Jurusan Tata Busana di Universitas Negeri Malang

Jurusan Tata Busana di Universitas Negeri Malang

Jurusan tata busana di universitas negeri malang- Universitas Negeri Malang juga menyediakan jurusan tata busana, bisa menjadi pilihan juga selain di Universitas Negeri Surabaya.

Mata kuliah yang diberikan juga tak jauh berbeda dari materi yang diberikan di Universitas Negeri Surabaya. 

Jurusan tata busana di Universitas Negeri Malang memiliki daya tampung SBMPTN 2021 sebanyak 27 kursi sedangkan di SBMPTN tahun lalu jumlah peminat jurusan tata busana di Universitas Negeri Malang sebanyak 454 orang.

Berikut Jurusan Tata Busana di Universitas Negeri Malang

Universitas Negeri Malang (UM) merupakan salah satu universitas besar dengan jumlah dosen 1.050 orang, jumlah pelaksana administrasi 1.043 orang, dan jumlah mahasiswa 28.671 orang mahasiswa (data statistik Mei 2020). 

Saat ini Universitas Negeri Malang (UM) memiliki Fakultas Ilmu PendidikanFakultas SastraFakultas MIPAFakultas EkonomiFakultas Teknik (FT), Fakultas Ilmu KeolahragaanFakultas Ilmu SosialFakultas Pendidikan Psikologi, dan Pascasarjana

Secara umum, UM merupakan perguruan tinggi yang telah mengalami perkembangan dan perubahan nama sejak didirikan pertama kalinya. UM pertama kali didirikan melalui terbitnya surat keputusan nomor 38742, dengan nama Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG). 

Pada pertama kalinya tersebut, PTPG dipimpin oleh Prof. Sutan Adam Bachtiar sebagai Rektor PTPG Malang dan diresmikan oleh Menteri Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan, Prof. Mr. Muhammad Yamin. 

Pada masa berikutnya, UM terus berkembang dan mengalami perluasan mandat, sehingga menjadi salah satu universitas besar di kota Malang.

Sebagai salah satu fakultas di UM, FT pertama kali didirikan pada tanggal 1 September 1965 dengan keluarnya SK No 37 tahun 1965, yang bernama Fakultas Keguruan Teknik (FKT). 

Pada operasional pertama kali, FKT mencakup Departemen Teknik Mesin, dan Departemen Teknik Sipil. Seiring dengan perkembangan UM, Untuk mengemban tri dharma perguruan tinggi, FT didukung  oleh sumber daya yang baik. 

Proses rekrutmen dosen  dan  tenaga kependidikan telah dilakukan dengan mengacu aturan yang berlaku.

Di jenjang perguruan tinggi, khususnya di daerah Jawa Timur terdapat universitas yang memiliki program S1 Tata Busana jika kalian tertarik untuk masuk program tata busana ini mari disimak ya.

Untuk menunjang aktivitas dari warga UM dalam menjalankan tugasnya sehari-hari di kampus, mutlak diperlukan adanya beberapa fasilitas umum. 

Tersedianya fasilitas umum ini tentunya diharapkan dapat memperlancar tugas-tugas yang diberikan kepada sivitas akademika secara langsung ataupun tidak langsung. 

Beberapa sarana dan fasilitas umum yang diperlukan dan tersedia di kampus UM antara lain asrama mahasiswa, kolam renang, BNI Kantor Layanan UM, BRI Kantor Kas UM, ATM BNI BRI dan BTN, gedung pertemuan (Sasana Krida, Sasana Budaya, Graha Cakrawala), kantin.

Kantor Pos, Kegiatan Keluarga Mahasiswa Hindu Dharma, Kegiatan Warga (Katolik dan Protestan), Pengembangan Kehidupan Agama, Masjid Al-Hikmah.

Poliklinik, sarana kesenian, sarana olahraga, sarana transportasi, tempat parkir dan lalu-lintas kampus, koperasi mahasiswa, toko dan koperasi, hotspot, dan wisma tamu (Guest House).

Jurusan tata busana untuk sekarang ini banyak diincar oleh kaum muda sekarang, karena dunia fashion saat ini sangat berkembang dan memiliki prospek yang sangat bagus kedepannya. 

Selain prospeknya yang bagus universitas jurusan tata busana di Jawa Timur juga dapat menyalurkan hobi menggambar dan mendesain sesuai kreatifitas kalian.

Walau menjadi fashion desainer dapat dipelajari secara otodidak, perlu juga untuk mendapatkan pendidikan khusus yang bisa menjadi seorang profesional yang mempunyai bakat dan minat di dunia fashion yang terarah. 

Jurusan S1 Pendidikan Tata Busana Universitas Negeri Malang memiliki visi “Mewujudkan Program Studi S1 Pendidikan Tata Busana yang unggul dan menjadi rujukan dalam penyelenggaraan pendidikan teknologi dan vokasional bidang Pendidikan Tata Busana ”.

Peluang kerja lulusan universitas jurusan tata busana di Jawa Timur adalah sebagai Fashion IllustratorFashion StylistSpecialist Costume Designer for Music VideosMovie, TV, dan Theatre Fashion Journalist serta Blogger Entrepreneur.

Tata Busana belajar ilmu kependidikan dan tata busana. Mata kuliah pada semester awal merupakan persiapan penjurusan di semester berikutnya. Penjurusan tata busana mencakup Butik, Desain, Kriya, dan Tata Rias. 

Selama kuliah banyak tugas praktik yang harus dikerjakan, seperti menjahit pakaian dengan pola tertentu, disamping menulis makalah maupun presentasi. Sebagai calon guru, mahasiswa Pendidikan Tata Busana juga melakukan observasi ke sekolah.

Sebagai jurusan kependidikan, Pendidikan Tata Busana memang meluluskan para calon guru SMK. Namun kuliah di jurusan ini juga membekalimu dengan skills yang dibutuhkan untuk berkiprah di bidang industri tata busana. 

Dari sisi permintaan pasar dan kreativitas, industri tata busana menawarkan peluang yang tak ada habisnya. 

Jika tak mengajar di SMK, alumni Pendidikan Tata Busana dapat membuka kursus, menjadi desainer pakaian, berprofesi sebagai stylist, atau menjadi bagian dari tim wardrobe di stasiun televisi.

Demikianlah teman-teman pembahasan kita hari ini tentang jurusan tata busana di universitas negeri malang, semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ke teman-teman yang lain ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *