Kuliah Jurusan DKV Kerja Apa

Kuliah Jurusan DKV Kerja Apa

Kuliah jurusan dkv kerja apa – Desain Komunikasi Visual (DKV) adalah cabang ilmu desain yang mempelajari konsep komunikasi dan ungkapan kreatif, teknik.

Dan media dengan memanfaatkan elemen-elemen visual ataupun rupa untuk menyampaikan pesan untuk tujuan tertentu (tujuan informasi ataupun tujuan persuasi yaitu mempengaruhi perilaku). 

Yang menarik dari sini adalah seorang sarjana DKV harus bisa mengolah pesan tersebut secara efektif, informatif dan komunikatif.

Banyak hal-hal mendasar yang dipelajari di program studi DKV. Mengembangkan bentuk bahasa visual (bermain gambar), mengolah pesan (bermain kata) keduanya untuk tujuan sosial maupun komersial, dari individu atau kelompok yang ditujukan kepada kelompok lainnya. 

Visual berwujud kreatif dan inovatif, sementara inti pesan harus komunikatif, efisien dan efektif saling mendukung agar tersampaikan dengan baik pada sasaran.

Secara umum, kamu juga akan banyak melakukan berbagai praktek untuk bisa menciptakan karya desain di berbagai media seperti poster, logo, ilustrasi, desain web, foto, video, animasi, dan lain-lainnya.

Kuliah Jurusan DKV Kerja Apa

Berikut ini yang penasaran dengan prospek kerja lulusan DKV, silahkan disimak:

Web Designer

Prospek kerja DKV yang pertama adalah Web Designer. Pekerjaan Web Designer ini bisa dibilang sangat populer dan selalu dicari oleh banyak perusahaan. 

Kamu bisa bekerja menjadi seorang Web Designer freelancer atau karyawan kantoran yang membuat bidang ini sangat populer.

Dengan adanya bantuan dari seorang Web Designer, para klien perusahaan akan memiliki sebuah website sendiri dengan tampilan yang keren dan menarik. 

Biasanya kisaran gaji yang akan kamu peroleh setiap bulannya berkisar Rp 5.000.000/per bulan tergantung dari pengalamanmu.

Visual Designer

Prospek kerja DKV yang kedua adalah menjadi seorang Visual Designer. Dimana buat kamu yang memiliki keahlian dalam visual designer bisa memanfaatkan berbagai peluang ini. Pekerjaan Visual Designer memiliki tugas kerja yang mirip dengan Web Designer. 

Bedanya adalah lingkup kerja Visual Designer ini lebih luas dari hanya mendesain sebuah website, karena kau akan bekerja untuk mendesain sebuah brand atau produk. Untuk penghasilan yang bisa kamu dapatkan menjadi Visual Designer adalah Rp 5.000.000/per bulan.

Graphic Designer

Prospek kerja DKV berikutnya adalah menjadi seorang Graphic Designer. Tugas kamu menjadi Graphic Designer adalah membuat desain grafis menggunakan aplikasi desain grafis yang ada. 

Pendapatan yang bisa didapat sebagai seorang pekerja graphic designer berkisar Rp 5,000,000 per bulan.

Illustrator

Prospek kerja DKV yang keempat adalah menjadi seorang ilustrator. Bekerja menjadi seorang ilustrator  juga memegang berbagai peranan yang tentunya sangat penting bagi para klien tentunya. 

Dengan bantuan dari seorang ilustrator, kamu akan mudah untuk melihat ilustrasi dari sebuah rancangan yang ingin dibuat. Kamu bisa menjadi ilustrator buku atau ilustrator di perusahaan media. 

Dengan menjalankan profesi ini, kamu bisa mendapatkan penghasilan mulai dari Rp 4,500,000 per bulan.

Art Director

Prospek kerja DKV yang selanjutnya adalah menjadi seorang Art Director, dimana kamu akan bekerja menjadi seorang pengarah di bidang kreatif. 

Kamu juga bisa berkarir di banyak sekali bidang khususnya di bidang kreatif dan industri perfilman, periklanan, hingga di bagian seni teater. Sebagai Art Director, kamu bisa mendapatkan kisaran pendapatan sekitar Rp4,000,000 – Rp 5,000,000 per bulan.

Creative Director

Prospek kerja DKV yang selanjutnya adalah menjadi seorang Creative Director di industri kreatif. 

Tugas dari Creative Director ini tentunya sama seperti pengarah yang tugasnya memberikan arahan kepada karyawannya agar bisa memenuhi target serta kriteria yang diberikan oleh konsumennya khususnya di bidang kreatif. 

Sebagai seorang creative director kamu bisa mendapatkan penghasilan mencapai Rp 6,000,000 per bulan.

Fotografer 

Prospek kerja DKV yang selanjutnya adalah menjadi fotografer. Nah, profesi ini cukup banyak banget yang menjalankannya sekaligus menjadi hobi lain nih. 

Tentunya menjadi seorang fotografer gak hanya jago di bidang foto aja, tapi kamu juga bisa mengedit foto maupun memperindah hasil jepretan dengan ilmu yang didapatkan selama kuliah. 

Dengan menjalankan profesi fotografer ini, kamu juga bisa memperoleh gaji sekitar Rp 4,000,000 per bulan.

Animator 

Untuk prospek kerja DKV yang terakhir adalah kamu bisa berkarir sebagai seorang animator. Profesi sebagai animator bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Banyaknya kartun yang menjamur juga semakin membuka kesempatan bagi para animator muda untuk berkarya. 

Apalagi kartun adalah tontonan yang diminati dan disaksikan oleh banyak orang. Menjadi seorang animator adalah salah satu pekerjaan dengan gaji yang tinggi. 

Semakin populer animasi yang dibuat otomatis akan semakin tinggi bayarannya apalagi kalau perhitungannya dilakukan per-detik

Demikianlah teman-teman pembahasan kita hari ini tentang kuliah jurusan dkv kerja apa, semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ke teman-teman yang lain ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *