Biomedik Dasar Adalah Cabang Ilmu Keperawatan

Biomedik Dasar Adalah

Ilmu biomedik dasar adalah cabang dari ilmu keperawatan.

Cabang dari ilmu keperawatan ini diketahui bahwa menggunakan asas-asas pengetahuan dasar serta pengetahuan alam.

Asas-asas ini diketahui meliputi anatomi fisiologi, biologi, kimia, dan fisika yang digunakan  untuk menjelaskan fenomena hidup pada tingkat molekul, sel, maupun organ tubuh secara utuh.

Ilmu biomedik dasar merupakan landasan bekal dalam melaksanakan proses keperawatan. Hal ini berkaitan dengan letak, struktur, fungsi, serta cara kerja seluruh sistem tubuh yang menjelaskan perjalanan penyakit atau masalah keperawatan yang dihadapi klien.

Buku Ilmu biomedik dasar untuk mahasiswa Keperawatan ini mengikuti arahan kurikulum terbaru tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).

Materi untuk ilmu biomedik dasar ini biasanya terdiri atas struktur, komponen tubuh manusia, perkembangan, serta fungsi tubuh manusia, meliputi nutrisi, enzim, oksidasi biologi, metabolisme karbohidrat, metabolisme lipid, metabolisme asam amino dan purin pirimidin.

Ilmu biomedik dasar adalah ilmu yang berfokus pada kesehatan dan kesejahteraan manusia yang mencakup keseluruhan bidang ilmu kesehatan seperti anatomi, fisiologi, biologi, patologi, fisika dan kimia seperti yang telah disampaikan sebelumnya.

Hal ini memiliki tujuan untuk dapat menjelaskan kehidupan dan pengorganisasian manusia mulai dari tingkat sel, jaringan, organ dan sistem berfungsi dalam tubuh.

Fokus dari ilmu biomedik dasar ini sangat sesuai dengan materi pembelajaran bidang ilmu kesehatan sehingga dapat membantu dan mendukung mahasiswa kesehatan dalam memahami pembelajaran di kelas.

Salah satu sekolah yang diadakan khusus untuk ilmu biomedik dasar ini adalah Program  Studi Magister Ilmu Biomedik berdiri  pada  tahun 1999 melalui SK Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No 247/DIKTI/Kep/1999.

Program studi ini sejak tanggal  24 Mei 1999 dan sampai saat ini telah menginjak 16 tahun, dengan usia  yang  sudah 16 tahun para pengguna lulusan mengharapkan Program Studi Magister Ilmu Biomedik Universitas Udayana memiliki kompetensi.

Demikianlah informasi menarik kali ini mengenai Biomedik Dasar Adalah Cabang Ilmu Keperawatan. Semoga bermanfaat dan menginspirasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *