Teknik Pertambangan Terbaik di Indonesia, Berikut Nama Universitasnya!

Teknik Pertambangan Terbaik di Indonesia

Teknik Pertambangan Terbaik di Indonesia – Jurusan Teknik Pertambangan merupakan  salah satu cabang dari ilmu teknik berfokus pada ilmu tentang eksplorasi dan eksploitasi sumber daya mineral  bahan galian seperti perak, alumunium, emas, besi, batu bara dan sebagainya.

Hal yang dipelajari Teknik Pertambangan tergantung pada konsentrasi yang diambil. Misalnya, saat memilih Tambang Eksplorasi, mata kuliah yang akan dipelajari diantaranya Mekanika Batuan, Geoteknik Tambang, Geologi Struktur, Manajemen Eksplorasi, dan lain-lain.

Sementara saat memilih Tambang Umum mata kuliah yang akan dipelajari diantaranya Metoda Perhitungan Cadangan, Valuasi Tambang, Pengeboran, Ventilasi Tambang, Pengolahan Bahan Galian, Penggalian, Bahan Peledak, Teknik Peledakan, Ekonomi Mineral, Manajemen Tambang, dan lain-lain.

Berbicara mengenai Teknik Pertambangan tidak akan habisnya, nah baiknya kita bahas Universitas Teknik Pertambangan Terbaik di Indonesia dan jurusan Teknik Pertambangan terbaik di Indonesia bisa ditemui di PTN dan juga PTS.

Lantas Universitas mana sajakah yang memiliki jurusan Teknik Pertambangan Terbaik di Indonesia, mari sama – sama kita bahas di bawah ini.

Nama – nama Universitas Teknik Pertambangan Terbaik di Indonesia

  • Institut Teknologi Bandung ( ITB )

Institut Teknologi Bandung ini berlokasi di Bandung. Universitas ini mempunyai Fakultas Pertambangan yang menjadi favorit banyak orang. Tingkat disiplinnya juga sangat tinggi.

Fakultas tersebut memiliki beberapa program studi seperti Teknik Pertambangan, Teknik Perminyakan, Teknik Metalurgi, dan Teknik Geofisika.

Universitas ini masuk kedalam Universitas yang memiliki Teknik Pertambangan Terbaik di Indonesia, dengan status Akreditasi (Akreditasi Unggul ) dengan No SK BAN-PT No. 4178/SK/BAN-PT/Akred-Itnl/S/VII/2020, Akreditasi ini berlaku hingga september 2023

  • Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (UPN)

Dikutip dari dari website resmi UPN, Saat ini Jurusan Teknik Pertambangan UPN memiliki 25 dosen yang memiliki keahlian di berbagai bidang seperti Eksplorasi, Lingkungan, Pengelolaan Sumber daya Air, Geomekanika, dan lain sebagainya.

UPN sendiri juga sudah menjalin kerjasama dengan berbagai instansi pemerintah seperti Kementerian ESDM, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kemen LHK),

Dinas ESDM Provinsi D.I. Yogyakarta sebagai bagian dari sumbangsih ilmu pengetahuan.

Selain itu, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta juga bekerja sama dengan beberapa perusahaan pertambangan atas dasar kemitraan dalam kerja praktik kemahasiswaan, kunjungan widya wisata, program beasiswa maupun rekrutmen tenaga kerja seperti PT Freeport Indonesia, BT Antam, Tbk, PT Kaltim prima Coal, dan masih banyak lagi.

Program studi Teknik Pertambangan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta berhasil meraih Akreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Sertifikat Akreditasi ini diberikan berdasarkan Keputusan BAN-PT Nomor 1616/SK/BAN-PT/Akred-PMT/S/III/2022.

  • Universitas Hasanuddin

Universitas berikutnya adalah Universitas Hasanuddin, Akreditasi Jurusan Teknik Pertambangan S1 Universitas Hasanuddin terakreditasi B dengan No. SK: 5071/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2020, Tanggal Kadaluarsa: 2025-09-01

Nah itulah Universitas yang memiliki Teknik Pertambangan Terbaik di Indonesia, mungkin ada banyak lagi, kalian bisa tambahkan di komen,

Kalian tahu tidak prospek kerja jika kalian telah selesai menyelesaikan pendidikan Teknik Pertambangan, berikut kami tampilkan prospek kerja jika kalian sudah lulus Teknik Pertambangan.

Prospek kerja jika lulus Teknik Pertambangan Terbaik di Indonesia

  • Lulusan Jurusan Teknik Pertambangan dapat menjadi seorang peneliti lingkungan. Karenanya karir di lembaga penelitian lingkungan terbuka lebar bagi para lulusannya.  Kalian berkesempatan bekerja di LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) bidang Geoteknologi dan Pusat Penelitian Fisika Terapan.
  • Jurusan ini memiliki prospek kerja yang cukup luas, mulai dari eksplorasi panas bumi, eksplorasi gas bumi dan minyak, serta dapat bekerja di bidang yang berhubungan dengan mitigasi bencana, seperti Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).
  • Lulusan Teknik Pertambangan juga memiliki kemampuan yang sangat dibutuhkan dalam mitigasi bencana mengingat Indonesia rawan bencana alam seperti banjir, gempa bumi, tanah longsor, tanah bergerak dan lain-lain.  Kalian juga dapat bekerja di Direktorat Inventarisasi Sumber Daya Mineral, Direktorat Volkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, dan Pusat Peneltian Pengembangan Geologi.
  • Kalian juga memiliki prospek kerja yang menjanjikan di berbagai perusahaan tambang atau perusahaan minyak dan gas bumi seperti di British Petroleum, UNOCAL, Chevron, Freeport, Total E&P Indonesia, dan lain-lain.  Bekerja di perusahaan-perusahaan ini tentunya memiliki prospek masa depan yang sangat menjanjikan.

Sekian informasi kami mengenai Teknik Pertambangan Terbaik di Indonesia, semoga informasi yang kami bagikan ini bermanfaat untuk kalian yang membutuhkan dan terima kasih telah membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *