Teknik Otomotif Kerja Apa?

Teknik Otomotif Kerja Apa

Teknik Otomotif Kerja Apa – Sesuai dengan namanya, Jurusan Teknik Otomotif akan mempelajari terkait segala cara maupun proses dalam pengoperasian dan pembuatan kendaraan yang beroperasi di darat seperti mobil, truk, motor, kereta, serta bus.

Namun, bukan cuma itu saja, karena nantinya mahasiswa Jurusan Teknik Otomotif pun juga harus siap mengambil spesialisasi sendiri dalam bidang khusus, seperti mempelajari mesin pembakaran, sistem pembuangan, body, rangka internal, dan sebagainya.

Ada beberapa hal seru yang akan dipelajari dalam Jurusan Teknik Otomotif ini yang tentunya tidak bisa kamu temukan di jurusan lainnya. Sebagai gambaran awal jika kamu kuliah di jurusan ini, nantinya kamu akan belajar memproduksi dan merancang model visual kendaraan.

Dalam membuat model, media yang digunakan untuk membuat model ini termasuk model kayu, pensil dan kertas, model tanah liat, sampai dengan model yang dibuat dengan software berbasis komputer.

Kemudian, tidak lupa juga untuk belajar bagaimana mengoptimalkan, memilih, serta mendesain dan menentukan pemakaian bahan sesuai komponen otomotif masing-masing.

Selain itu, kamu akan belajar menerapkan berbagai prinsip seperti termodinamika, mekanik, serta prinsip mekatronik untuk mengakhiri masalah yang ada serta bertemu solusi yang paling baik.

Terakhir, menginvestigasi, merancang, serta melakukan suatu tes pemeliharaan sistem otomotif yang diakhiri dengan mengatur dan melaksanakan kontrol kualitas kendaraan mulai dari manufaktur, desain, sampai perakitan.

Pendidikan Teknik Otomotif Kerja Apa?

Jika kamu memilih melanjutkan pendidikan di jurusan Teknik Otomotif, maka berikut ini beberapa pekerjaan yang akan menantimu.

  • Industri Otomotif

Yang pertama, Menjadi seorang lulusan teknik otomotif tentu dapat memberimu jalan untuk bisa bekerja di industri otomotif. Banyak hal yang bisa kamu pelajari selama di bangku kuliah yang mana akan sangat berguna selama masa kerja.

Kamu tidak hanya melamar di dealer saja, namun kamu bisa bekerja di perusahaan perakitannya dan menjadi seorang perancang bodi, transmisi, sasis, hingga perancang bagian mesin/engine.

  • Menjadi Guru SMK

Kamu juga bisa berkarir sebagai pengajar atau guru SMK jurusan otomotif. Lantaran jurusan ini sangat erat kaitannya dengan jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) di SMK, maka kamu bisa memanfaatkan ilmu yang Kamu dapat untuk menjadi pengajar.

  • Menjadi Periset

Peluang atau prospek kerja teknik otomotif berikutnya yaitu menjadi periset. Tidak hanya menjadi pengajar, kamu juga bisa menjadi periset atau peneliti untuk beberapa mesin otomotif dan kelistrikannya.

  • Bekerja di Perusahaan Multinasional

Selain bekerja di industri otomotif, kamu sebagai lulusan dari teknik otomotif juga bisa bekerja di industri multinasional. Jika kamu bekerja di perusahaan ini, kamu tentu akan mendapat gaji yang menarik.

  • Teknisi

Kamu bisa memilih karir untuk menjadi seorang teknisi. Jika kamu adalah lulusan dari jurusan teknik otomotif, kamu tentu akan menjadi teknisi di bidang yang sama. Tugas seorang teknisi yaitu menangani hal-hal teknis yang berkaitan dengan mesin. Tidak hanya bekerja di bengkel atau service center, kamu juga memiliki kesempatan untuk bergabung di perusahaan otomotif ternama.

  • Berwirausaha

Siapa bilang lulusan teknik otomotif tidak bisa berwirausaha? Lantaran sangat paham benar dengan bidang otomotif serta mendapat gelar akademis, maka tidak ada salahnya kamu membuka usaha yang berkaitan dengan industri ini, misalnya dengan membuka bengkel. Jika memiliki modal banyak, Kamu juga bisa membuka dealer.

Tidak ada nominal yang pasti ketika kamu memutuskan untuk menjadi wirausaha. Penghasilan yang kamu dapatkan tergantung dari omset usaha kamu.

  • Bekerja di Perusahaan Bergengsi

Tidak hanya bekerja di Indonesia saja, lulusan teknik otomotif juga bisa bekerja di perusahaan bergengsi dunia. Sebut saja Astra dan Mercedes Benz yang sering mengadakan special recruitment.

  • Operator Alat Berat

Peluang atau prospek kerja teknik otomotif berikutnya yaitu menjadi operator alat berat. Tidak hanya teknisi, kamu juga bisa menjalani profesi operator alat berat di daerah tambang.

Siapa bilang ini pekerjaan kasar. Justru hanya orang-orang hebat saja yang mampu dan bisa ditunjuk sebagai operator alat berat.

  • Modifikator

Seperti halnya membuka bengkel sendiri dan berwirausaha, kamu juga bisa menjadi seorang modifikator. Kemampuanmu dalam bidang otomotif sangat diperlukan dan diuji karena kamu nantinya harus melakukan kustomisasi dengan settingan standar banyak kendaran bermotor.

Demikianlah pembahasan terkait Teknik Otomotif kerja apa. Jika kamu berminat melanjutkan pendidikan dan mendapatkan pekerjaan yang berhubungan dengan teknik otomotif, silahkan cari tahu informasi lebih lengkap terkait kampus apa saja yang menyediakan jurusan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *