari sebuah sekolah tinggi, yaitu Sekolah Tinggi Theologia Duta Wacana. Sebagai sebuah universitas swasta di Jogja, UKDW secara resmi berdiri pada 31 Oktober 1985.

Saat ini ada tujuh fakultas di UKDW. Dan seluruh jurusan Sarjana pada fakultas-fakultas tersebut yaitu Teologi, Arsitektur, Desain Produk, Biologi, Manajemen, Akuntansi, Informatika, Sistem Informasi, Kedokteran, dan Pendidikan Bahasa Inggris.

Universitas swasta di jogja yang murah dan berkualitas 

Berikut ini merupakan rekomendasi universitas swasta di Jogja yang murah namun tetap berkualitas:

  • Universitas Islam Indonesia

Universitas Islam Indonesia menjadi salah satu universitas swasta murah di Jogja yang pertama kami rekomendasikan. Universitas ini sudah dikenal memiliki kualitas yang bagus. Universitas Islam Indonesia sudah berdiri sejak 8 Juli 1945.

Salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia ini terletak di wilayah Sleman dan memiliki program sarjana serta diploma. Universitas swasta tersebut dikenal menghasilkan lulusan yang kompeten di bidangnya.

Selain itu, UII juga banyak melakukan kerja sama dengan perusahaan sehingga dengan hal itu, lulusannya memiliki kesempatan mendapat pekerjaan yang lebih besar.

  • Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Universitas swasta di Jogja yang murah berikutnya ialah Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Tidak hanya terletak di Yogyakarta, universitas ini juga terdapat di 2 kota lain yaitu Makassar dan Jakarta.

Universitas Atma Jaya Yogyakarta berdiri sejak 27 September 1963. Ada beragam program studi yang bisa kamu pilih sesuai dengan passion kamu. Kualitasnya pun juga sudah terjamin karena udah banyak yang terakreditasi dengan nilai A.

  • Universitas Sanata Dharma Yogyakarta

Universitas swasta di Jogja yang murah berikutnya ialah Universitas  Sanata Dharma Yogyakarta. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta ini memiliki 5 kampus yang tersebar di wilayah Yogyakarta. USD juga mempunyai 7 fakultas dan 1 program studi untuk pascasarjana.

Kampus pusat dari Universitas Sanata Dharma Yogyakarta berlokasi di Jalan Affandi, Santren, Sleman, Yogyakarta. Universitas ini memiliki tujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki keunggulan di bidang akademik dan nilai humanistic berdasarkan nilai Kristiani.

  • Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menjadi salah satu universitas yang kami rekomendasikan berikutnya. Universitas yang akrab dipanggil dengan sebutan UMY ini terletak di Jalan Brawijaya, Gemblegan, Bantul, Yogyakarta.

Kampus swasta terbaik ini sudah berdiri sejak 1 Maret 1981 dan hingga kini mempunyai 8 fakultas dengan berbagai macam program studi. 

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menghasilkan lulusan yang berwawasan berdasarkan ilmu teknologi namun tetap berlandaskan syariat Islam.

  • Universitas Kristen Duta Wacana

Universitas swasta di Jogja yang murah selanjutnya adalah Universitas Kristen Duta Wacana. Universitas Kristen Duta Wacana didirikan pada 31 Oktober 1985 yang mana mempunyai lulusan yang ahli dibidangnya.

Prestasi yang dimiliki universitas swasta terbaik ini juga cukup banyak baik itu di tingkat nasional maupun internasional. Kualitas program studinya juga termasuk unggul sehingga universitas ini menjadi pilihan sebagian orang untuk melanjutkan pendidikan.

  • Universitas Amikom Yogyakarta

Universitas Amikom Yogyakarta merupakan rekomendasi selanjutnya untuk universitas swasta di Jogja yang murah. Kampus ini memiliki sistem pembelajaran yang berdasarkan ilmu teknologi dan informasi.

Universitas yang berdiri sejak tahun 29 Desember 1992 ini dikenal mempunyai lulusan yang unggul dalam bidang teknologi. Oleh karena itu, alumni Amikom Yogyakarta begitu dicari oleh perusahaan swasta maupun BUMN.

  • Universitas Janabadra

Universitas swasta di Jogja yang murah selanjutnya yakni Universitas Janabadra. Universitas Janabadra terletak di Jalan Tentara Rakyat Mataram No. 58, Jetis, Yogyakarta yang mana tidak terlalu jauh dari pusat kota Yogyakarta.

Universitas Janabadra telah berdiri sejak Oktober 1958 dan berada di bawah naungan Yayasan Perguruan Tinggi Janabadra. Universitas Janabadra cukup lama berdedikasi untuk dunia pendidikan.

Mengingat usia yang tidak lagi muda, universitas ini memiliki prestasi yang cukup banyak. Selain itu, alumninya juga mempunyai skill yang bisa bersaing di dunia kerja. 

Untuk itu, apabila kamu sedang mencari universitas di Jogja yang murah, Universitas Janabadra bisa kamu pertimbangkan.

  • Universitas Ahmad Dahlan

Universitas Ahmad Dahlan diresmikan pada 18 November 1960 yang mana merupakan salah satu universitas favorit di Yogyakarta. Pada awalnya, universitas ini bernama IKIP Muhammadiyah Yogyakarta dan kemudian berganti nama.

Universitas Ahmad Dahlan mempunyai banyak prestasi dan juga lulusannya yang kompeten dibidangnya. Terdapat begitu banyak calon mahasiswa yang ingin berkuliah di universitas tersebut karena program studinya banyak yang memiliki akreditasi A.

  • Universitas Alma Ata Yogyakarta

Universitas Alma Ata Yogyakarta dikenal dengan sebutan UAA merupakan universitas terbaik yang terletak di Jalan Brawijaya No. 99, Bantul, Yogyakarta. Awalnya Universitas Alma Ata  bernama Perguruan Tinggi Alma Ata sebelum berganti pada tahun 2015.

Universitas Alma Ata Yogyakarta mempunyai fasilitas yang dapat menunjang pembelajaran sehingga mahasiswanya mempunyai kemampuan untuk mengaplikasikan ilmunya di kalangan masyarakat.

  • Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa terletak di Jalan. Kusumanegara No. 157, Muja Muju, Kota Yogyakarta. Kampus ini sudah cukup tua yaitu didirikan pada tahun 1955. 

Program studinya memiliki kualitas yang baik maka tidak heran jika universitas ini menjadi incaran calon mahasiswa baru.

Demikianlah teman-teman pembahasan kita hari ini tentang universitas swasta di jogja, semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ke teman-teman yang lain ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *