17 Jurusan Fisika Murni Terbaik di Indonesia Akreditasi A

Jurusan Fisika Murni Terbaik di Indonesia

Jurusan Fisika Murni Terbaik di Indonesia – Jurusan Fisika adalah suatu teori yang menjelaskan mengenai gejala alam sesederhana mungkin, lalu berusaha mencari hubungan yang berkaitan dengan alam. Sederhananya jurusan mempelajari gejala alam yang mati (abiotik). 

Fisika Murni lebih terfokus kepada teori. Fisika Murni diharapkan menjadi ilmuan yang mengembangkan dunia fisika. Lulusan Fisika Murni memiliki gelar S.Si (Sarjana Sains).  

Jurusan Fisika sebagai salah satu ilmu dasar di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Jurusan Fisika juga merupakan salah satu disiplin akademik tertua melebihi ilmu astronomi yang juga termasuk di dalamnya. 

Dengan ilmu fisika kita akan mempelajari alam melalui teori dan rumus matematika sebagai ilmu dasarnya. Ilmu Fisika juga mengajak kita mempelajari gejala alam yang tidak hidup atau materi dalam lingkup ruang dan waktu. 

Fisika sebagai salah satu ilmu dasar yang menjadi landasan dari berbagai ilmu lain. Hampir semua jurusan teknik berakar dari ilmu fisika, sehingga tidak heran jika seorang ahil fisika bahkan bisa membuat robot. 

Ilmu Fisika memberikan pengetahuan mendetail tentang bumi, serta turut berperan dalam perkembangan teknologi dan berbagai peran penting sejak berabad-abad lalu, sebut saja penemuan Newton mengenai gravitasi hingga Teori Relativitas Einstein. 

Hingga saat ini ilmu fisika sangat mendukung perkembangan teknologi, industri, komunikasi, kerekayasaan, kimia, dan kedokteran.

Berikut beberapa Jurusan Fisika Murni terbaik di Indonesia. 

  1. ITB – Bandung 
  2. UI – Depok 
  3. UGM – Yogyakarta 
  4. IPB – Bogor 
  5. ITS – Surabaya
  6. UB – Malang 
  7. UNPAD – Bandung 
  8. UNAIR – Surabaya
  9. UNNES – Semarang 
  10. UNDIP – Semarang 
  11. UNEJ – Jember 
  12. UNJ – Jakarta
  13. Universitas Sanata Dharma (USD) – Jogja 
  14. Universitas Ahmad Dahlan (UAD) – Jogja
  15. UNPAR – Bandung
  16. UNINDRA – Jakarta
  17. Telkom University – Bandung 

Jurusan Fisika Murni yang ada di 17 kampus tersebut sudah memiliki akreditasi A, tapi jurusan satu ini tergolong sepi peminat karena mata kuliah yang cukup sulit untuk dipelajari pelajar pada umumnya. 

Hanya beberapa siswa yang memang memiliki passion di fisika yang masuk ke jurusan ini. Padahal prospek kerja lulusan Fisika Murni sangat besar. Umumnya mereka lebih diarahkan untuk menjadi peneliti atau dosen dalam kampusnya. 

Sehingga kebanyakan dari lulusan Fisika Murni melanjutkan pendidikan fisika di luar atau dalam negeri, kemudian menjadi peneliti di berbagai instansi.

Demikianlah pembahasan terkait Jurusan Fisika Murni Terbaik di Indonesia. Jika kamu berminat bergabung di salah satu kampus yang menyediakan jurusan tersebut, silahkan persiapkan dirimu dari sekarang. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *