Jurusan Kesehatan Lingkungan Di Jogja Paling Terkenal 2023

Jurusan Kesehatan Lingkungan Di Jogja

Jurusan Kesehatan Lingkungan di Jogja yang sangat populer salah satunya adalah jurusan kesehatan lingkungan yang ada di Poltekkes Kemenkes Yogyakarta atau yang biasa dikenal dengan Polkesyo.

Jurusan Kesehatan Lingkungan Di Jogja

Pada tahun 2001, Pemerintah mengeluarkan kebijakan tentang “perampingan organisasi”, maka melalui SK Menkes-Kessos No.: 298/Menkes-Kessos/SK/IV/2001 tanggal 16 April 2001, maka keenam akademi kesehatan yang ada di Yogyakarta dilebur menjadi satu.

Organisasi ini dibagi dalam bentuk Politeknik Kesehatan dengan nama Politeknik Kesehatan Departemen Kesehatan Yogyakarta, atau disingkat Poltekkes Depkes Yogyakarta. 

Kedudukan akademi tersebut di dalam Politeknik Kesehatan menjadi jurusan, sehingga Politeknik Kesehatan Lingkungan Di Jogja terdiri dari 6 (enam) jurusan, yaitu: 

  1. Jurusan Analis Kesehatan; 
  2. Jurusan Gizi; 
  3. Jurusan Kebidanan; 
  4. Jurusan Keperawatan; 
  5. Jurusan Keperawatan Gigi; dan 
  6. Jurusan Kesehatan Lingkungan. 

Setiap Jurusan di Poltekkes Depkes Yogyakarta terdiri dari Program Studi Diploma Tiga, Program Studi Diploma Empat atau Sarjana Terapan .

Seiring perubahan nomenklatur Departemen menjadi Kementerian pada tahun 2010, maka Politeknik Kesehatan Depkes Yogyakarta berubah nama menjadi Politeknik Kesehatan Kemenkes Yogyakarta, atau disingkat Poltekkes Kemenkes Yogyakarta atau Polkesyo. 

Dalam rangka meningkatkan kinerja pelayanan pada semua bidang, maka Poltekkes Kemenkes Yogyakarta menerapkan Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PK-BLU). 

Pengelolaan keuangan BLU Poltekkes Kemenkes Yogyakarta berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan RI No.: 417/KMK.05/2011 tanggal 12 Desember 2011 tentang Penetapan Politeknik Kesehatan Yogyakarta pada Kementerian Kesehatan sebagai Instansi Pemerintah.

Poltekkes ini menerapkan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum. Poltekkes Kemenkes Yogyakarta terhitung mulai Januari 2012 diberikan keleluasaan dalam mengelola keuangan secara mandiri. 

Dengan adanya pengelolaan keuangan BLU diharapkan agar Poltekkes Kemenkes Yogyakarta dapat menyelenggarakan pelayanan pendidikan yang lebih baik.

Pada tahun 2019 berdasarkan Surat Keputusan Kepmenristekdikti RI No. 597/KPT/I/2019 tanggal 18 Juli 2019 berisi perubahan nama Program Studi pada Politeknik Kesehatan Yogyakarta di Kabupaten Sleman yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan.

Surat Keputusan Kepmenristekdikti RI No. 718/KPT/I/2019 tanggal 19 Agustus 2019 berisi perubahan nama Program Studi Kesehatan Lingkungan Program Diploma Empat menjadi : 

Program Studi Sanitasi Lingkungan, Program Sarjana Terapan pada Politeknik Kesehatan Yogyakarta di Kabupaten Sleman yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan.

Poltekkes Kemenkes Yogyakarta melakukan upaya-upaya pengembangan keilmuan melalui pengembangan prodi baru sehingga pada tahun 2020 Polkesyo memperoleh ijin baru Prodi RMIK.

Jurusan Kesehatan Lingkungan, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta merupakan salah satu perguruan tinggi kesehatan di Kabupaten Sleman. 

Poltekes ini menyediakan pendidikan tingkat diploma D3, D4 serta S1-sarjana di bidang kesehatan, kebidanan, profesi ners, keperawatan, kebidanan, farmasi dan ahli gizi / nutrisi (konfirmasi melalui kontak telepon).

Jurusan Kesehatan Lingkungan, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta memiliki staf pengajar dosen yang kompeten pada bidangnya sehingga berkualitas dan menjadi salah satu yang terbaik di Kabupaten Sleman. 

Jurusan Kesehatan Lingkungan, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta juga memiliki organisasi kampus untuk mendukung minat mahasiswanya baik BEM, Himpunan, dan unit kegiatan mahasiswa (UKM).

Poltekkes ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas kampus seperti kelas nyaman berAC, laboratorium pendukung pendidikan dan lainnya. 

Kesehatan Lingkungan ini merupakan salah satu jurusan yang ada di Polkesyo terbaru dan sudah aktif dengan rasio jumlah dosen mengajar sebanyak 23 orang. 

Jika dilihat berdasarkan status NIDN dan NIDK, dosen yang memiliki status NIDN berjumlah sebanyak 11 orang sementara untuk dosen yang mengajar dengan status NIDK belum ada yang terdaftar. 

Sementara itu, berdasarkan database mahasiswa yang memilih jurusan kesehatan lingkungan ini berjumlah sebanyak 273 orang. 

Jika kita rasiokan antara jumlah dosen yang mengajar dengan jumlah mahasiswa jurusan kesehatan lingkungan ini, maka akan diperoleh rasio sebesar 1 : 11.87 untuk perbandingan jumlah dosen yang mengajar dengan jumlah mahasiswa. 

Jurusan kesehatan lingkungan yang ada di politeknik kesehatan kemenkes Yogyakarta ini, memiliki status tingkat pendidikan untuk jenjang D4. 

Bagi kamu yang berminat dengan jurusan kesehatan lingkungan di Polkesyo ini, maka ini adalah salah satu pilihan terbaik yang dapat menghantarkan kamu menuju impian terbaikmu.

Demikianlah informasi menarik kali ini mengenai Jurusan Kesehatan Lingkungan Di Jogja. Semoga bermanfaat dan menginspirasi. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *