Teknik Mesin ITS, Ini Akreditasinya!

Teknik Mesin ITS

Teknik Mesin ITS Pengetahuan Sains Dan Engineering – Teknik Mesin merupakan salah satu bidang yang dikembangkan dengan batas pengetahuan berkaitan dengan sains dan engineering.

Teknik Mesin ini diketahui mengeksplorkan berbagai macam penggunaan ilmu baik dimulai dari ilmu konversi energi, desain, manufaktur hingga metalurgi.

Ilmu yang diperoleh berkaitan dengan prinsip fisika yang kemudian diimplementasikan pada analisis, desain, manufaktur, dan pemeliharaan mesin.

Teknik Mesin ini, mahasiswa yang mengenyam pendidikan ini harus bisa memperdalam ilmunya untuk beberapa cabang seperti mekanika, kinematika, teknik material, dan termodinamika.

Kurikulum Teknik Mesin dirancang untuk memberikan dasar yang kuat dengan ilmu sains dan teknik. Ilmunya diharapkan dapat terimplementasikan dengan keteknikan dan disusun dengan standar internasional.

Upaya mewujudkan tujuan ini maka diadakan program pengembangan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang mengutamakan peran laboratorium sesuai dengan konsep lab-based education (LBE).

Teknik Mesin Industri ITS

Teknik Mesin Industri atau (DTMI) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) adalah salah satu program studi yang ada pada Teknik Mesin. Program yang diterapkan adalah pendidikan terapan yang diharapkan mampu menghadirkan lulusan yang bernilai tinggi.

Lulusannya diharapkan memiliki kemampuan di bidang otomasi manufaktur dan mesin konservasi energi yang profesional dan diakui oleh dunia industri, baik nasional maupun internasional.

Sementara itu, program pendidikan yang disediakan untuk mahasiswa dibagi menjadi program Diploma 4 (D-IV) dengan dua fokus program studi yaitu Program Studi Teknologi Rekayasa Manufaktur dan Program Studi Teknologi Rekayasa Konversi Energi .

Mahasiswa ini sendiri akan dibekali dasar pengetahuan, sikap dan keterampilan profesional dalam bidang teknik mesin industri.

Salah satu inovasi yang dihasilkan oleh mahasiswa TMI adalah mobil Urban Concept yang menjadi juara di Shell Eco Marathon Asia 2019 di Malaysia.

Lulusan TMI hingga saat ini banyak diserap di berbagai industri dan memiliki prospek karir yang cerah. Posisi yang dapat ditempati Antara lain perencana produksi manufaktur, maintenance control, technopreneur, perancang dan teknisi energi terbarukan, dan masih banyak lagi.

Perusahaan yang membutuhkan lulusan Teknik Mesin Industri antara lain PT. Len Industri, PT Sky Energy Indonesia, PT. Astra Otopart, dan Indo Kordsa.

Program Studi

Program Studi Diploma IV untuk Teknik Mesin Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) terdapat dua program studi yang akan ditempuh selama empat tahun dengan gelar yang diperoleh yaitu Sarjana Terapan. Bidang konsentrasi tersebut yaitu:

  • Teknologi Rekayasa Konversi Energi

Teknologi Rekayasa Konversi Energi mendalami seputar energi terbarukan mulai dari prinsip dasar konversi energi, perancangan sistem, proses, produk, pemeliharaan komponen, hingga pengembangan teknologi terbaru yang menunjang konversi energi.

  • Teknologi Rekayasa Manufaktur.

Program studi ini menghasilkan lulusan yang berkompetensi di otomatisasi industri, robotika, dan pengelasan yang banyak dibutuhkan di industri bidang manufaktur.

Teknik Mesin ITS Akreditasi

Program studi yang ada pada Teknik Mesin ITS telah dinyatakan sebagai program studi yang memiliki akreditasi A (akreditasi tertinggi) oleh BAN-PT Indonesia. Berikut informasi lengkap mengenai akreditasi Teknik Mesin ITS.

Berikut tahun akreditasi Teknik Mesin ITS.

Akreditasi S1

  • 11 Agusus 1998 – 11 Agustus 2003
  • 21 November 2005 – 21 November 2010
  • 23 November 2012 – 23 November 2017
  • 12 Desember 2017 – 12 Desember 2022

Akreditasi S2

  • 24 Juni 2010 – 24 Juni 2015
  • 27 Juni 2015 – 27 Juni 2020
  • 30 Juni 2020 – 30 Juni 2025

Akreditasi S3

  • 16 Agustus 2014 – 16 Agustus 2019
  • 13 Agustus 2019 – 13 Agustus 2024

Akreditasi Institut

  • 7 Maret 2008 – 7 Maret 2013
  • 16 Januari 2014 – 16 Januari 2019
  • 21 November 2018 – 21 November 2023

Bagi kamu yang tertarik dengan jurusan teknik, buruan bergabung dengan ITS. Raih mimpimu dan wujudkan impianmu. Kemudian masuklah pada Industri-industri ternama dan jadilah melegenda.

Demikianlah informasi menarik kali ini mengenai Teknik Mesin ITS. Semoga bermanfaat dan menginspirasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *