Pengantar Sejarah Korea

Pengantar Sejarah Korea

Pengantar Sejarah Korea- Korea memiliki sejarah yang panjang dan menarik. Itu terjadi lebih dari lima ribu tahun yang lalu. 

Mempelajari sejarah suatu negara adalah salah satu cara terbaik untuk mengenal budaya dan masyarakatnya. Dan saya yakin ini akan membantu Anda lebih menikmati drama dan film Korea.

Pengantar Sejarah Korea adalah 

Gojoseon (고조선) dan Kerajaan Negara Suku Lainnya

Sejarah Korea dimulai dari Dangun Joseon pada tahun 2333 SM. Legenda mengatakan Dangun adalah putra Hwanwoong (putra surga) dan Woongnyeo (wanita beruang). 

Periode tersebut memiliki nama ‘Go’ yang berarti ‘tua’ untuk membedakannya dengan Dinasti Joseon kemudian. 

Beberapa kerajaan negara suku seperti Buyeo, Okjeo, Dongye, dan Samhan juga dimulai di Semenanjung Korea dan sekitar Manchuria pada masa ini.

Periode Tiga Kerajaan

Setelah masa Gojoeson, datanglah tiga kerajaan, Goguryeo, Baekje, dan Silla. Goguryeo dimulai dan menetap di bagian utara Semenanjung Korea dan Manchuria, 

dan kerajaan tersebut memiliki wilayah terluas di antara ketiga kerajaan tersebut. Jumong (Anda mungkin pernah mendengar nama ini dari Drama Korea populer), 

pendiri Goguryeo, memiliki legenda bahwa ayahnya adalah seorang pangeran surgawi dan ibunya melahirkan sebutir telur, dari mana Jumong dilahirkan. 

Baekje terletak di bagian barat daya Semenanjung Korea, di sekitar provinsi Jeolla-do dan wilayah provinsi Chungcheong-do saat ini. Onjo, pendiri Baekje, adalah putra Jumong. 

Dia meninggalkan Goguryeo dan mendirikan Baekje bersama ibunya Soseono setelah Jumong memilih Yuri, putra Jumong yang hilang dari pernikahan lain, sebagai putra mahkota. Ya, perseteruan keluarga itu punya sejarah panjang.

Silla menemukan basisnya di bagian tenggara Semenanjung Korea, wilayah Gyeongsang-do saat ini. Silla memiliki permulaannya sendiri yang tidak berhubungan dengan Goguryeo atau Baekje. 

Ini dimulai sebagai negara kesukuan dan Bahk Hyeokgeose adalah Raja pertama kerajaan tersebut. Ia juga dikatakan lahir dari telur. 

Kita dapat menebak bahwa orang-orang ingin percaya bahwa pendiri suatu negara haruslah seorang yang istimewa dibandingkan dengan orang normal dan hal tersebut membuat mitologi sepanjang sejarah Korea bahwa raja-raja mereka mempunyai hubungan dengan surga atau dilahirkan secara misterius.

Silla dan Balhae Bersatu

Ketiga kerajaan tersebut memiliki masa kejayaannya masing-masing dan berkembang pesat, namun pada akhirnya, pemenang akhirnya adalah Silla. 

Silla mengalahkan Baekje dan Goguryeo masing-masing pada tahun 660 dan 668 dan menyatukan ketiga kerajaan tersebut. 

Tapi itu bukanlah penyatuan yang sempurna. Silla mendapat bantuan dari Dinasti Dang untuk memenangkan perang melawan Baekje dan Goguryeo, dan harus membayar akibatnya kepada Dinasti Dang. Akibatnya, wilayah Silla Bersatu bahkan tidak mencakup Semenanjung Korea.

Dae Joyoung, pendiri Balhae, adalah bangsawan Goguryeo. Dia mendirikan negara dengan pengungsi dari suku Goguryeo dan Malgal. 

Balhae terletak di bagian utara Semenanjung Korea, Manchuria, dan sebagian Rusia. Balhae memusuhi Silla karena Silla mewakili penerus Goguryeo.

Tiga Kerajaan Kemudian (후삼국시대)

Sama seperti kerajaan dan dinasti bersejarah lainnya, Silla Bersatu mulai melemah dan dua kerajaan baru bangkit. Gyeonhwon, seorang jenderal Silla, mendirikan Hubaekje dengan klaim sebagai penerus Baekje. 

Gungye, seorang pangeran Silla yang ditinggalkan, mendirikan Taebong dan kemudian mengubah namanya menjadi Hugoguryeo dan mengklaim sebagai penerus Goguryeo. 

Ketika Gungye kemudian menjadi bermasalah karena masalah mental, rakyatnya menggulingkannya dan menobatkan Wang Geon, seorang bangsawan tinggi dan keturunan Goguryeo. Wang Geon mengubah nama kerajaan menjadi Goryeo.

Dinasti Goryeo (고려시대)

Silla terus menerus gagal dan Balhae pun terjatuh. Wang Geon menerapkan kebijakan pengungsi yang murah hati bagi pengungsi dari Balhae. Dia menerima mereka dan memberi mereka tanah. 

Selain itu, dia mengembalikan posisi sosial mereka seperti dulu di Balhae. Putra mahkota Balhae bahkan diberi nama belakang Wang. Silla pun menyerah secara sukarela kepada Goryeo setelah kesulitan bertarung dengan Hubaekje. 

Sebagai bagian terakhir dari penyatuan Semenanjung Korea, Goryeo harus bertarung dengan Hubaekje. Hubaekje akhirnya dikalahkan berkat konflik internal Hubaekje antara pendiri Gyeonhwon dan putra-putranya. 

Gyeonhwon menyerah kepada Goryeo setelah dia dicopot oleh putranya, yang membantu Goryeo mengalahkan Hubaekje. 

 Goryeo memiliki sistem kekaisaran. Para raja menggunakan gelar kaisar dan menjalankan negara sesuai dengan itu hingga dikalahkan oleh bangsa Mongol pada tahun 1270. Goryeo tidak dapat pulih untuk menggunakan gelar dan sistem kaisar sampai ia jatuh ke tangan Yi Seonggye, pendiri Joseon.

Dinasti Joseon (조선시대)

Yi Seonggye, jenderal Goryeo, memimpin kudeta yang sukses dan menjadi orang paling berkuasa di Goryeo. Setelah empat tahun sejak kudeta, ia mendeklarasikan dinasti baru (dan dinasti terakhir dalam sejarah Korea), 

Joseon, dengan mengklaim menggantikan Gojoseon dan naik takhta. Dia memindahkan ibu kota ke Hanyang, nama lama Seoul. Joseon menganut sistem birokrasi pusat, bukan feodalisme, dan menggantikan agama resmi Gyoreo, Budha, dengan Konfusianisme. 

Joseon makmur, terutama pada masa pemerintahan Raja Sejong. Prestasi Raja Sejong yang paling terkenal adalah penciptaan Hangul, huruf Korea. Selain itu, dia mendorong sains dan mendukung banyak ilmuwan. 

Namun seiring dengan semakin banyaknya dinasti yang berkuasa, birokrasi menjadi korup dan Sarim, setara dengan partai politik saat ini, terpecah belah dan berusaha mendapatkan kekuasaan mereka sendiri daripada memikirkan kebaikan negara. 

Joseon harus menanggung beberapa perang dan permainan kekuasaan antara bangsawan dan bangsawan sampai Jepang menginvasi semenanjung tersebut dan kehilangan pemerintahannya ke Jepang pada tahun 1910.

Demikianlah teman-teman pembahasan kita hari ini tentang Pengantar Sejarah Korea, semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ke teman-teman yang lain ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *