Materi Pelajaran Kelas 11 Sma Kurikulum 2013 Khusus Matematika

Materi Pelajaran Kelas 11 Sma Kurikulum 2013

Materi Pelajaran Kelas 11 Sma Kurikulum 2013 – Bagi siswa yang sedang mencari materi matematika wajib untuk kelas 11, ini adalah halaman yang tepat. Karena pada saat pembelajaran daring diperlukan, banyak dari mereka yang hanya mengerjakan tugas-tugasnya dengan ponsel atau laptop.

Berikut Materi Pelajaran Kelas 11 Sma Kurikulum 2013 Khusus Matematika

Saat ini, jika Anda sedang mempersiapkan pemahaman matematika wajib sebagai strategi untuk memfasilitasi pembuatan garis besar dan rencana pembelajaran, akan sangat berguna bagi Anda untuk mengetahui bab mana saja dari matematika wajib yang dipelajari di kelas 11. 

Hal ini tentu saja sangat membantu dan efektif jika kita menginginkan nilai yang memuaskan dalam matematika wajib. Oleh karena itu, saya telah merangkum secara singkat materi wajib matematika semester 1 dan 2 semester 11. Silabus Kelas 11 Tahun 2013 Materi Pembelajaran – Matematika

Berikut ini adalah penjelasan singkat dari setiap bab dan sub bagiannya yang harus diketahui oleh siswa:

  1. Logika Matematika

Matematika Logika adalah materi pembelajaran matematika wajib pertama kelas 11. Bab ini memuat beberapa sub-detail, yaitu: proposisi logis, hubungan antara proposisi dan kesimpulan.

Inti dari logika matematika. Siswa belajar menentukan nilai benar atau salah dari suatu pernyataan. Ada dua jenis pernyataan, yaitu tertutup (hanya membutuhkan jawaban benar atau salah) dan terbuka (tidak dapat ditentukan nilai kebenarannya karena ada variabel). Juga akan ada sub-materi untuk pernyataan majemuk, formulir tanggapan dan kelambanannya. 

Bagian terakhir menjelaskan cara menarik kesimpulan yang memiliki kesimpulan dari beberapa premis yang saling berhubungan. Ada beberapa cara untuk menentukannya, yaitu ponens moods dan tollers.

  1. 2. Induksi matematika

Untuk materi matematika kelas 11 SMA yang akan datang yaitu Matematika Induksi. Lebih khusus lagi, bagaimana sebuah formula membuktikan sebuah ekspresi. Juga dikenal sebagai efek domino.

Cara pembuktian kebenaran induksi matematika adalah melalui perantara untuk mencapai tujuan utamanya. Pada umumnya materi ini digunakan untuk membuktikan pernyataan umum tentang deret atau rumus-rumus berurut lainnya.

Ada beberapa cara untuk membuktikan dengan induksi matematika. Pertama gunakan angka 1 untuk menunjukkan kebenaran. Jika kondisi ini salah, itu tidak dapat dilanjutkan. Jika ya, langkah selanjutnya adalah membuktikannya dengan menggunakan n = k dan n = k + 1.

  1. Pertidaksamaan linier Dua variabel

Materi ketiga mata pelajaran wajib matematika kelas 11 SMA adalah pertidaksamaan linear dua variabel. Bab ini memiliki dua sub bab mengenai hal tersebut, yaitu:

Dasar-dasar atau konsep dan solusi PLDV.

Jika persamaan linier dari himpunan penyelesaian dua variabel berbentuk pasangan titik, maka untuk pertidaksamaan berbentuk daerah berpenduduk. Dalam praktiknya, HP dapat diarsir atau tidak diarsir.

Ada beberapa langkah untuk menentukan himpunan penyelesaian pertidaksamaan. Pertama, ubah pertidaksamaan menjadi persamaan, lalu gambar grafiknya, lalu uji titik-titik yang tidak dilalui garis (substitusikan nilai x dan y). 

  1. Program linier Dua variabel

Materi Matematika Kelas 11 SMA berikut ini memiliki beberapa sub bab yang dijelaskan secara detail pada bab. Diantaranya adalah:

Dasar-dasar atau konsep, pemrograman linier fungsi tujuan dan pemodelan matematika.

Salah satu cara untuk menentukan optimalisasi suatu masalah linier adalah dengan mendefinisikan materi tersebut. Biasanya berupa pertidaksamaan atau persamaan, yang kemudian dicari nilai maksimum atau minimumnya. 

Pemodelan matematis pemrograman linier terdiri dari beberapa soal teks. Kemudian dikonversi dari deskripsi menjadi model solusi atau metode notasi. Bab ini juga memiliki subbagian yang membandingkan nilai fungsi dari setiap titik ekstrim.

  1. Matriks

Dalam materi matriks kita dikenalkan dengan beberapa sub bab yang dijelaskan secara detail. Ini termasuk perhitungan dasar, operasi aritmatika, determinan dan invers serta perkalian kelipatan (2 x 2, 3, x 3, m x n, n x m).

Ada beberapa jenis dalam matriks ini yang harus diketahui oleh siswa, yaitu:

Nol, identik, skalar, diagonal, segitiga atas dan bawah, dan simetri. Berdasarkan jumlah baris dan kolomnya, ada jenis seperti horizontal, vertikal dan lain-lain. Operasi matriks melibatkan penjumlahan dan pengurangan sederhana. 

Keduanya harus memenuhi sifat komutatif dan asosiatif. Untuk membuatnya berfungsi, Anda hanya perlu menggunakan kolom dan baris dengan tata letak yang sama.

  1. Besaran dan Himpunan

Berikut ini materi mata pelajaran wajib matematika kelas 11 SMA yang membahas tentang besaran dan himpunan. Bab ini dibagi menjadi beberapa sub bab yaitu Aritmatika dan Geometri yang keduanya memiliki arti, rumus dan aplikasi yang berbeda.

Pada deret aritmetika, barisan bilangan terdiri dari beberapa bilangan yang selisihnya sama. Meskipun deret adalah penjumlahan dari baris. Ada dua jenis, yaitu rangkaian naik dan turun.

Baris geometris dibentuk dari beberapa angka dengan rasio yang sama. Ada juga dua jenis, yaitu rangkaian naik dan turun. Deret ini dibagi menjadi dua jenis yaitu konvergen dan divergen.

  1. Limit fungsi aljabar

Topik ketujuh mata pelajaran wajib matematika kelas 11 versi 2013 versi 2018 adalah limit fungsi aljabar. Ada beberapa sub bab, yaitu:

Pengertian dan tips untuk memecahkan nilai fungsi ini. Dalam matematika, konsep limit mewakili kata “hampir” nilai bilangan tertentu. Fungsi aljabar memiliki teori materi ini untuk dipertimbangkan. Istilah yang digunakan biasanya k, f dan g.

Tiga metode dapat digunakan untuk menentukan limit fungsi aljabar. Mereka adalah substitusi (substitusi langsung dari suatu nilai), faktorisasi (faktor pertama), dan perkalian dengan akar yang sama. 8. Aljabar integral dan turunan tak tentu

Bab akhir revisi 2013 mata pelajaran Matematika Wajib SMA 2018 revisi kurikulum 2013 ini memiliki beberapa subbab diantaranya:

Definisi turunan dan integral tak tentu. Serta teknik mencari turunan, substitusi bilangan bulat dan parsial.

Derivatif menceritakan bagaimana kuantitas berubah sebagai akibat dari perubahan lain. Proses menemukannya disebut diferensiasi, sedangkan kebalikannya disebut anti turunan. Atau dengan kata lain disebut integral.

Integral tak tentu adalah kebalikan atau kebalikan dari turunan, yang seperti biasa tidak memiliki batas. Subbagian ini memiliki C sebagai konstanta, f(x) dx dan F(x). Setelah suatu fungsi terintegrasi, ia dapat dengan mudah diidentifikasi dengan memeringkatnya.

Saya melihat pembahasan tentang materi wajib matematika kelas 11 bagi siswa yang membaca situs ini. Insya Allah setiap bab akan dibahas satu per satu pada postingan selanjutnya. Jangan lupa belajar yang rajin ya…

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *