Program Digitalisasi Arsip

Program Digitalisasi Arsip

Program Digitalisasi Arsip- Digitalisasi dokumen/arsip adalah salah satu cara proses mengubah dokumen/arsip konvensional ke dalam berbagai bentuk dan media menjadi dokumen/arsip elektronik/ digital.

Digitalisasi arsip adalah upaya pengembangan sistem digital berbasis elektronik. Di samping itu, langkah tersebut merupakan implementasi amanat presiden tentang SPBE.

Fungsi digitalisasi tidak lain adalah untuk mendapatkan efisiensi dan optimalisasi dalam banyak hal antara lain efisiensi dan optimalisasi tempat penyimpanan, keamanan dari berbagai bentuk bencana, untuk meningkatkan resolusi, gambar dan file lebih stabil.

Program digitalisasi arsip merupakan hal yang rumit karena sifat materi sejarahnya; file yang dihasilkan juga perlu diproses agar dapat dibaca mesin dan relevan untuk alat penemuan online. 

Setelah arsip dideklasifikasi, diperlukan waktu antara 6-8 minggu agar arsip didigitalkan dan file muncul di situs eksternal.

Catatan arsip digital tersedia dalam bentuk PDF, dengan setiap folder catatan arsip sesuai dengan satu PDF. Hal ini memastikan bahwa semua catatan dalam satu folder disimpan bersama dalam urutan aslinya. 

Halaman pertama setiap PDF terdiri dari lembar sampul standar yang berisi informasi deskripsi arsip, informasi format kutipan dasar, dan tautan ke Ketentuan Penggunaan. Catatan arsip digital tersedia di situs berikut:

  • Katalog Arsip : Pertama, lakukan kata kunci atau pencarian lanjutan di Katalog, dan Halaman hasil pencarian akan menunjukkan berapa banyak hasil yang berisi objek digital.  Dengan memilih “Tampilkan hasil dengan objek digital”, pencarian Anda akan dibatasi pada objek yang berisi objek digital. Alternatifnya, catatan digital dapat diakses melalui fitur daftar inventaris dalam deskripsi tingkat seri. Folder yang telah didigitalkan akan diberi hyperlink.
  • Proyek dan Operasi : Selain informasi tentang setiap proyek Bank Dunia, daftar folder catatan arsip disediakan pada tab Catatan Arsip setiap proyek. Folder yang telah didigitalkan akan diberi hyperlink.

Demikianlah teman-teman pembahasan kita hari ini tentang Program Digitalisasi arsip, semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ke teman-teman yang lain ya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *