Teknik Elektronika Kerja Apa, Cek Sekarang…

Teknik Elektronika Kerja Apa

Teknik Elektronika Kerja Apa Cek Sekarang – Teknik Elektronika adalah salah satu bidang ilmu yang mempelajari mengenai listrik dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari.

Teknik Elektronika ini akan memberikan ilmu dan pengetahuan seputar konsep, perancangan, pengembangan, serta produksi perangkat listrik dan elektronik.

Selain itu juga, Teknik Elektronika ini juga akan mengajak kamu untuk membahas metode pembangkit dengan sumber energi baru, metode penyimpanan energi, dan metode kontrol penghematan energi.

Berikut beberapa kesimpulan hal-hal yang dibahas pada Teknik Elektronika.

  • Pengetahuan dan Keahlian
  • Kemampuan mendesain sistem
  • Kemampuan eksperimen
  • Kemampuan melakukan analisis
  • Kemampuan memecahkan masalah bidang rekayasa teknik
  • Pemamhaman matematika
  • Pemahaman fisika

Teknik Elektronika ini merupakan bidang ilmu yang sangat keren. Berikut alasan-alasan kenapa harus memilih bidang ilmu ini.

  1. Seseorang dengan kualifikasi pendidikan Teknik Elektro sangat dibutuhkan hampir di seluruh lini industri untuk menangani berbagai persoalan kelistrikan dan sistem peralatan elektronik.
  2. Lulusan Teknik Elektro banyak diperlukan berbagai perusahaan untuk membangun sistem distribusi tenaga listrik, kamu tak perlu khawatir akan prospek kerja jurusan ini.
  3. Pertumbuhan infrastruktur telekomunikasi yang semakin pesat memerlukan dukungan sumber daya manusia yang mumpuni. Meski saat ini beberapa Perguruan Tinggi mulai menawarkan jurusan Teknik Telekomunikasi, kebutuhan ahli Teknik Elektro di bidang ini masih tergolong tinggi.
  4. Perusahaan-perusahaan dengan suplai tenaga listrik besar seperti pada industri minyak dan gas sangat membutuhkan lulusan Teknik Elektro.
  5. Kamu yang gemar melakukan eksperimen juga bisa bekerja di laboratorium untuk melakukan serangkaian tes terhadap desain baru dari suatu penemuan di bidang rekayasa teknik.

Lulusan Teknik Elektronika Kerja Apa

Lulusan dari Teknik Elektronika ini dapat bekerja sebagai berikut.

  • Electrical design engineer

Lulusan teknik elektronika ini bisa bekerja di industri kedirgantaraan, arsitektur, energi, dan sebagainya. Profesi ini diketahui hampir sama dengan insinyur lainnya, namun lebih berfokus pada pengembangan sistem kelistrikan.

Rata-rata gaji yang didapatkan seorang electrical design engineer Rp98 juta per tahun bergantung bidang dan perusahaan tempatnya bekerja.

  • Robotic engineer

Lulusan teknik elektronika ini bisa bekerja sebagai penghasil robot berbentuk manusia yang menerapkan ilmu listrik dan sebagainya.

Rata-rata gaji yang didapatkan seorang robotic engineer Rp98 juta per tahun atau lebih.

  • Hardware engineer

Lulusan teknik elektronika ini bisa bekerja dalam membuat desain untuk perangkat keras komputer dan peralatan fisik lainnya.

Rata-rata gaji yang didapatkan seorang electrical design engineer Rp98 juta per tahun bergantung bidang dan perusahaan tempatnya bekerja.

  • Project engineer

Lulusan teknik elektronika ini bisa bekerja sebagai project engineer.

Rata-rata gaji yang didapatkan seorang electrical design engineer Rp98 juta per tahun.

  • Control engineer

Lulusan teknik elektronika ini bisa bekerja mengerjakan proyek yang berkaitan dengan sistem kontrol atau pengendalian untuk menghasilkan output sesuai dengan yang diinginkan.

Rata-rata gaji yang didapatkan seorang electrical design engineer Rp98 juta per tahun.

  • Biomedical engineer

Lulusan teknik elektronika ini bisa bekerja merambah ke dunia medis sebagai biomedical engineer. Rata-rata gaji yang didapatkan seorang electrical design engineer Rp98 juta per tahun.

  • Dosen atau pengajar

Jika kamu punya minat bekerja di dunia pendidikan, kesempatan untuk menjadi pengajar atau dosen teknik elektro juga terbuka luas. Hingga saat ini, dosen masih dianggap sebagai profesi yang punya prestise tinggi.

Untuk menjadi dosen baik itu kampus negeri maupun swasta, kualifikasi yang dibutuhkan minimal bergelar magister atau S-2.

Rata-rata gaji dan tunjangan yang didapatkan seorang dosen teknik elektro bervariasi tergantung tempat dan masa baktinya.

Begitu banyak dan luas sekali pekerjaan yang bisa dilalui jika kita memilih bidang ilmu yang berkaitan dengan Teknik Elektronika.

Setidaknya kita yang menempuh bidang ilmu ini paham bagaimana cara menangani permasalah mengenai listrik pribadi dan dapat mengembangkan kemampuan sesuai dengan pekerjaan yang bisa kita lakukan.

Demikianlah informasi menarik kali ini mengenai Teknik Elektronika Kerja Apa. Semoga bermanfaat dan menginspirasi.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *