Psikologi Industri, Berikut Penjelasannya

Psikologi Industri

Psikologi Industri merupakan ilmu yang mempelajari perilaku manusia di tempat kerja. Ilmu ini berfokus pada pengambilan keputusan kelompok, semangat kerja karyawan, motivasi kerja, produktivitas, stres kerja, seleksi pegawai, strategi pemasaran, rancangan alat kerja, dan berbagai masalah lainnya. 

Psikolog industri meneliti dan mengidentifikasi bagaimana perilaku dan sikap dapat di improvisasi melalui praktik penggajian, program pelatihan, dan sistem umpan balik. 

Perkembangan psikologi industri di Indonesia sangat dipengaruhi oleh perkembangan psikologi di negara-negara barat terutama Amerika Serikat. 

Secara sederhana, psikologi industri berkonsentrasi pada area kepegawaian dan proses alur organisasi yang menciptakan lingkungan kondusif untuk mewujudkan kesuksesan.

Psikologi industri dan organisasi merupakan implementasi ilmu psikologi di dalam bidang pekerjaan. Di dalam organisasi dan industri di dalamnya terdapat manusia dan masyarakat yang dimana ilmu psikologi tumbuh dan berkembang. 

Tujuan dari psikologi industri dan organisasi sama seperti yang ada di dalam mukadimah kode etik psikolog, yaitu untuk kesejahteraan dari umat manusia.

Menurut Muchinsky (1993; Marliani, 2015) Psikologi industri dan organisasi adalah ilmu yang mempelajari hubungan manusia dengan dunia kerja. 

Ini menekankan penyelidikan manusia terhadap tujuan individu dalam angkatan kerja dan orang-orang yang mengelilingi mereka, serta pekerjaan yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Sedangkan menurut Munandar (2001) psikologi industri dan organisasi adalah suatu kesatuan pengetahuan yang berisikan kebenaran, aturan serta prinsip tentang perilaku manusia dengan pekerjaan. 

Psikologi juga suatu penerapan dari fakta dan prinsip psikologi pada permasalahan manusia yang bekerja di industri dan organisasi.

Menurut G. Aamodt (2004), ia mengatakan bahwa ada 4 bidang utama dari psikologi industri dan organisasi, diantaranya: Psikologi Personalia, Psikologi Organisasi, Pelatihan dan Pengembangan, dan Ergonomi. 

Psikologi industri dan organisasi menurut dua ahli ini adalah aplikasi (penerapan) dari fakta dan prinsip psikologi pada masalah dalam konteks bisnis dan industri.

Guion mendefinisikan psikologi industri dan organisasi sebagai keilmuan yang mempelajari mengenai hubungan antara manusia dengan dunia kerja.

Psikologi industri dan organisasi dari sudut pandang A.S. Munandar ialah keilmuan yang mempelajari tingkah laku dari manusia yang dikaitkan dengan perannya sebagai tenaga kerja dan konsumen baik secara perorangan atau sebagai kelompok.

 Pengertian psikologi industri dan organisasi menurut Munsterberg, yakni keilmuan yang mempelajari perilaku dari manusia di dalam dunia kerja.

Ilmu psikologi industri mulai populer pada tahun 1903 saat Walter Dill Scott menulis The Theory of Advertising, dan ilmu tersebut pada mulanya hanya diterapkan dalam dunia bisnis. Pada tahun 1913, karya Hugo Munsterberg yang berjudul Psychology and Industrial Efficiency. 

Sejak tahun 1930-an, psikologi industri memiliki cakupan ilmu yang lebih luas. Hingga saat ini, psikologi industri lebih mengarah kepada persoalan sumber daya manusia seperti pemilihan dan penempatan karyawan, peningkatan kinerja karyawan, dan sebagainya.

Psikologi industri baru populer di Indonesia sebagai bidang keilmuan baru sekitar tahun 1950-an. Lembaga Pendidikan Asisten Psikologi didirikan pada tanggal 3 Maret 1953 yang diketuai oleh Prof. Dr. Slamet Imam Santoso. 

Lembaga tersebut menaungi Psikologi Kejuruan dan Perusahaan yang sebelumnya bernama Balai Psikoteknik di bawah Kementrian Pendidikan Pengajaran dan Kebudayaan RI.

Ruang lingkup psikologi industri dan organisasi mencakup pengembangan karir karyawan, penilaian dalam industri dan organisasi, pemlihan karyawan, kesehatan mental karyawan, kepuasan kerja, dinamika kelompok, mengatasi konflik dalam organisasi, perubahan dan pengembangan organisasi, motivasi karyawan, pelatihan, dan penempatan karyawan.

Psikologi industri dan organisasi pdf

Bagi kalian yang mencari psikologi industri dan organisasi pdf kalian bisa klik link ini:

Download 1

Download 2

Psikologi industri dan organisasi jurnal

Nah untuk kalian yang mencari psikologi industri dan organisasi jurnal kalian bisa klik link ini:

Download 

Itulah informasi yang bisa kami bagikan, semoga informasi yang kami bagikan ini bermanfaat dan terima kasih telah membaca.  

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *