Tentang Mata Kuliah Teknik Fisika UGM

Mata Kuliah Teknik Fisika UGM

Mata Kuliah Teknik Fisika UGM mendapatkan akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Akreditasi berlaku sejak 24 Juli 2018 hingga 24 Juli 2023.

Selain itu, Teknik Fisika juga mendapatkan akreditasi Internasional dari Indonesian Accreditation Board for Engineering Education (IABEE).

Dibalik kerumitan rumus dan angka yang lekat dengan Fisika, pasti banyak dari Kalian semua yang menjadikan ilmu ini sebagai mata pelajaran favorit selama sekolah.

Fisika merupakan bidang ilmu yang fokus mempelajari gejala alam tidak hidup (materi) dalam lingkup ruang dan waktu.

Mulai dari menelusuri dasar-dasar hukum alam partikel submikroskopis yang membentuk materi hingga perilaku materi alam semesta sebagai satu kesatuan kosmos.

Selain itu, Kalian juga bakal belajar fisika secara fundamental dan modern seperti dinamika, gaya elektromagnetik, mekanika kuantum, termodinamika, dan sebagainya.

Pengetahuan dan Keahlian untuk Mata Kuliah Teknik Fisika UGM

  • Kemampuan riset
  • Kemampuan melakukan analisis
  • Kemampuan berpikir rasional
  • Kemampuan berpikir terstruktur
  • Kemampuan problem solving
  • Pemahaman matematika
  • Detil, Tetiti, Tekun

Keuntungan yang diperoleh dari Mata Kuliah Teknik Fisika UGM

  • Fresh graduate dari jurusan Mata Kuliah Teknik Fisika UGM berpeluang untuk masuk ke industri perminyakan dan pertambangan, kemudian memulai karier sebagai seorang field engineer.
  • Kemampuan meneliti yang dimiliki oleh lulusan Mata Kuliah Teknik Fisika UGM tidak perlu diragukan lagi, sehingga perusahaan dan instansi pemerintah sama-sama membutuhkan untuk memperkuat divisi research and development.
  • Lulusan Mata Kuliah Teknik Fisika UGM berpeluang untuk dapat hak paten dari alat-alat yang diciptakan.
  • Bidang Teknologi Informasi juga bisa tidak lepas dari Fisika, jadi lulusannya pun bisa bekerja sebagai software developer maupun analis data sains di berbagai perusahaan.
  • Mata Kuliah Teknik Fisika UGM salah satu jurusan yang mempelajari fisika dan teknologi.

Berbekal ilmu dan keterampilan yang diperoleh semasa kuliah, ternyata bidang pekerjaan lulusan Fisika tidak terbatas aktivitas penelitian.

Lulusan Mata Kuliah Teknik Fisika UGM memiliki peluang karier yang cukup menjanjikan, ditambah semakin bervariasinya jenis dan jenjang karier yang ditawarkan.

Kalian bisa mulai meniti karier di perminyakan dan pertambangan menjadi teknisi tambang, minyak, dan material.

Secara umum, rata-rata gaji awal lulusan Fisika di bidang ini berada pada kisaran Rp4.500.000 dengan mempertimbangkan kemampuan, area tempat bekerja, tingkatan yang dimasuki, dan pengalaman yang dimiliki.

Akreditasi Program Studi S2 Teknik Fisika UGM

Berdasarkan SK No. 457/SK/BAN-PT/Akred/M/II/2018 Program Mata Kuliah S2 Teknik Fisika Ugm telah terakreditasi B berlaku sampai tanggal 13 Februari 2023.

Nah itulah informasi mengenai Mata Kuliah Teknik Fisika UGM, semoga informasi yang kami bagikan ini bermanfaat dan kami ucapkan terima kasih telah membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *