Beberapa Tips Kuliah Sambil Mondok di Jogja yang Bisa di Lakukan

Kuliah Sambil Mondok di Jogja

Akreditasi.org, Kuliah sambil mondok di Jogja, hallo buat kalian semua mahasiswa di Jogja bagaimana keadaan kalian, apa sedang baik – baik saja ? 

Kali ini kami akan berbagi tips kepada kalian yang kuliah sambil mondok di Jogja agar bisa balance antara duniawi dan akhirat.

Kuliah merupakan tingkat paling tinggi dalam dunia pendidikan di Indonesia ini, bagi kalian mahasiswa Jogya yang sedang kuliah sambil mondok di Jogja kami ucapkan selamat kalian orang terpilih yang hebat dalam Manajemen waktu.

Banyak mahasiswa yang kuliah sambil mondok di Jogja, dikutip dari jogja.tribunnews.com ada sekitar 400 mahasiswa yang kuliah sambil mondok di Jogja di pesantren Al-Luqmaniyyah. Dari kutipan di atas bahwa kuliah sambil mondok di Jogja tidak mengganggu aktivitas kuliah nya.

Jadi bagi mahasiswa Jogja lain yang saat ini ingin kuliah sambil mondok, kami akan berbagi tips biar kuliah sambil mondok di Jogja bisa berjalan, kebanyakan mahasiwa tinggal dikos kalau mereka kuliah.

Kalian bisa kuliah sambil mondok di Jogja asalkan kalian bisa membagi waktu. Jika pada umumnya mahasiswa tinggal dikos, kalian juga bisa memilih pesantren untuk tempat tinggal. Jadi kalian bisa kuliah sambil mondok di Jogja

Berikut tips kuliah sambil mondok di Jogja :

1.Bulatkan tekad dan fokus pada tujuan

Kalian  harus memahami betul alasan mengapa kalian harus melakukan dua aktivitas di waktu yang bersamaan karena inilah yang akan membawa kalian pada niat atau tujuan utama kalian berada di pesantren tetapi juga melakukan aktivitas menuntut ilmu di bangku perkuliahan.

Membagi waktu dan menjadi seeftif mungkin bukanlah sesuatu yang mudah. Lo, terkadang banyak orang yang terjebak di antara dua pilihan tersebut, sewaktu – waktu akan timbul pertanyaan dari hati kalian pilih mondok atu kuliah? 

Dengan fokus kalian pada tujuan dan tekad maka kalian kan bisa mengatasi. Kalian harus tahu tujuan kalian itu apa, jika waktunya kuliah kalian harus kuliah, jangan kalian fokuskan kan pula mondok.

Kalian ada tanggung jawab kepada orang tua untuk menyelesaikan kuliah, mondok itu merupakan ilmu tambahan, jadi kalian harus bisa memilah dan memilih mana yang tujuan dan mana yang di utamakan.

Kalian harus ingat kedua orang tua dirumah yang menginginkan anaknya agar menjadi orang yang lebih baik dan bermanfaat untuk diri sendiri, keluarga dan bermasyarakat.

2. Pandai memanejemen waktu

Atur waktu tidur kalian  dengan baik jangan terlalu sering begadang agar ketika kalian kuliah tidak mengantuk dan dapat menerima materi kuliah dengan baik.

Pembagian waktu untuk menjalankan aktivitas di pondok pesantren dan dalam waktu mengerjakan tugas kuliah agar kuliah dan mondok bisa seimbang tidak berat sebelah sehingga target dapat tercapai dalam waktu yang bersamaan. 

Kalian harus pandai membagi waktu, ada tugas kuliah dahulukan tugas kuliah, karena tujuan utama kalian adalah kuliah ke Jogja.  jika diwaktu senggang maka belajar lakukan tugas mondok kalian.

3. Buat planning hidup dalam bentuk catatan

Ketika kalian akan memasuki bangku perkuliahan, maka buatlah rencana hidup kalian selama beberapa tahun kedepan, agar hidup lebih terarah dan bisa fokus arah mana yang akan kalian ambil selanjutnya.

Kalian juga bisa buat list rencana kalian setelah menyelesaikan kuliah sambil mondok di Jogja, dengan demikan kalan akan balance dalam kehidupan kalian nantinya.

4. Harus kuat dan untuk mengikuti peraturan yang berlaku

Namanya menuntut ilmu tanpa ada aturan itu mustahil, kalain harus siap dengan aturan yang berlaku, contoh nya seperti ini kalian ingin ikut organisasi diluar, ada beberapa pondok pesantren melarang hal sedemikian dan ada juga yang di memperbolehkan.

Jika kalian sangat ingin berorganisasi, kalian bisa memilih organisasi yang kegiatannya lebih fleksibel dan bisa dilakukan ketika waktu libur di pesantren tiba ataupun kalian bisa memilih komunitas daring hal ini lebih alternatif untuk kalian yang  ikut berorganisasi tanpa harus merelakan waktu yang mungkin bisa dipakai untuk menghafalkan pelajaran yang ada di Pesantren.

Nah itulah tips yang bisa kalian lakukan dalam kuliah sambil mondok di Jogja, semoga informasi ini bermanfaat terima kasih.

kuliah sambil mondok di jogja kuliah sambil mondok gratis di jogja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *