Berbagai Macam Bahasa Resmi Asean

Bahasa Resmi Asean

Bahasa Resmi Asean- Posisi bahasa Indonesia relatif terhadap bahasa Melayu adalah unik. Di sisi lain, bahasa Melayu adalah dasar dari bahasa Indonesia. Namun, perkembangan bahasa Indonesia semakin pesat dari waktu ke waktu.

Perdebatan mengenai penetapan bahasa resmi atau bahasa sekolah ASEAN kembali mengemuka. Kali ini Perdana Menteri Malaysia Dato Ismail mengusulkan Sabri Yacoub sebagai opsi di hadapan Presiden Joko Widodo pada Jumat (4 Januari 2022).

Bagi pengamat sejarah Melayu, pilihan bahasa Melayu cukup bisa dipahami. Ini adalah cara lain untuk mengklaim akar yang sama terkait dengan bahasa nasional (Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura). Selain itu, Mindanao (Filipina), Pattani (Thailand), dan beberapa suku di Vietnam dan Kamboja masih mempertahankan bahasa Melayu. Jadi mengesampingkan nama negara, memilih bahasa Melayu sangat masuk akal.

Bahasa resmi asean 2022

Pendidikan Kebudayaan, menanggapi pernyataan penguatan bahasa Melayu sebagai bahasa mediasi antara kedua kepala negara dan sebagai bahasa resmi ASEAN dalam kunjungan Perdana Menteri Malaysia Dato Sri Ismail Sabri Yacoub ke Indonesia Kementerian Riset dan Teknologi (Kemendikbduristek). 

Sebagai instansi pemerintah yang bertanggung jawab dalam pembinaan, pemajuan dan perlindungan bahasa dan sastra Indonesia, serta memenuhi kewajiban hukumnya untuk meningkatkan fungsi bahasa Indonesia sebagai bahasa internasional, selanjutnya menyatakan perlu adanya penelitian dan pembahasan. .

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim dalam keterangan tertulisnya mengatakan: Tentu saja, karena negara sahabat ingin mengajukan bahasa Melayu sebagai bahasa resmi ASEAN, keinginan ini perlu dikaji dan didiskusikan lebih lanjut di tingkat regional.

Kami mengajak seluruh masyarakat untuk bekerja sama dengan pemerintah untuk lebih memperkuat dan melindungi bahasa Indonesia. Menurutnya, dengan mempertimbangkan keunggulan sejarah, hukum, dan kebahasaan, bahasa Indonesia lebih bisa dibayangkan. Nantinya, Mendikbud menyampaikan bahwa di tingkat internasional, bahasa Indonesia akan menjadi bahasa terbesar di Asia Tenggara, dengan sebaran 47 negara di dunia.

Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Bahasa Asing (BIPA) juga dilakukan oleh 428 institusi. Lembaga-lembaga ini didukung oleh Departemen Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan dilaksanakan secara mandiri oleh para penggiat BIPA, pemerintah dan instansi pemerintah. institusi di seluruh dunia.

Selain itu, bahasa Indonesia juga diajarkan sebagai mata pelajaran di banyak kampus kelas dunia di Eropa, Amerika dan Australia, dan di beberapa universitas besar di Asia. “Mengingat semua kelebihan yang dimiliki bahasa Indonesia dari sudut pandang sejarah, hukum dan bahasa, dan telah menjadi bahasa yang diakui secara internasional, itu adalah yang terdepan dari apa yang mungkin dan tepat untuk menjadi bahasa pengantar. kalau ada, untuk pertemuan resmi ASEAN,” pungkas Mendikbud.

Secara kebetulan, peran bahasa Indonesia diperkuat oleh undang-undang dan peraturan perundang-undangan. Setelah Indonesia merdeka, Pasal 36 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia menyatakan bahwa bahasa resmi adalah bahasa Indonesia.

Kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia ditegaskan dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, Lambang dan Lagu Kebangsaan, dan dirinci dalam Peraturan Pemerintah Nomor 57/2014. 

Peraturan Presiden Nomor 63 Tahun 2019 tentang Penggunaan Bahasa Indonesia dan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 42 Tahun 2018 tentang Kebijakan Bahasa dan Sastra Nasional tentang Pembinaan, Pengajaran dan Perlindungan Bahasa dan Sastra serta Pembinaan Fungsi Bahasa Indonesia.

Bahasa resmi asean brainly

  1. Indonesia menggunakan bahasa Indonesia.
  2. Malaysia menggunakan bahasa Melayu.
  3. Singapura menggunakan bahasa Inggris.
  4. Bahasa Thai, Thai Tengah, atau Siam dituturkan di Thailand.
  5. Filipina menggunakan Tagalog.
  6. Myanmar berbicara bahasa Burma atau Burma.
  7. Vietnam berbicara bahasa Vietnam.
  8. Brunei Darussalam berbicara bahasa Melayu.
  9. Laos menggunakan bahasa Laos.
  10. Kamboja berbicara bahasa Khmer.

Demikianlah ulasan mengenai bahasa resmi asean. Nah sekarang kamu sudah tau kan guys, semoga dapat membantu yaaa. Terimakasih telah berkunjung dan SEE YAA!!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *