Program Manajemen: Pengertiannya dan Apa yang Dipelajari

Program Manajemen

Program manajemen – Manajemen adalah program studi yang mempelajari mengenai bagaimana mengelola suatu perusahaan atau organisasi. 

Manajemen juga termasuk dalam bidang bisnis dan ekonomi, tetapi lebih terfokus pada kegiatan mengelola, merencanakan, dan mengatur (manajemen) semua proses dalam perusahaan untuk mencapai tujuan.

Salah satu program studi yang memiliki peluang banyak di dunia kerja adalah program studi manajemen. Seperti halnya komunikasi, jurusan tersebut menjadi pilihan terfavorit bagi calon mahasiswa baru. 

Di beberapa kampus, biasanya program studi atau jurusan manajemen ini tergabung di dalam fakultas ekonomi dan bisnis ataupun berdiri dalam sekolah bisnis.

Manajemen adalah salah satu ilmu yang dibutuhkan di berbagai macam hal, dan sifatnya sangat aplikatif, di mana manajemen merupakan seni yang digunakan dalam menyelesaikan sesuatu di sekelompok orang-orang yang sudah terorganisasi secara formal. 

Program studi manajemen adalah sebuah studi interdispliner yang berfokus pada pemecahan masalah serta dalam pengambilan keputusan dalam suatu kelompok sangatlah luas.

Fungsi Studi Program Manajemen

Fungsi dari manajemen sendiri  meliputi organizing atau pengorganisasian, perencanaan atau planningdirecting atau pengarahan, sampai mengontrol atau mengendalikan agar dapat mencapai suatu tujuan.

Sebagai salah satu program studi, banyak sekali informasi yang akan didapatkan yang berkaitan dengan dunia ekonomi dan juga bisnis. Nantinya, mahasiswa di jurusan ini akan diajari cara mengelola organisasi dengan baik dari segi bisnis dan juga non-bisnis. 

Akan tetapi yang perlu diperhatikan, dalam pengelolaan tidak hanya dalam urusan finansial saja, akan tetapi promosi, operasional, sampai struktur organisasi dalam suatu perusahaan juga harus diperhatikan.

Pada umumnya, mahasiswa program studi manajemen harus menyelesaikannya selama delapan semester. Selain itu, nantinya mahasiswa juga akan diminta untuk memilih minatnya yang lebih spesifik. Biasanya, peminatan ini akan dilakukan oleh mahasiswa di atas semester lima.

Adapun beberapa peminatan yang biasanya ditawarkan di program manajemen, yakni manajemen resiko, manajemen sumber daya manusia, manajemen keuangan, manajemen keuangan, dan masih banyak lagi.

Nantinya para mahasiswa dapat mengembangkan beberapa program keahlian yang berkaitan dengan pengelolaan dan salah satu yang sudah pasti yaitu menjalankan beberapa fungsi dalam pengelolaan organisani bisnis maupun organisani non-bisnis.

Tidak hanya itu, nantinya mahasiswa juga akan memiliki kemampuan analisis yang cukup mumpuni dalam menyusun perencanaan  bisnis. Akan tetapi yang harus diketahui, masing-masing jurusan manajemen di beberapa kampus menerapkan kurikulum yang berbeda di setiap prodi.

Jurusan manajemen adalah jurusan yang sudah umum dipelajari di semua bidang, seperti manajemen pemasaran dan manajemen keuangan. 

Jurusan ini tidak hanya mempelajari teorinya saja, akan tetapi juga mempelajari praktik yang nantinya akan diterapkan dalam program studi magang atau internship.

Ada beberapa hal yang harus dipelajari di program studi managemen, di antaranya sebagai berikut:

  1. Dasar ekonomi

Program Manajemen adalah salah satu jurusan yang tergabung di fakultas ekonomi, maka mahasiswa nantinya akan mendapatkan mata kuliah pengantar ekonomi. 

Di mata kuliah ini nantinya mahasiswa akan mempelajari beberapa dasar ekonomi, mulai dari ekonomi mikro hingga ekonomi makro.

  1. Dasar akuntansi

Jangan mengira jurusan program manajemen akan terhindar dari mata kuliah yang berhubungan dengan menghitung. Meskipun manajemen dan akuntansi adalah jurusan yang berbeda, mahasiswa akan tetap mendapatkan mata kuliah pengantar akuntansi. 

Di mata kuliah tersebut, mahasiswa akan belajar tentang dasar akuntansi yang nantinya akan berguna untuk mengatur semuanya yang ada kaitannya dengan keuangan.

  1. Matematika bisnis

Di jurusan Program manajemen, mahasiswa juga akan mempelajari tentang matematika bisnis. Rumus matematika di sini akan lebih berkaitan dengan proses bisnis. 

Pasalnya, matematika bisnis di jurusan ini sangat penting dan sangat berguna untuk sebuah perusahaan. Mata kuliah ini mencangkup kalkulus, statistika, logika matematika, dan lain sebagainya.

  1. Mata kuliah manajemen

Sebagai seorang mahasiswa manajemen, tentunya akan mempelajari berbagai macam mata kuliah yang berkaitan dengan managemen, yaitu managemen operasional, managemen keuangan, managemen pemasaran, managemen sumber daya manusia, dan ada banyak lagi.

Nah, itulah beberapa informasi yang bisa kami bagikan mengenai program manajemen. Semoga informasi yang kami bagikan ini bermanfaat dan terima kasih telah membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *