Dibandingkan dengan berbagai norma sosial lainnya, sanksi norma kesopanan bersumber dari

Dibandingkan dengan berbagai norma sosial lainnya, sanksi norma kesopanan bersumber dari

Dibandingkan dengan berbagai norma sosial lainnya, sanksi norma kesopanan bersumber dari….

Bagi kalian yang akan mencari wawasan dalam menghadapi tes Cat BKN, Soal-soal SKD CPNS itu bersumber dari portal Simulasi CAT BKN, laman resmi milik Badan Kepegawaian Negara untuk latihan tes SKD yang bisa diakses oleh publik. 

Soal-soal SKD di Simulasi CAT BKN merupakan kumpulan pertanyaan yang pernah muncul pada periode seleksi sebelumnya. 

Dengan mengkaji contoh soal SKD CPNS dari portal itu, peserta seleksi dapat memahami pola pertanyaan yang sering muncul di Seleksi Kompetensi Dasar.

SKD CPNS adalah tahapan yang perlu diikuti oleh pelamar setelah dinyatakan lolos syarat administrasi. SKD atau Seleksi Kompetensi Dasar CPNS dilaksanakan dengan sistem tes berbasis komputer (CAT). 

Materi SKD CPNS terdiri atas tiga jenis soal, yakni Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelejensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

TWK adalah tes yang berkaitan dengan tema nasionalisme, integritas, bela negara, pilar negara, dan bahasa negara. 

Kemudian, TIU adalah tes yang memuat pertanyaan terkait Kemampuan Verbal (analogi, silogisme, analitis), Kemampuan Numerik (berhitung, deret angka, soal cerita, perbandingan kuantitatif), hingga Kemampuan Figural (analogi, serial, ketidaksamaan). 

Adapun TKP adalah tes yang bertujuan menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nilai terkait dengan pelayanan publik, jejaring kerja, sosial budaya, profesionalisme, teknologi informasi dan komunikasi, dan anti-radikalisme.

Berikut adalah salah satu contoh soal yang bisa kalian pelajari : 

Dibandingkan dengan berbagai norma sosial lainnya, sanksi norma kesopanan bersumber dari..

a. Hati nurani 

b. Masyarakat 

c. Tuhan 

d. Lembaga sosial 

e. Negara 

Jawab: b

Pembahasan : 

Norma kesopanan adalah norma yang berasal dari masyarakat. Norma kesopanan juga berupa hal-hal yang pantas dan tidak pantas serta hal yang sopan dan tidak sopan dalam tata pergaulan sehari-hari di masyarakat.

Norma kesopanan yang juga dikenal sebagai norma kesantunan ini diwujudkan dalam aturan sopan santun, etika atau tata krama, dan tradisi. Ciri-ciri norma kesopanan adalah berhubungan dengan aturan-aturan yang disepakati bersama di masyarakat.

Sumber norma kesopanan biasanya berasal dari pergaulan, tata kehidupan, budaya, adat istiadat, dan kebiasaan-kebiasaan suatu kelompok masyarakat di wilayah tertentu atau bersifat lokal atau kedaerahan.

Hal ini membuat norma kesopanan biasanya tidak mendunia. Artinya, hal-hal yang dianggap sopan di daerah A, belum tentu dianggap sopan di daerah B, dan sebaliknya.

Sebab, masing-masing daerah punya standar norma kesopanan sendiri, meski ada juga norma-norma kesopanan yang mirip antara daerah yang satu dengan yang lainnya.

Isi norma kesopanan, yaitu perihal tata cara berpakaian, berbicara, berperilaku, bertamu, menyapa orang lain, cara makan, dan lainnya.

Nah dapat di simpulkan dari pembahasan di atas jawaban yang paling tepat adalah b. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *