Jurusan Olahraga UNY – S1

Jurusan Olahraga UNY

Jurusan Olahraga UNY – Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) UNY cukup dikenal dan banyak diminati. Beragam sarana dan prasarana disiapkan untuk mendukung pembelajaran ilmu keolahragaan bagi seluruh mahasiswanya. 

Pada tahun 2014, FIK pernah kedatangan mahasiswa spesial yaitu para pesepak bola timnas U-19. Melalui program kerjasama, timnas U-19 menempuh pendidikan di FIK UNY.

Lulusan Fakultas Ilmu Keolahragaan memiliki peluang kerja pada Instansi pemerintah, swasta, sebagai guru pendidikan jasmani, kesehatan, pelatih olahraga, pembina olahraga rekreasi, instruktur kebugaran, terapi dan rehabilitasi, manajer olahraga, dan perwira karier serta kewirausahaan.

Syarat Masuk Jurusan Olahraga UNY

Sistem rekrutmen mahasiswa baru di Fakultas Ilmu keolahragaan UNY melalui 3 cara, yaitu PBU (Penelusuran Bibit Unggul), Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Mandiri (SM), Kelanjutan Studi Mandiri (KSM). 

Penelusuran Bibit Unggul adalah program penerimaan mahasiswa baru melalui prestasi di bidang olahraga. Untuk tahun 2011 PBU diubah menjadi jalur undangan.

Seleksi melalui SNMPTN merupakan seleksi nasional yang ditetapkan secara nasional. Artinya calon mahasiswa harus mengikuti alur pendaftaran yang sudah ditetapkan. 

Seleksi mandiri merupakan program seleksi bagi calon mahasiswa yang tidak melalui seleksi nasional, tetapi dilakukan sendiri oleh UNY, hal ini dilakukan untuk menampung animo mahasiswa yang cukup banyak dan berminat masuk untuk belajar di UNY khususnya Fakultas Ilmu Keolahragaan. 

Program Kelanjutan Studi (PKS) Mandiri merupakan penerimaan mahasiswa baru melalui program kelanjutan studi, artinya bahwa mahasiswa yang dahulu pernah menempuh jenjang D2 maupun D3 bisa melanjutkan lagi sampai jenjang S1. 

Program ini diberikan untuk para guru yang sudah PNS maupun belum, tetapi ingin melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Pada program ini mahasiswa hanya menempuh mata kuliah yang belum pernah ditempuh sehingga proses perkuliahan hanya paruh waktu. Oleh karena itu masa studi mereka relatif lebih pendek.

Persyaratan Menjadi Mahasiswa di UNY.

  • Untuk menjadi mahasiswa UNY, seseorang harus memenuhi persyaratan sebagai berikut.
    • Lulus dan memiliki ijazah sekolah menengah atas atau yang sederajat bagi mahasiswa program diploma dan program sarjana.
    • Lulus dan memiliki ijazah minimal sarjana atau yang sederajat bagi mahasiswa program profesi
    • Lulus dan memiliki ijazah program sarjana dari program studi terakreditasi bagi mahasiswa program magister.
    • Lulus dan memiliki ijazah program magister dari program studi terakreditasi bagi mahasiswa program doktor
    • Sanggup menaati peraturan yang ada di UNY.
    • Memenuhi persyaratan lain yang ditentukan.
  • Warga negara asing dapat menjadi mahasiswa setelah memenuhi persyaratan dan melalui prosedur tertentu yang ditetapkan dengan Keputusan Rektor.

Jurusan Kepelatihan Olahraga UNY 

Sejarah pendirian Program Studi Sarjana Pendidikan Kepelatihan olahraga dimulai pada tahun 1983 sebagai konsentrasi pilihan pada Jurusan Pendidikan Olahraga Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. 

Selanjutnya pada tahun 1996 Pendidikan Kepelatihan Olahraga menjadi program studi. Perpanjangan ijin operasional  Prodi  Sarjana  Pendidikan Kepelatihan Olahraga diberikan oleh  Rektor  Universitas Negeri Yogyakarta. 

Sejak 2006 prodi Sarjana PKO telah mendapatkan tiga kali  Akreditasi A dan satu kali Akreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BANPT)

Program Kuliah Program Sarjana (S1) Pendidikan Kepelatihan (A)

  • Komunikasi Kepelatihan
  • Fisiologi Olahraga
  • Pembelajaran Motorik
  • Psikologi Olahraga
  • Psikologi Kepelatihan

Itulah pembahasan Jurusan Olahraga UNY. Jika kamu berminat kuliah di UNY, ada baiknya kamu pahami syarat apa saja yang diterapkan di kampus tersebut. Semoga bisa bermanfaat dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *