Sebuah kantor pemerintah memiliki 60 pegawai. Dalam satu tahun terakhir, tercatat 15 pegawai telah mengikuti pelatihan profesional. Berapa persen dari total pegawai yang telah mengikuti pelatihan profesional dalam satu tahun terakhir?

Berapa persen dari total pegawai yang telah mengikuti pelatihan profesional dalam satu tahun terakhir

Berapa persen dari total pegawai yang telah mengikuti pelatihan profesional dalam satu tahun terakhir?

Peserta rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) akan memasuki tahap Tes Kompetensi Dasar (SKD). Nah untuk mempersiapkan diri, berikut contoh soal SKD CPNS 2023 untuk latihan.

Diketahui tes SKD ini memiliki tiga jenis tes yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Oleh karena itu, bagi yang ingin mengikuti seleksi tersebut perlu mempersiapkan diri dengan matang.

Tes SKD ini nantinya akan menentukan apakah peserta akan lolos ke tahap selanjutnya atau tidak. Dalam pelaksanaan tes SKD, peserta harus menjawab 110 soal dengan waktu 100 menit. Sedangkan peserta dengan khusus atau disabilitas mendapat waktu 130 menit.

Rincian soal ketiganya yakni TWK 30 soal, TIU 35 soal, dan TKP 45 soal. Untuk bisa lolos ke Tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), peserta harus lulus tes SKD dan memenuhi passing grade yang telah ditetapkan.

Adapun passing grade SKD CPNS 2023 adalah sebagai berikut: Passing grade TWK: 65 Passing grade TIU: 80 Passing grade TKP: 166 Nilai tertinggi untuk TWK sebanyak 150 poin, TIU 175 poin, dan TKP 225 poin.

Sementara total nilai tertinggi tes SKD adalah 550 poin. Namun bukan hanya passing grade yang menjadi penentu kelulusan seseorang untuk bisa mengikuti tahap tes selanjutnya.

Peserta harus memenuhi nilai ambang batas dan masuk dalam peringkat terbaik 3 tiga kali jumlah kebutuhan masing-masing jabatan

Nah, berikut contoh soal yang dapat digunakan sebagai bahan latihan, lengkap dengan jawabannya. Simak selengkapnya di bawah ini!

Sebuah kantor pemerintah memiliki 60 pegawai. Dalam satu tahun terakhir, tercatat 15 pegawai telah mengikuti pelatihan profesional. Berapa persen dari total pegawai yang telah mengikuti pelatihan profesional dalam satu tahun terakhir?

A. 10%
B. 15%
C. 20%
D. 25%
E. 30%

Jawaban D. 25%

Pembahasan:

Diketahui:

total pegawai 60

pegawai yang ikut pelatihan 15

diTanya jumlah persen yang ikut?

15/60x 100 =25 %

Demikianlah teman-teman pembahasan kita hari ini tentang Sebuah kantor pemerintah memiliki 60 pegawai. Dalam satu tahun terakhir, tercatat 15 pegawai telah mengikuti pelatihan profesional.

Berapa persen dari total pegawai yang telah mengikuti pelatihan profesional dalam satu tahun terakhir?, semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ke teman-teman yang lain ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *