Universitas Swasta Terbaik di Indonesia 2022

Universitas Swasta Terbaik di Indonesia 2022

Universitas Swasta Terbaik di Indonesia 2022 – Kampus swasta di Indonesia tidak sebagus kampus negeri. Data dari berbagai lembaga pemeringkat menunjukkan bahwa banyak kampus swasta atau perguruan tinggi swasta memiliki kinerja yang lebih baik daripada kampus pemerintah.

Apa kampus swasta terbaik di Indonesia? Hasil pemeringkatan dari dua Webometrics Ranking of World Universities (Webometrics) dan UniRank menunjukkan hasil yang hampir sama. Kedua institusi tersebut memiliki beberapa kampus swasta yang terbaik. 

Ada delapan kampus swasta yang masuk dalam sepuluh besar oleh Webometrics dan UniRank. Kampus swasta antara lain Universitas Telkom, Universitas Bina Nusantara, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Mercu Buana, Universitas Islam Indonesia, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Gunadarma dan Universitas Dian Nuswantoro.

Bersamaan dengan itu, empat kampus lainnya, yakni prof. Dr meninggal Universitas Hamka Muhammadiyah, Universitas Teknokrat Indonesia, Universitas Atma Jaya Yogyakarta dan Universitas Kristen Satya Wacana bersama-sama masuk 10 besar.

Universitas Swasta Terbaik di Indonesia 2022

Berikut 10 besar kampus swasta di Indonesia tahun 2022 menurut Webometrics dan UniRank. Informasi dari situs web kedua institusi ini diproses.

Webometrics Top 10 Kampus Swasta di Indonesia Tahun 2022

  1. Universitas Telekomunikasi
  2. Universitas Bina Nusantara
  3. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  4. Universitas Mercu Buana
  5. Universitas Islam Indonesia
  6. Universitas Muhammadiyah Malang
  7. Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  8. Universitas Gunadarma
  9. Universitas Kristen Satya Wacana
  10. Universitas Dian Nuswantoro. Peringkat Universitas Dunia Webometrics (Webometrics) memeringkat sekitar 31.000 kampus negeri dan swasta di seluruh dunia. Webometrics menyebutkan ada tiga indikator pemeringkatan untuk menentukan pemeringkatan perguruan tinggi. Yaitu pengaruh atau visibility, openness atau transparansi dan keunggulan. Pengumuman peringkat Webometrics diterbitkan dua kali setahun pada edisi Januari dan Juli.
  11. Universitas Gunadarma
  12. Universitas Islam Indonesia
  13. Universitas Muhammadiyah Malang
  14. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  15. Universitas Dian Nuswantoro
  16. Universitas Muhammadiyah Guru Besar Dr. Hamka
  17. Universitas Mercu Buana

UniRank melakukan seleksi berdasarkan kriteria antara lain. Pertama, diakreditasi oleh organisasi terkait dengan pendidikan tinggi di masing-masing negara. Kedua, menawarkan setidaknya gelar sarjana empat tahun (sarjana) atau gelar pascasarjana (master atau doktor). Ketiga, perkuliahan, khususnya dalam format tradisional tatap muka tanpa pembelajaran jarak jauh.

Pemeringkatan ini diurutkan oleh UniRank dan dicatat di observatorium IREG, yang memiliki lima metrik online yang independen dan tidak berpihak pada universitas tertentu. Dari sekitar 4.000 perguruan tinggi di Indonesia, hanya 582 perguruan tinggi Indonesia yang memenuhi kriteria seleksi uniRank.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *