Ilmu Komunikasi UI Daya Tampung Tahun 2023

Ilmu Komunikasi UI Daya Tampung

Ilmu Komunikasi UI Daya Tampung – Banyak yang beranggapan jika jurusan ilmu komunikasi hanya cocok untuk orang yang suka berbicara dan memiliki kemampuan publik speaking yang bagus yang bisa kuliah jurusan ini. 

Padahal orang yang pendiam atau yang dikenal dengan introvert juga bisa mengambil jurusan ilmu komunikasi UI. Kenapa orang yang pendiam dan kurang mahir berbicara didepan umum bisa mengambil jurusan ini? 

Kok bisa sih orang yang introvert juga bisa berkarir di bidang ini? Kamu yang pemalu dan kurang berani berbicara didepan umum juga bisa loh mengambil jurusan ini. Gimana apakah kamu tertarik untuk mengambil jurusan Ilmu Komunikasi ini?

Ilmu Komunikasi UI Daya Tampung

Saat ini banyak kampus dan perguruan tinggi di Indonesia yang menyelenggarakan jurusan ilmu komunikasi. Salah satu kampus yang menyelenggarakan jurusan ini yaitu Universitas Indonesia atau disingkat UI. 

Buat kamu yang ingin mengambil jurusan ilmu komunikasi UI penting sekali untuk mengetahui berapa daya tampung yang ada di universitas ini. Mengingat UI adalah salah satu kampus terfavorit yang ada di Indonesia.

Dengan mengetahui jumlah daya tampung dan passing grade agar dapat diterima di jurusan ini kamu bisa mempersiapkan diri dengan maksimal agar lolos tahap seleksi penerimaan mahasiswa baru.

Kali ini kami akan memberikan informasi tentang ilmu komunikasi UI daya tampung dan passing grade yang harus kamu capai agar diterima di kampus bergengsi ini. Yuk simak ulasan di bawah ini. 

Ilmu Komunikasi UI 

Departemen Ilmu Komunikasi UI bertujuan untuk menghasilkan lulusan berkualitas tinggi yang akan berkiprah sebagai tenaga profesional dan beretika moral dalam bidang ilmu dan praktek komunikasi, baik dalam kancah nasional maupun internasional. 

Dalam program Sarjana Ilmu Komunikasi, mahasiswa akan diarahkan pada 5 peminatan peminatan yang mencakup secara khusus bidang Jurnalisme, Komunikasi Media, Hubungan Masyarakat, dan Periklanan serta industri kreatif penyiaran. 

Pada kelima jenis peminatan yang ada dapat dilihat jika semua nya berfungsi sebagai salah satu media untuk menyampaikan pesan.

Penyampaian pesan tidak harus dilakukan secara lisan namun bisa menggunakan media lainnya seperti media cetak dan itu bisa disampaikan melalui bidang jurnalisme, periklanan dan bidang lainnya.

Selain program sarjana reguler, Departemen Ilmu Komunikasi UI juga menyelenggarakan pendidikan untuk program sarjana non reguler (paralel) dan kelas khusus internasional.

Ilmu Komunikasi kelas Internasional merupakan program  joint degree, yang menawarkan pengalaman belajar yang unik dengan menyelenggarakan program pendidikan yang melibatkan proses belajar  lintas negara. 

Kamu belajar tidak hanya di dalam negeri saja namun juga universitas di beberapa negara yang telah bekerja sama dengan Universitas Indonesia. 

Untuk kelas internasional kurikulum yang digunakan terbagi menjadi dua bagian yaitu bagian pertama kurikulum akan diadakan di Universitas Indonesia (72 sks) dalam 2 tahun. 

Bagian kedua akan diadakan di salah satu mitra universitas (Australia) dalam 1,5 – 2 tahun. Semua perkuliahan, mahasiswa, tugas, dan ujian dilakukan dalam bahasa Inggris.

Lulusan ilmu komunikasi UI yang mengambil kelas internasional akan memperoleh dua gelar:

  1. Sarjana Sosial (S.Sos.) dari Universitas Indonesia
  2. Sarjana Seni (BA)/ Sarjana Komunikasi (B.Commun./ B.Comm.)/ Sarjana Seni Kreatif dari Universitas mitra

Ilmu Komunikasi UI  Passing Grade

Universitas Indonesia merupakan salah satu perguruan tinggi yang banyak diminati oleh para calon mahasiswa. Hal ini dapat dilihat dari jumlah calon mahasiswa baru yang mendaftar pada jalur SNMPTN sebanyak 17.000 sedangkan pada jalur SBMPTN sekitar 55.000 orang.

Ilmu komunikasi UI daya tampung dan passing grade pada tahun ini yaitu  52.3 %. Dengan nilai rata rata UNBK yang harus kamu capai minimal atau paling rendah sekitar 630. Nilai tertinggi yang diterima di kampus ini tahun lalu sekitar 750 poin. 

Perlu kamu ketahui peminat jurusan ilmu komunikasi UI daya tampungnya sebanyak 20 % dengan jumlah peminat mencapai 630 an calon mahasiswa baru.

Peluang kamu untuk diterima di sini 1 berbanding 31. Agar dapat diterima di kampus ini kamu harus mempersiapkan diri dengan sebaik baiknya belajar yang tekun dan sungguh sungguh.

Nah demikianlah artikel ini tentang Ilmu Komunikasi UI daya tampung. Semoga artikel ini dapat membantu kamu yang ingin kuliah jurusan ilmu komunikasi. Terima kasih telah singgah 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *