5 Jurusan Pendidikan Fisika Terbaik di Indonesia

Jurusan Pendidikan Fisika Terbaik di Indonesia

Jurusan Pendidikan Fisika Terbaik di Indonesia – Jurusan Pendidikan Fisika adalah jurusan yang mempelajari tentang gejala alam yang tidak hidup atau materi dalam lingkup ruang dan waktu. Tujuan utama ilmu fisika yaitu kita akan belajar memahami bagaimana alam semesta bekerja.

Mata kuliah Jurusan Fisika yaitu Fisika Modern, Listrik Magnet, Mekanika, Pengolahan Sinyal, Fisika Kuantum, Termodinamika, Seismologi, Biofisika, Fisika logam, Elektrodinamika Kuantum, Fisika Lingkungan, dan masih banyak lagi.

Berikut Jurusan Pendidikan Fisika Terbaik di Indonesia

  • Institut Teknologi Bandung

Institut Teknologi Bandung memang tidak diragukan lagi kualitas jurusan-jurusannya, salah satunya jurusan Fisika. Jurusan Fisika di ITB ini memiliki 5 peminatan, yaitu Fisika Material Elektronik, Fisika Magnetik dan Fotonik, Fisika Sistem Kompleks, Fisika Nuklir dan Biofisika, dan Fisika Teoritik dan Instrumentasi. 

Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika ini juga banyak menorehkan prestasi di kampusnya, salah satunya tahun 2018 mahasiswa jurusan Fisika ITB berhasil mendapatkan gelar juara di ajang Tokyo-Tech Indonesia Commitment Award.

  • Universitas Indonesia

Hampir semua jurusan yang ada di kampus ini, masuk ke dalam kategori jurusan terbaik. Apalagi jurusan yang ada di Fakultas Matematika dan IPA UI banyak sekali yang menjadi jurusan terbaik di Indonesia, salah satunya jurusan Fisika. 

Jika kamu masuk di jurusan Fisika UI, maka kamu bisa pilih mata kuliah peminatan yang ingin kalian tekuni, Jurusan Fisika UI memiliki 6 peminatan, di antaranya ada Fisika Instrumentasi, Fisika Medis dan Biofisika, Fisika Nuklir dan Partikel, Geofisika, Fisika Material, dan Fisika Materi Terkondensasi.

Universitas Indonesia juga tidak kalah unggul dalam hal prestasi. Dua mahasiswa jurusan Fisika UI pernah mendapatkan masing-masing medali perak dan perunggu dalam ajang Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ON MIPA-PT) pada tahun 2018 di Malang.

  • Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada memang tidak pernah kehabisan jurusan-jurusan terbaik. Hampir di setiap fakultas, ada jurusan di UGM yang berkategori terbaik di Indonesia. Seperti halnya Jurusan Pendidikan Fisika yang menjadi salah satu buktinya. Peminatan di jurusan Fisika UGM juga tidak jauh berbeda dengan dua kampus sebelumnya.

UGM memiliki 6 mata kuliah peminatan yang, yaitu Fisika Nuklir dan Partikel Teoritis, Fisika Material, Fisika Materi Terkondensasi, Sistem dan Instrumentasi Fisika, Geofisika, dan Fisika Medis. Tidak hanya UI, mahasiswa jurusan Fisika UGM juga mendapatkan medali perunggu di ON MIPA-PT pada tahun 2018 di kategori bidang fisika.

  • Institut Pertanian Bogor

Kampus yang terletak di Bogor ini juga tidak ingin ketinggalan. Terbukti ada banyak pula, jurusan di IPB ini yang masuk kategori terbaik di Indonesia. Misalnya, jurusan yang ada di Fakultas MIPA, yaitu jurusan Fisika. 

Jurusan Fisika sendiri dibuka sejak tahun 1997. Jurusan Fisika di IPB ini lebih mengedepankan pada ilmu cabang ilmu fisika, yaitu biofisika.

  • Institut Teknologi Sepuluh November

Di Institut Teknologi Sepuluh November, jurusan Fisika diresmikan sejak tahun 1965. Jurusan Pendidikan Fisika ITS memiliki enam peminatan, yaitu Material dan Bahan, Elektronika dan Instrumentasi, Fisika Teori, Optoelektronika, Fisika Medis dan Biofisika, dan Fisika Bumi. 

Demikianlah beberapa rekomendasi Jurusan Pendidikan Fisika Terbaik di Indonesia. Semoga kamu bisa diterima di salah satu kampus terbaik yang menyediakan Jurusan Pendidikan Fisika tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *