Telemarketer, Ini Tugas dan Manfaatnya!

Telemarketer

Telemarketer- telemarketer adalah pegawai langsung perusahaan yang berada di bawah divisi pemasaran/marketing. Dalam menjalankan pekerjaannya, seorang telemarketer memiliki target pekerjaan untuk mendapatkan konsumen yang biasanya dihitung setiap bulan.

Target pekerjaan itu menjadi ukuran penilaian kinerja bagi perusahaan. Telemarketing adalah salah satu teknik pemasaran yang pada aktivitasnya memberikan informasi dan menawarkan  produk melalui telepon kepada konsumen.

Telemarketing umumnya hampir terdapat di semua jenis industri, mulai dari telekomunikasi, jasa, hingga perbankan. Hal yang ditawarkan pun juga bermacam-macam mulai dari, produk dan jasa, layanan asuransi, hingga meminta donasi.

Telemarketer job description

Selain melakukan panggilan kepada pelanggan, ternyata masih ada beberapa hal yang menjadi tugas dalam telemarketing. Berikut adalah beberapa tanggung jawab dan tugas dari seorang telemarketer.

  • Melakukan panggilan via telepon kepada calon pelanggan

Job desk telemarketing yang cukup penting yaitu melakukan penawaran dan membujuk pelanggan agar mau mendengarkan penjelasanmu. Hal ini tentunya dapat terlaksana dengan menghubungi calon pelanggan melalui telepon secara baik.

Nantinya akan ada skrip yang menjadi pedoman selama melakukan pembicaraan dengan konsumen. Skrip tersebut umumnya berisi mengenai info dan detail produk yang akan kamu tawarkan.

Selain itu, jika kamu tertarik untuk mendalami skill telemarketing, kamu dapat klik banner di bawah ini untuk mengikuti kelasnya.

  • Menjelaskan produk

Sebagai seorang telemarketer, kamu tidak hanya sekedar menawarkan produk. Kamu juga harus dapat menjelaskan tentang produk atau jasa dengan baik. Penjelasan tersebut harus jelas, detail, dan tentunya harus menarik.

Adapun untuk dapat melakukan hal ini, kamu tentunya harus memiliki pemahaman yang baik terhadap produk yang akan ditawarkan kepada calon pelanggan.

  • Menjawab pertanyaan dan panggilan dari pelanggan

Menjawab pertanyaan pelanggan merupakan salah satu tugas inti dari telemarketer. Ketika pelanggan tertarik dengan pembicaraan yang kamu lakukan, biasanya mereka akan menanyakan mengenai produk atau jasa yang ditawarkan.

Hal ini bisa berupa harga, kelebihan, manfaat, dan juga jenis lain. Sehingga pada saat menjawab pertanyaan tersebut coba fokus pada pertanyaan yang ditanyakan agar kamu bisa menjawab dengan tepat.

Selain itu, nantinya kamu juga akan melayani berbagai macam panggilan dari pelanggan seperti, keluhan dan pemesanan (order) produk.

  • Menindaklanjuti pelanggan sebelumnya untuk penjualan potensial

Nantinya seorang telemarketer juga bertugas untuk menindaklanjuti pembicaraan yang dilakukan dengan pelanggan sebelumnya.

Ketika mereka tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan, kamu harus dapat memproses permintaan pelanggan tersebut. Seperti, mengarahkannya ke bagian penjualan untuk melanjutkan proses pembelian produk.

  • Melacak pelanggan yang telah dihubungi

Setelah memberikan informasi dan penawaran, kamu dapat mengetahui mana saja pelanggan yang tertarik dengan produk yang ditawarkan dan juga yang tidak.

Sebagai seorang telemarketer atau telesales kamu harus dapat membuat daftar dari pelanggan-pelanggan tersebut. Sehingga dapat mengetahui pelanggan mana saja yang bisa dihubungi kembali dan mana yang tidak.

  • Memelihara catatan kontak pelanggan

Selain melacak pelanggan, seorang  yang berkarier di telemarketing juga bertanggung jawab untuk memelihara catatan kontak pelanggan.

Dengan memiliki catatan tersebut, kamu akan dengan mudah untuk menemukan kontak pelanggan yang tertarik atau pernah membeli produk yang ditawarkan. Hal ini berfungsi untuk melakukan penawaran kembali di masa depan dan membangun hubungan jangka panjang.

  • Melakukan survei pelanggan

Survei ini penting dilakukan untuk mendapatkan informasi tentang pelanggan potensial. Dengan info tersebut kamu nantinya bisa menghubungi kembali mereka yang dirasa potensial untuk membeli produk yang kamu tawarkan.

Selain itu, survei ini dapat meningkatkan layanan berdasarkan umpan balik yang diterima langsung dari pelanggan yang pernah dihubungi.

Demikianlah teman-teman pembahasan kita hari ini tentang telemarketer, semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ke teman-teman yang lain ya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *