Kolektif adalah lawan kata dari

Kolektif adalah lawan kata dari

Kolektif adalah lawan kata dari- Peserta rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) akan memasuki tahap Tes Kompetensi Dasar (SKD). Nah untuk mempersiapkan diri, berikut contoh soal SKD CPNS 2023 untuk latihan.

Diketahui tes SKD ini memiliki tiga jenis tes yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Oleh karena itu, bagi yang ingin mengikuti seleksi tersebut perlu mempersiapkan diri dengan matang.

Nah, berikut ini contoh soal yang dapat digunakan sebagai bahan latihan, lengkap dengan jawabannya. Simak selengkapnya di bawah ini!

Kolektif adalah lawan kata dari…

a. Pasif

b. Aktif

c. Terpisah

d. Individual

e. Serentak

Jawaban: D

Pembahasan:

Antonim merupakan hubungan semantik antara 2 satuan ujaran yang maknanya menyatakan kebalikannya, bertentangan, atau kontras antara kalimat yang satu dengan yang lainnya.

Selain itu, antonim merupakan suatu kata yang berlawanan makna dengan kata lain. Antonim atau lawan kata.

Jenis-jenis Antonim

Antonim mempunyai beberapa pembagian sesuai degan jenisnya, berikut ini adalah jenis-jenis antonym

  • Antonim Kembar

Antonim kembar yaitu antonim yang melibatkan pertentangan antara dua kata. Contohnya hidup x mati.

  • Antonim Majemuk

Antonim majemuk yaitu antonim yang melibatkan banyak kata. Contohnya Rumah itu berwarna merah x Rumah itu berwarna hijau

  • Antonim Gradual

Antonim gradual yaitu antonim yang memiliki tingkatan dalam pertentangan. Contohnya Rumah mewah x Rumah sederhana.

  • Antonim Hierarkis

Antonim hierarkis yaitu antonim yang pertentangan katanya dalam posisi bertingkat. Contohnya Januari x Februari

  • Antonim Relasional

Antonim relasional yaitu antonim yang kedua katanya saling berhubungan. Contohnya Suami x Istri.

Jenis Antonim Berdasarkan Sifatnya

  • Antonim mutlak

yaitu antonim yang mengemukakan pertentangan makna kata-kata secara mutlak. Misalnya, antonim kata gerak dengan diam.

Sesuatu yang (ber)gerak tentu tidak dalam keadaan diam; dan sesuatu yang diam tentu tidak dalam keadaan bergerak. Kedua proses ini tidak dapat berlangsung bersamaan, tetapi secara bergantian.

  • Antonim kutub

yaitu antonim yang mengemukakan pertentangan makna kata-kata tidak secara mutlak, tetapi secara gradasi. Artinya, terdapat tingkat- tingkat makna pada kata-kata yang bertentangan tersebut.

Contohnya antonim kata kaya dan kata miskin. Orang yang tidak kaya belum tentu merasa miskin, dan begitu juga orang yang tidak miskin belum tentu merasa kaya.

  • Antonim hubungan

yaitu antonim yang mengemukakan makna kata-kata yang bersifat saling melengkapi atau bersifat relasional. Artinya, kehadiran kata yang satu karena ada kata yang lain yang menjadi oposisinya.

Misalnya, kata menjual berantonim dengan kata membeli. Kata menjual dan membeli walaupun maknanya berlawanan, tetapi proses kejadiannya berlaku serempak.

Proses menjual dan membeli terjadi pada waktu yang bersamaan, sehingga bisa dikatakan tak akan ada proses menjual jika tidak ada proses membeli.

  • Antonim hierarkis

yaitu antonim yang mengemukakan makna kata-kata berupa deret jenjang atau tingkatan. Oleh karena itu, kata-kata yang beroposisi hierarkial adalah kata-kata berupa nama satuan ukuran, nama satuan hitungan dan penanggalan, nama jenjang kepangkatan dan sebagainya.

Umpamanya kata meter berantonim hierarkial dengan kata kilometer karena berada dalam deretan nama satuan yang menyatakan ukuran panjang.

Kolektif = secara bersama; secara gabungan. Jadi lawan kata ‘kolektif’ adalah ‘individual’.

Demikianlah teman-teman pembahasan kita hari ini tentang “Kolektif” adalah lawan kata dari, semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ke teman-teman yang lain ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *