Jurusan Kesehatan Masyarakat di UNAND 2023

Jurusan Kesehatan Masyarakat di UNAND

Jurusan Kesehatan Masyarakat di UNAND – Kesehatan masyarakat merupakan lmu dan seni memelihara, melindungi, dan meningkatkan kesehatan masyarakat melalui usaha-usaha pengorganisasian medis dan perawatan masyarakat. 

Jurusan Kesehatan Masyarakat di UNAND

Program studi ini merupakan gabungan antara ilmu medis dan ilmu sosial. Mahasiswa jurusan ini akan mempelajari bagaimana hubungan antara masyarakat dengan kesehatan. Selain itu, mereka juga akan belajar tentang ilmu gizi, administrasi kebijakan kesehatan, serta penyuluhan kesehatan.

Jurusan Kesehatan Masyarakat di Unand telah berdiri selama 21 tahun. Ibarat remaja, sekarang fakultas ini sedang dalam masa perkembangan. 

Salah satu bentuk usaha pengembangan yang dilakukan adalah menjadi tuan rumah konferensi internasional, Andalas International Public Health Conference (AIPHC) 2017 yang juga bersamaan dengan pelaksanaan Musyawarah Nasional Ke-5 Perhimpunan Sarjana Kesehatan Masyarakat Indonesia (Persakmi) pada awal September lalu 

Bagian Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) pertama kali berdiri di FK UNAND pada tahun 1967 dengan kepala bagiannya yang pertama adalah dr. Hari Purnomo, dan dibantu oleh 2 orang staf yaitu dr. Bastian Manalu dan dr. Sabaruddin Abbas. Kemudian masuk dr. Zulkarnain Agus dan dr. Faisal R. Djamal.

Guru Besar pertama bagian Ilmu Kesehatan Masyarakat FK UNAND adalah Prof. Dr. Sabaruddin Abbas, MPH, kemudian diikuti oleh Prof. Dr. Faisal R. Djamal, MPH dan pada tahun 2010 dikukuhkan lagi seorang Guru Besar di Bagian IKM yaitu Prof. Dr. dr. Rizanda Machmud, MKes.

Saat ini staf pengajar Bagian IKM terdiri dari 11 orang.

  • Guru Besar Bagian Jurusan Kesehatan Masyarakat yaitu Prof. Dr. dr. Rizanda Machmud, MKes.
  • Satu orang dosen gelar doktor yaitu: Dr. dr. Rosfita Rasyid, MKes yang merupakan lulusan Pascasarjana Universitas Indonesia, bergabung di bagian IKM tahun 2011.
  • Sementara itu ada 5 orang staf IKM yang sedang dalam pendidikan S3 di dalam dan luar negeri, yaitu dr. Edison, MPH (UNAND), dr. Yuniar Lestari, MKes (UNAND), dr. Rima Semiarty, MARS (UNAND), dr. Firdawati, MKes (UKM, Malaysia), dr. Husna Yetti (Jepang).
  • Dua orang staf IKM sedang dalam pendidikan S2, yaitu dr. Ida R. Burhan ( UNAND ), dr. Nelmi Silvia (FK UI).
  • Satu orang staf baru masuk bagian IKM tahun 2011 yaitu Abdiana, SKM, M.Epid.
  • Satu orang dosen luar biasa gelar doktor yaitu : Dr. dr. Hafni Bachtiar, MPH yang merupakan lulusan Pascasarjana Unair

Kegiatan Pendidikan di Bagian Jurusan Kesehatan Masyarakat di Unand untuk tahap pre klinik saat ini sudah tersebar dan terintegrasi ke dalam 21 blok, sedangkan kegiatan pendidikan untuk mahasiswa tahap klinik (profesi), bagian IKM melaksanakan kegiatan preceptor ship selama 4 minggu di kampus dan di luar kampus. 

Proses pendidikan di luar kampus dilaksanakan di 4 puskesmas di Kota Padang yaitu Puskesmas Andalas, Puskesmas Pauh, Puskesmas Ambacang Kuranji dan Puskesmas Lubuk Kilangan. 

Selain melaksanakan proses belajar tentang manajemen pelayanan kesehatan, mahasiswa di puskesmas juga terlibat dalam pelaksanaan program Puskesmas serta melakukan perencanaan pemecahan masalah yang ditemukan di puskesmas sebagai bentuk pengalaman belajar. 

Di samping itu ada juga praktek hiperkes yang dilakukan di PT Semen Padang. Bagian Jurusan Kesehatan Masyarakat di unand dan staf IKM juga bermitra dengan institusi lain seperti:

  • Dinas Kesehatan Propinsi Sumatera Barat dalam hal penelitian, pengabdian masyarakat dan perencanaan bidang kesehatan
  • Dinkes Padang dalam penelitian, pengabdian masyarakat dan evaluasi Indikator Padang Sehat
  • Kerjasama dengan Pemda Pasaman dalam penyusunan Grand Design bidang Kesehatan
  • Kerjasama penelitian dengan FK UGM
  • Anggota Badan Kerjasama IKM/IKP/IKK Fakultas kedokteran se Indonesia

Sarjana Jurusan Kesehatan Masyarakat di unand memperoleh gelar (S.K.M). Prospek kerja jurusan kesehatan masyarakat tidak hanya di sektor fasilitas pelayanan kesehatan seperti puskesmas. 

Lulusannya juga dapat berkarir di Instansi Pemerintahan dan Perusahaan, Lembaga kesehatan, K3 Perusahaan, Peneliti kesehatan, Konsultan Kesehatan, Penyuluh Kesehatan, Social Worker, Ahli Gizi, Pengendali Mutu Produk dan Kesehatan, Research and Development, Tenaga Pendidik, dan Wiraswasta.

Demikianlah pembahasan tentang Jurusan Kesehatan Masyarakat di Unand. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan kamu mengenai salah satu kampus terbaik di Kota Padang ini. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *