Tipe Data Bahasa C, Ini Rincian Lengkapnya!

Tipe Data Bahasa C

Tipe Data Bahasa C – Tipe data adalah cara kita memberitahu komputer untuk mengelompokkan data berdasarkan apa yang dipahami oleh komputer. Sebagai contoh, misalkan saya memiliki data berupa angka. 

Agar dapat dipahami oleh compiler bahasa C, data ini harus disimpan ke dalam variabel yang sudah di set agar bisa menyimpan angka. 

Di dalam bahasa C, terdapat tipe data integer dan float yang bisa diisi dengan angka. Sedangkan jika data tersebut berupa huruf, bisa disimpan ke dalam tipe data char.

Apa itu Tipe Data?

Tipe data adalah konsep penting dalam pemrograman yang memungkinkan kita untuk memberikan sifat dan struktur pada suatu nilai atau variabel. Dalam bahasa C, terdapat beberapa tipe data dasar yang sudah ditentukan, serta kemampuan untuk membuat tipe data yang lebih kompleks dengan menggunakan struktur dan union.

Macam – Macam Tipe Data Bahasa C 

Macam Macam Tipe Data Bahasa pemrograman C yang bisa dibagi ke dalam 4 kelompok besar: tipe data dasar, tipe data turunan, tipe data bentukan, dan tipe data void.

  1. Tipe Data Dasar

Sesuai dengan namanya, tipe data dasar adalah tipe data paling dasar yang tersedia di dalam bahasa pemrograman C. Terdapat 3 jenis tipe data dasar:

  • Char: tipe data yang berisi 1 huruf atau 1 karakter.
  • Integer: tipe data untuk menampung angka bulat.
  • Float: tipe data untuk menampung angka pecahan.

Tipe data dasar dasar disebut juga sebagai Primary Data Type, Fundamental Data Types atau Basic Data Type.

  1. Tipe Data Turunan

Tipe data turunan berasal dari tipe data dasar yang dikelompokkan atau di modifikasi. Terdapat 3 tipe data turunan di dalam bahasa pemrograman C:

  • Array: Tipe data yang terdiri dari kumpulan tipe data dasar. Tipe data tersebut harus 1 jenis.
  • Structure: Tipe data yang terdiri dari kumpulan tipe data dasar. Tipe data tersebut bisa lebih dari 1 jenis.
  • Pointer: Tipe data untuk mengakses alamat memory secara langsung.

Tipe data turunan disebut juga sebagai Derived Data Type.

  1. Tipe Data Bentukan (enum)

Sesuai dengan namanya, tipe data bentukan adalah tipe data yang dibuat sendiri oleh kita (programmer). Isinya berupa data-data yang sudah ditentukan. Tipe data bentukan ini dikenal juga sebagai Enumerated Data Type atau disingkat sebagai enum.

  1. Tipe Data Void

Tipe data void adalah tipe data khusus yang menyatakan tidak ada data. Penggunaannya khusus untuk beberapa situasi seperti function yang tidak mengembalikan nilai (return void), atau mengisi argumen function dengan nilai kosong.

Tanpa pengelompokan, berikut ke-8 tipe data dalam bahasa pemrograman C:

  1. Char
  2. Integer
  3. Float
  4. Array
  5. Structure
  6. Pointer
  7. Enum
  8. Void

Bagi kalian yang sudah pernah belajar bahasa pemrograman lain, mungkin akan bertanya kenapa tipe data boolean dan string tidak termasuk di dalam daftar ini?

Bahasa C memang tidak memiliki tipe boolean bawaan, tapi bisa diakali dengan membuatnya menggunakan tipe data bentukan (enum), atau menggunakan library khusus: stdbool.h.

Sedangkan untuk string, di dalam bahasa C termasuk ke dalam array. String di defenisikan sebagai array dari tipe data char.

Tipe Data Bahasa C Untuk Angka Adalah

Tipe Data Bahasa C Untuk Angka Adalah tipe Char, tipe data ini digunakan untuk merepresentasikan sebuah karakter di dalam bahasa C. 

Char juga bisa kita isi dengan bilangan bulat antara -128 hingga 128. Variabel dengan nilai bertipe data char akan dialokasikan ukuran memorinya sebesar 1 byte.

Seperti yang saya bilang sebelumnya bahwa char digunakan untuk mempresentasikan karakter, nah karakter yang dimaksud disini ialah karakter ASCII (american standard code for information interchange). 

Nah itulah informasi mengenai Tipe Data Bahasa C yang bisa kami bagikan. Semoga informasi yang kami bagikan ini bermanfaat dan terima kasih telah membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *