Jurusan Olahraga Universitas Negeri Makassar

Jurusan Olahraga Universitas Negeri Makassar

Jurusan Olahraga Universitas Negeri Makassar – Secara umum, jurusan Pendidikan Olahraga ada dua, yaitu Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (PJKR) serta Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO).

PJKR ditujukan untuk memenuhi kebutuhan akan tenaga kependidikan bidang olahraga khususnya di sekolah. Sementara PKO ditujukan untuk memenuhi kebutuhan akan tenaga pelatih baik di sekolah maupun di luar sekolah, pengelola kegiatan olahraga, serta konsultan.

Pendidikan Olahraga merupakan bidang ilmu yang fokus mempelajari olahraga dari sudut pandang seorang pengajar. Kamu akan mempelajari berbagai aturan dalam olahraga, kesehatan mental dan fisik, peningkatan fungsi fisik, olahraga dan nutrisi, metode pelatihan untuk kompetisi, taktik dan strategi, dan metode pengajaran.

Kamu pun akan mempelajari hampir seluruh cabang olahraga mulai dari sepak bola, basket, voli, renang, atletik, sampai woodball. Selain itu tentunya pembelajaran mu tidak hanya sebatas teori di dalam kelas.

Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar adalah lembaga pendidikan penghasil tenaga ahli yang profesional dalam bidang kependidikan dan nonkependidikan di bidang olahraga.

Fakultas ini memiliki sumber daya manusia berkualitas tinggi dan juga dilengkapi sarana olahraga berstandar nasional. Jumlah alumninya telah mencapai lima ribu orang yang tersebar di seluruh Indonesia, khususnya di kawasan Makassar dan kawasan Indonesia Timur lainnya

Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar merupakan salah satu fakultas yang ada di Universitas Negeri Makassar. Pada tahun 1961, merupakan awal berdirinya Jurusan Pendidikan Jasmani dalam lingkup FKIP Universitas Hasanuddin.

Setelah FKIP Lepas menjadi IKIP yang berdiri sendiri, jurusan Pendidikan Jasmani berubah menjadi Sekolah Tinggi Olahraga (STO) dengan ketua Drs.Anwar Djamidin dari Fakultas  Kedokteran Unhas.

Pada tahun 1977 pemerintah mengintegrasikan STO kedalam IKIP dan bernama FKIK menjadi FPOK (Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan) setelah IKIP dikonversi menjadi Universitas Negeri Makassar (UNM), FPOK berubah  menjadi FIK (Fakultas Ilmu Keolahragaan).

Seiring dengan konversi IKIP menjadi Universitas Negeri Makassar (UNM) sejak tahun 1999 berdasarkan keputusan Presiden No.93 tahun 1999 tanggal 4 agustus 1999, FPOK juga mengalami perubahan menjadi Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Negeri Makassar (UNM).

Salah satu amanah dalam konversi IKIP menjadi UNM adalah perluasan mandat sehingga FIK UNM, disamping membina kependidikan juga membina non kependidikan.

Pada tahun 2009, Fakultas Ilmu Keolahragaan UNM membawahi 3 (tiga) Jurusan dan 1 Program studi, yaitu :

Jurusan Olahraga Universitas Negeri Makassar Program Strata Satu (S1):

  1. Jurusan Pendidikan Olahraga,
  2. Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (PENJASKESREK),
  3. Pendidikan Kepelatihan Olahraga,
  4. Ilmu Keolahragaan.
  5. Administrasi Kesehatan
  6. Gizi, dan
  7. Fisioterapi

Jurusan Olahraga Universitas Negeri Makassar Program Magister:

  1. Pendidikan Jasmani dan Olahraga
  2. Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Program Kuliah Sarjana (S1) Ilmu Keolahragaan (A)

  1. Dasar-Dasar Ilmu Keolahragaan
  2. Pencegahan dan Perawatan Cedera
  3. Keterampilan Berpikir Secara Ilmiah
  4. Penanaman Karakter Insan Olahraga
  5. Keterampilan Keolahragaan

Berikut beberapa alasan kenapa kamu memilih jurusan ini.

  • Mayoritas lulusan Pendidikan Olahraga memilih untuk menjadi Guru. Akan tetapi sebenarnya ada banyak sekali pilihan karier yang bisa digeluti, mulai dari menjadi atlet profesional, pelatih, maupun terapis fisik.
  • Kalau kamu yang senang pada dunia bisnis bisa menjadi pengusaha dengan membuka usaha reflexology, fitness center, ataupun sanggar senam.
  • Kesempatan untuk melanjutkan studi dengan beasiswa juga terbuka lebar bagi lulusan Pendidikan Olahraga.
  • Kamu juga bisa terlibat dalam pengembangan kurikulum pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di tingkat sekolah.
  • Kamu yang memang fokus untuk menekuni cabang olahraga tertentu bisa terlibat dalam.

Demikianlah pembahasan terkait Jurusan Olahraga Universitas Negeri Makassar. Semoga artikel ini bisa membangkitkan semangat kuliah kamu di kampus ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *