Teknik Lingkungan UNRI 2023

Teknik Lingkungan UNRI

Teknik lingkungan unri- Universitas Riau, disingkat UNRI, adalah perguruan tinggi negeri di Pekanbaru, Indonesia, yang berdiri pada 1 Oktober 1962 dan memiliki 2 kampus utama yang bertempat di Kampus Bina Widya Jalan HR.

Universitas Riau didirikan dari keinginan dan cita-cita bersama antara masyarakat dan pemerintah daerah Riau. Keinginan ini diwujudkan dengan membentuk Panitia Persiapan Perguruan Tinggi Riau (P3TR) di Tanjung Pinang.

Namun, setelah ibukota provinsi Riau pindah ke Pekanbaru, maka Panitia ini dipindahkan ke kota ini. Pelopor dari pendirian perguruan tinggi tersebut ialah Kolonel Kaharuddin Nasution, Datuk Wan Abdurrahman, Soesman Hs. dan Drs. Sutan Balia.

UNRI ada banyak program studi dari D3 sampai ke program spesialis. Salah satu program studi yang ada di UNRI adalah teknik lingkungan.

Jurusan Teknik Lingkungan adalah bidang ilmu yang mempelajari berbagai permasalahan lingkungan dan solusinya seperti konservasi sumber daya air, pengelolaan lingkungan, pengendalian pencemaran akibat limbah dan lainnya.

Contoh permasalahan lingkungan yang sering kita temui saat ini misalnya pencemaran udara dan air di area industri, kurangnya akses air bersih di pemukiman padat penduduk, atau timbunan sampah yang tidak tertangani dengan baik.

Selain belajar untuk mengatasi permasalah tersebut , kamu juga belajar memprediksi masalah lingkungan yang berpotensi timbul di masa depan, dan berupaya untuk melakukan usaha pencegahannya.

Kamu yang ingin berkuliah di jurusan ini juga akan diarahkan untuk bisa menyelesaikan masalah lingkungan dengan memanfaatkan teknologi untuk mempermudah kerja manusia, dan meminimalisir human error.

Teknik lingkungan unri akreditasi

Jurusan teknik lingkungan mengajarkan para mahasiswanya dalam menciptakan lingkungan yang sehat serta bebas penyakit dengan memanfaatkan teknologi.

Lingkup pembelajaran dari jurusan ini juga sangat luas, termasuk diantaranya adalah cara konservasi sumber daya air, pengendalian pencemaran, pengelolaan kesehatan lingkungan atau sistem drainase.

Akreditasi merupakan sistem penjaminan mutu eksternal sebagai bagian dari sistem penjaminan mutu pendidikan tinggi,

Yang bertujuan untuk menentukan kelayakan program studi dan perguruan tinggi berdasarkan kriteria yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi;

Dan menjamin mutu program studi dan perguruan tinggi secara eksternal baik bidang akademik maupun non akademik untuk melindungi kepentingan mahasiswa dan masyarakat.

Akreditasi yang diterapkan di perguruan tinggi dilakukan oleh BAN-PT, sementara akreditasi program studi dilakukan oleh Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM). Jika LAM belum terbentuk, maka akreditasi dilakukan oleh BAN-PT.

Adapun peringkat Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi dibagi tiga, yaitu Baik, Baik Sekali, dan Unggul. Peringkat akreditasi yang telah diberikan dapat ditinjau kembali oleh BAN-PT sebelum jangka waktu akreditasi berakhir, apabila terdapat penurunan mutu.

Penurunan mutu tersebut seperti menurunya jumlah pendaftar atau lulusan dari program studi selama 5 tahun berturut-turut, berdasarkan data PDDikti.

Program Studi Sarjana Teknik Lingkungan (PSTL)  merupakan salah satu Program studi di lingkungan Fakultas Teknik Universitas Riau.  Program Studi  berdiri pada tahun 2009 berdasarkan SK  Dirjen Dikti No. 973/D/T/2009 pada tanggal 18 Juni 2009.

Program pertama kali terakreditasi pada tahun 2012 dengan nilai C. Jumlah dosen tetap baru mencapai 10 orang.

Selanjutnya PSTL mengusulkan akreditasi pada tahun 2017 dan memperoleh Akreditasi B pada tanggal 27 Desember 2017, sesuai dengan sertifikat BAN-PT No. 5126/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2017 dengan nilai 345.

Demikianlah teman-teman pembahasan kita hari ini tentang teknik lingkungan unri, semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ke teman-teman yang lain ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *