Saya akan dipromosikan untuk naik jabatan. Namun rekan kerja saya berbuat curang sehingga saya gagal dipromosikan. Maka saya akan

Saya akan dipromosikan untuk naik jabatan. Namun rekan kerja saya berbuat curang sehingga saya gagal dipromosikan. Maka saya akan

Saya akan dipromosikan untuk naik jabatan. Namun rekan kerja saya berbuat curang sehingga saya gagal dipromosikan. Maka saya akan…

Bagi kalian yang akan mencari wawasan dalam menghadapi tes Cat BKN, Soal-soal SKD CPNS itu bersumber dari portal Simulasi CAT BKN, laman resmi milik Badan Kepegawaian Negara untuk latihan tes SKD yang bisa diakses oleh publik. 

Soal-soal SKD di Simulasi CAT BKN merupakan kumpulan pertanyaan yang pernah muncul pada periode seleksi sebelumnya. 

Dengan mengkaji contoh soal SKD CPNS dari portal itu, peserta seleksi dapat memahami pola pertanyaan yang sering muncul di Seleksi Kompetensi Dasar.

SKD CPNS adalah tahapan yang perlu diikuti oleh pelamar setelah dinyatakan lolos syarat administrasi. SKD atau Seleksi Kompetensi Dasar CPNS dilaksanakan dengan sistem tes berbasis komputer (CAT). 

Materi SKD CPNS terdiri atas tiga jenis soal, yakni Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelejensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

TWK adalah tes yang berkaitan dengan tema nasionalisme, integritas, bela negara, pilar negara, dan bahasa negara. 

Kemudian, TIU adalah tes yang memuat pertanyaan terkait Kemampuan Verbal (analogi, silogisme, analitis), Kemampuan Numerik (berhitung, deret angka, soal cerita, perbandingan kuantitatif), hingga Kemampuan Figural (analogi, serial, ketidaksamaan). 

Adapun TKP adalah tes yang bertujuan menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nilai terkait dengan pelayanan publik, jejaring kerja, sosial budaya, profesionalisme, teknologi informasi dan komunikasi, dan anti-radikalisme.

Mungkin jika kalian menghadapi tes CPNS kalian akan menemukan pertanyaan seperti ini :

Saya akan dipromosikan untuk naik jabatan namun rekan kerja saya berbuat curang sehingga saya gagal dipromosikan. Maka saya akan ….

a. Menegurnya

b. Takut menegurnya

c. Melaporkan kepada atasan

d. Menegurnya dan apabila dia tidak menyadari kesalahannya maka akan saya laporkan kepada atasan

e. Diam saja

Jawaban : D. Menegurnya dan apabila dia tidak menyadari kesalahannya maka akan saya laporkan kepada atasan

Pembahasan :  

Etika kerja mencakup berbagai hal, seperti integritas, kedisiplinan, tanggung jawab, dan kejujuran. 

Hal ini membantu memastikan bahwa lingkungan kerja bebas dari diskriminasi, intimidasi, dan perilaku yang merugikan, serta memastikan bahwa semua anggota tim bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama.

Nah jika pada soal kasus diatas ini yang harus kita lakukan jika mengalami kasus yang sama, ini langkah yang harus kamu lakukan. 

  • Tetap bersikap tenang

Kamu mungkin akan terkejut jika melihat tindak kecurangan secara nyata di depan mata sendiri. Namun, jangan jadikan keterkejutanmu sebagai bumerang yang bisa membahayakan diri sendiri.

Cobalah untuk tetap bersikap tenang dalam menghadapi persoalan tersebut. Hal ini akan membantumu menemukan solusi yang tepat untuk tindakan selanjutnya.

Jika Anda yakin ada rekan kerja yang berbohong, pertimbangkan untuk melakukan percakapan yang pribadi dan tenang dengannya. Ekspresikan kekhawatiran Anda tanpa menuduh.

Bagikan bukti yang telah Anda kumpulkan dan tanyakan perspektif mereka. Terkadang, orang membuat kesalahan atau salah memahami situasi, dan komunikasi terbuka dapat menjernihkan kesalahpahaman.

  • Tidak langsung sibuk menghakimi

Kamu pasti akan merasa kesal jika melihat kecurangan terjadi di depan mata sendiri. Hal ini semakin menguras emosi bila dampak dari kecurangan tersebur justru dapat memberikan kerugian bagi pegawai yang lain.

Meski demikian, jangan langsung sibuk main hakim sendiri. Kamu bahkan hanya melihatnya saja dan tidak memegang bukti apa pun. Itulah mengapa sebaiknya kamu perlu sedikit bersabar.

  • Mencoba menyeledikinya lebih jauh

Jika memang dirasa kecurangan tersebut sangat fatal dan dapat memberikan kerugian besar, maka tak ada salahnya untuk menyelidiksi hal tersebut. Cara ini lebih baik daripada kamu sibuk berasumsi yang macam-macam.

Meski melakukan penyelidikan, namun sebaiknya tetap memerhatikan banyak aspek khususnya dalam kerahasiaan. Jangan sampai hal ini justru membahayakan dirimu sendiri di kantor bila sampai ketahuan.

  • Tidak asal bersikap gegabah

Meskipun mungkin kamu sudah menemukan beberapa bukti kecurangan lewat penyelidikan, namun jangan buru-buru. Kamu masih memiliki waktu untuk memastikan hal ini hingga nantinya tak terbantahkan lagi.

Selalu pikirkan segala halnya dengan cermat dan jangan bertindak dengan gegabah. Hal ini hanya akan membahayakanmu jika bertindak gegabah.

  • Bangun Sekutu

Sangat membantu untuk membangun hubungan positif dengan kolega dan supervisor lainnya. Memiliki sekutu dapat memberikan dukungan dan berpotensi memberikan tekanan pada rekan kerja yang berbohong untuk mengubah perilakunya.

Sampaikan kekhawatiran Anda kepada rekan kerja atau supervisor tepercaya yang dapat memberikan saran dan bantuan.

  • Melaporkan tindakan tersebut kepada Atasan 

Bila dirasa memang bukti sudah cukup dan kamu juga telah mempertimbangkan segala hal, maka tak ada salahnya untuk melapor. Kamu juga harus memahami langkah yang tepat dalam melaporkan hal ini.

Jangan sampai kamu salah langkah dan justru menyebabkan bumerang tersendiri terhadap dirimu. Pastikan kamu juga telah berkoordinasi dengan pihak perusahaan untuk menyelesaikan persoalan ini.

Nah dengan pembahsan diatas maka kalian dapat menyimpulkan dengan sendirinya, bahwa jawaban yang paling cocok adalah D.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *