S2 Teknik Elektro UNAND

S2 Teknik Elektro UNAND

S2 Teknik Elektro UNAND – Departemen Teknik Elektro Universitas Andalas (UNAND) merupakan hasil pengembangan jurusan yang telah ada di Fakultas Teknik Universitas. Rencana pembukaan Program Studi Sarjana Teknik Elektro mulai disusun sejak tahun 1991.

Penerimaan mahasiswa pertama kali dilakukan pada tahun akademik 1994/1995 di bawah jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Andalas.

Lalu, mulai tahun akademik 2000/2001, program studi Sarjana Teknik Elektro sudah dapat melakukan penerimaan mahasiswa baru langsung baik melalui jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UMPTN) maupun Penelusuran Minat dan Bakat (PMKD).

Departemen Teknik Elektro awalnya berlokasi di kampus Air Tawar. Lalu pada pertengahan tahun 2000, aktivitas akademik mulai berpindah ke kampus baru Universitas Andalas di Limau Manis.

Kampus ini dilengkapi dengan peralatan laboratorium, teaching aids, buku perpustakaan melalui program EEDP. Selain itu juga terdapat bantuan peralatan praktikum dan penelitian dari HEDS-JICA.

Pada tahun 2002, Laboratorium Sentral Telepon Otomat (STO) , yang merupakan hibah PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk diresmikan oleh Gubernur Provinsi Sumatera Barat.

Kurikulum pertama yang digunakan oleh Program Studi Sarjana Teknik Elektro adalah kurikulum tahun 1994. Kurikulum ini berbasis bidang studi teknik tenaga listrik namun juga diperkuat dengan beberapa mata kuliah dalam bidang studi teknik kendali dan elektronika.

Pada tahun 2002 dilakukan evaluasi dan pengembangan kurikulum. Pada kurikulum tahun 2002 ini, Jurusan Teknik Elektro Universitas Andalas dikembangkan menjadi dua bidang studi yaitu Teknik Tenaga Listrik (TTL) dan Elektronika dan Telekomunikasi (ELKOM).

Pengembangan kurikulum berikutnya pada tahun 2016, Program Studi  Teknik Elektro telah memiliki tiga bidang peminatan yaitu Teknik Tenaga Listrik, Telekomunikasi dan Kendali.

Lalu pada kurikulum 2016 tersebut Program Studi Sarjana Teknik Elektro telah menerapkan outcome base education. Kurikulum 2016 telah diperbaharui kembali pada tahun 2020.

Mulai tahun 2011, Departemen Teknik Elektro Unand telah membuka program studi baru, yaitu Program Studi Magister Teknik Elektro Universitas Andalas. Lalu, pada tahun 2022 Program Studi Doktor Teknik Elektro Universitas Andalas juga resmi menerima mahasiswa baru pertama kali.

Lulusan Program Studi S2 Teknik Elektro Unand akan memiliki kompetensi sebagai berikut.

  • Bidang TTE : Mampu mengidentifikasi, merumuskan dan memecahkan masalah-masalah dalam bidang pembangkitan, penyaluran, pendistribusian dan pemakaian energi elektrik.
  • Bidang TTM : Mampu memahami dan memecahkan persoalan-persoalan teknik telekomunikasi dan multimedia secara teknis dan mengimplementasikannya.
  • Bidang SI : Mampu melakukan rekayasa untuk membangun Sistem Informasi berbasis komputer pada manajemen bisnis dan kelistrikan serta mengimplementasikannya dengan menggunakan metode, teknik dan alat bantu dan dokumentasinya.

Program Studi s2 Teknik Elektro Unand berdiri sejak 2011. Program S2 Teknik Elektro UNAND ini didirikan pertama kali sebagai hasil kerjasama antara Universitas Andalas dengan Institut Teknologi Bandung.

Program studi S2 Teknik Elektro Unand menawarkan dua jalur penyelesaian studi yaitu jalur perkuliahan dan jalur penelitian. Setiap jalur tetap mengharuskan pengambilan mata kuliah dan pelaksanaan penelitian. Perbedaannya terletak pada proporsi jumlah sks perkuliahan dan penelitian masing-masing jalur.

Setiap jalur memiliki mata kuliah dan struktur kurikulum yang berbeda dengan Total jumlah sks minimal yang harus diselesaikan mahasiswa sama sebanyak 36 sks. Struktur mata kuliah tersebut dirancang untuk dapat diselesaikan oleh mahasiswa dalam 4 semester atau 2 tahun.

Itulah pembahasan tentang S2 Teknik Elektro UNAND. Semoga kamu semua diterima kuliah di salah satu kampus terbaik di Sumatera Barat ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *