Mengenal Sosiometri (Alat Mengukur Hubungan Sosial)

Sosiometri

Sosiometri dikenal sebagai salah satu ilmu yang dapat mengukur derajat hubungan antar manusia dengan tujuan untuk penilaian perilaku dalam kelompok tertentu.

Sosiometri Antar Peserta

Sosio metri merupakan salah satu teknik untuk mengetahui posisi peserta didik dalam hubungan sosialnya dengan peserta didik lain.

Melalui Sosio metri ini, kamu bisa mengetahui peserta didik yang paling disenangi, peserta didik yang banyak menjadi rujukan teman-temannya yang ingin bertanya.

Sosio metri memiliki tujuan untuk mengetahui penilaian antar peserta didik. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menegaskan kepada semua peserta didik di kelas untuk memilih satu atau dua temannya yang mau membantu temannya saat kesulitan belajar di kelas.

Selain itu, kamu bisa juga memilih satu atau dua temannya yang tidak mau melibatkan diri dalam kerja kelompok, atau memilih satu atau dua temannya yang aktif terlibat dalam diskusi kelompok. Pilihan-pilihan itulah yang dituliskan dalam lembar pedoman sosio metri.

Sosiometri Shidec

Agar memudahkan kamu untuk dapat mengetahui penilaian antar peserta didik,maka dihadirkanlah program Sosiometri Berbasis Web.

Program yang dihadirkan ini bisa kamu gunakan melalui link berikut ini yaitu sebagai berikut sosiometri.shidec.com.

Bagi kamu yang tidak selalu bisa mendapatkan koneksi internet yang baik, maka kamu bisa menggunakan Sosiometri Off-Line yang bisa didapatkan dengan meng-copy dari panitia, atau bisa diunduh langsung di alamat sosiometri.shidec.com/files/sosiometri.zipSosiometri.shidec.com.

Pada saat pertama kali halaman web sosiometri.shidec.com dibuka, akan ditampilkan empat menu utama, yaitu :

  1. Login : untuk login ke web sosiometri dan memanfaatkan seluruh fasilitas yang ada. Hal ini bisa dilakukan setelah Anda terdaftar di web ini.
  2. Pendaftaran : untuk melakukan pendaftaran dan menjadi anggota web sosiometri.
  3. Sosiometri Off-Line : untuk melakukan pembuatan sosiometri dan sosiogramnya.
  4. Hubungi Pengembang : untuk mengirimkan saran, ucapan terima kasih, kritik, laporan error dan lain –lain kepada tim pengembang.

Demikianlah informasi menarik kali ini mengenai Sosiometri. Semoga bermanfaat dan menginspirasi.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *