Jenis S2 Psikologi

S2 Psikologi

Jenis S2 Psikologi – Jika Anda menemukan judul ini dalam pencarian Anda, Anda mungkin bertanya-tanya tentang fitur-fitur khusus dari gelar master dalam bidang psikologi. Anda mencoba memikirkan bagaimana memperkuat hati Anda untuk memilih dari banyak pilihan. Bagi anda yang tertarik untuk mengetahui lebih jauh tentang belajar psikologi di Indonesia, semoga artikel ini dapat membantu anda.

Berikut Jenis S2 Psikologi

Tentunya sebelum Anda memutuskan untuk meraih gelar master di bidang psikologi, Anda perlu mengetahui apa saja keistimewaan dari gelar master di bidang psikologi. Magister psikologi ada tiga, yaitu:

Magister Psikologi Profesional

Magister Psikologi kemudian dianugerahi gelar M.Psi., Psikolog. Karena dia memiliki gelar di bidang psikologi, dia memiliki lisensi sebagai psikolog. Himpsi (2010) membenarkan hal ini dengan mengatakan bahwa psikolog adalah lulusan dari kursus pelatihan profesional praktis di bidang psikologi dengan gelar sarjana psikologi, lulusan universitas di bidang psikologi lapisan 1 (S1) dari sistem kurikulum lama atau universitas. Pendidikan psikologi jenjang 1 (S1) dan lulusan pendidikan profesi psikologi atau jenjang 2 (S2) magister psikologi (psikolog profesional).

Psikolog berwenang untuk memberikan layanan psikologis di bidang praktik klinis dan konseling; untuk mempelajari Untuk mengajar; pengawasan pendidikan, pengabdian masyarakat, pengembangan kebijakan; intervensi sosial dan klinis; pengembangan alat asesmen psikologis; melakukan penilaian; Informasi; konsultasi organisasi; kegiatan di bidang forensik; desain dan evaluasi program; dan administrasi. 

S2 psikologi berapa tahun

Psikolog harus dan berizin untuk melakukan praktik psikologi sesuai dengan peraturan yang berlaku. Durasi gelar master dalam psikologi adalah 2,5 tahun. Biayanya bisa bervariasi antara satu perguruan tinggi dengan perguruan tinggi lainnya, biasanya sekitar 10-15 juta. 

Spesialisasi gelar master dalam psikologi juga bervariasi dari satu universitas ke universitas lainnya. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi situs web resmi masing-masing program psikologi pascasarjana universitas. Namun secara umum ada tiga makanan khas di Indonesia yaitu :

Psikologi organisasi

Psikologi pekerjaan dan organisasi adalah studi ilmiah tentang perilaku manusia di tempat kerja dan di organisasi. Spesialisasi ini meneliti bagaimana dan mengapa karyawan berperilaku:

Apa yang memotivasi mereka, bagaimana membuat mereka bahagia dan apa yang bisa membuat mereka bahagia. Di bidang studi ini, Anda akan belajar lebih banyak tentang produktivitas di tempat kerja dan perilaku kelompok di tempat kerja. Psikolog di bidang ini membantu perusahaan dengan hal-hal seperti penelitian, pelatihan karyawan, dan bahkan sumber daya manusia. Rekrutmen dan seleksi, stres kerja dan masalah individu terkait pekerjaan/pekerjaan.

Psikologi Pendidikan

Psikologi pendidikan tertarik pada bagaimana orang belajar. Berbagai konsep psikologis seperti motivasi, kecerdasan, kepribadian dan kognisi dieksplorasi untuk memahami peran mereka dalam belajar. Oleh karena itu, banyak pembelajaran yang dilakukan untuk menciptakan suasana kelas. Mulai dari penilaian hingga pemecahan masalah yang berkaitan dengan dunia pendidikan, seperti metode pembelajaran dan kurikulum. Psikologi pendidikan juga berlaku untuk anak berkebutuhan khusus.

Psikologi Klinis

Masalah psikologis secara mendalam, mulai dari masalah individu hingga masalah kelompok yang berkaitan dengan kondisi klinis. Seperti gangguan emosi dan mental. Area ini mengkaji penyebab, diagnosis, dan pengobatan gangguan ini. Ini mempersiapkan Anda untuk mengenali tanda-tanda penyakit mental dan mempelajari taktik yang dapat membantu mencegah gejala.

 Psikolog rumah sakit biasanya memiliki latar belakang pendidikan atau spesialisasi berupa psikologi klinis. Beberapa universitas membagi spesialisasi psikologi klinis menjadi psikologi klinis umum dan psikologi klinis untuk anak dan remaja, namun beberapa hanya fokus pada psikologi klinis umum.

Magister Sains di bidang Teknik

Lulusan non-psikolog dan psikologi dapat mempelajari psikologi dengan sangat baik dengan mendaftar di program master. Seorang Master of Science sama dengan seorang ilmuwan dalam psikologi. Hal ini dijelaskan oleh Himpsi (2010) Psikolog adalah ahli psikologi dengan latar belakang pendidikan level 1 dan/atau level 2 dan/atau 3.

Peneliti psikologi diperbolehkan memberikan pelayanan psikologi di wilayah penelitian; Untuk mengajar; pengawasan pendidikan; pengabdian masyarakat; pembangunan politik; Pengasingan sosial; pengembangan alat asesmen psikologis; manajemen evaluasi; saran sederhana, saran organisasi; desain dan evaluasi program.

 Ilmuwan psikologi terbagi menjadi kelompok ilmu murni (sains) dan ilmu terapan. Pernyataan ini tentu saja menjelaskan perbedaan antara psikolog dan profesi kejiwaan dalam kode etik. Perbedaannya terletak pada otoritas masing-masing karya. Jurusan non-psikologi harus terlebih dahulu hadir sebagai mahasiswa pascasarjana di bidang psikologi.

Judul yang berkaitan dengan Master of Science di bidang Teknik. Karena tidak ada pangkat “psikolog”, tidak ada izin praktik sebagai psikolog. Durasi program master adalah 2 tahun. Biayanya bisa bervariasi antara satu perguruan tinggi dengan perguruan tinggi lainnya, biasanya sekitar 10-15 juta. Gelar master itu sendiri juga bervariasi dari universitas ke universitas. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi situs web resmi masing-masing program psikologi pascasarjana universitas. Spesialisasi dari Master of Science adalah:

  1. psikologi perkembangan
  2. Psikologi Sosial
  3. Psikologi Pendidikan
  4. Psikologi industri organisasi
  5. Psikologi Psikometrik

Magister Psikologi Terapan

Psikologi sangat luas sehingga dapat diintegrasikan ke dalam cabang pengetahuan apa pun. Bagi mereka yang tertarik untuk menerapkan ilmu lain ke psikologi, ini adalah pilihan yang tepat. Non-psikolog dapat menyelesaikan gelar master dalam psikologi terapan asalkan mereka lulus ujian matrikulasi. 

Gelar Magister Psikologi Terapan yaitu M.Psi.T. Magister Psikologi Terapan tidak memiliki gelar dalam bidang psikologi, yaitu. tidak ada izin praktek kedokteran. Magister Psikologi Terapan dapat menjadi konselor dengan pendekatan psikologis. Tidak semua universitas menawarkan program magister Psikologi Terapan, meskipun biayanya sudah termasuk, Anda dapat memeriksa situs web resmi masing-masing universitas. Durasi program magister Psikologi Terapan adalah 2 tahun. Secara umum banyak makanan khas di Indonesia yaitu :

  1. Psikologi Forensik
  2. psikologi militer
  3. Psikologi Olahraga
  4. Psikologi Teknis
  5. Psikologi Anak
  6. Psikologi Kognitif
  7. Psikologi Bencana
  8. Psikologi Verbraucher
  9. Psikologi Psikometrik

S2 psikologi kelas karyawan 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *