Teknologi Komunikasi dan Informasi: Kelebihan Dan Kekurangan

Teknologi Komunikasi

Teknologi Komunikasi dan Informasi-  Komunikasi selalu menjadi bagian terpenting dari ekspresi dan interaksi manusia. Jika kita melihat sekeliling kita, semuanya telah berubah dari zaman dulu. Dunia bergerak begitu cepat dan kita sudah terbiasa dengannya. 

Dunia berkembang dengan pesat dan setiap hari baru membawa penemuan dan inovasi baru. Dari saat kita bangun di pagi hari sampai saat kita pergi tidur, kita menggunakan penemuan ilmiah yang tak terhitung jumlahnya tanpa pemberitahuan tak terkecuali perihal teknologi komunikasi.

Evolusi komunikasi adalah proses yang berkelanjutan. Dengan kemajuan teknologi modern, metode komunikasi telah berubah. Hidup akan sangat sulit tanpa komunikasi. Memecahkan masalah, menulis, membaca, memahami, semua ini tidak mungkin tanpa komunikasi.

Teknologi komunikasi ditekankan pada sebagaimana suatu hasil data dapat disalurkan, disebarkan dan disampaikan ke tempat tujuan sedangkan teknologi informasi lebih ditekankan pada hasil data yang diperoleh. 

Teknologi informasi berkembang cepat dengan meningkatnya perkembangan komputer dengan peranti pendukungnya serta perkembangan teknologi komunikasi yang ada. 

Teknologi komunikasi berkembang cepat dengan meningkatnya perkembangan teknologi elektronika, sistem transmisi dan sistem modulasi, sehingga suatu informasi dapat disampaikan dengan cepat dan tepat. 

Sedangkan kita lihat dari aspek budaya, perkembangan teknologi telah memberikan pengaruh yang begitu besar terutama bagi generasi muda bangsa. 

Teknologi membawa pengetahuan baru bagi para pembacanya, namun sayangnya pengetahuan tersebut kemudian menjadi sesuatu yang kemudian disebut sebagai nihilisme.

Teknologi membantu menyebarkan bahasa Inggris ke seluruh dunia dan kemudian menjadikan bahasa ini sebagai bahasa resmi yang digunakan di seluruh dunia dan setiap negara mengajarkan bahasa Inggris kepada siswa bahkan sejak usia dini. 

Jika melihat fenomena penggunaan bahasa Inggris di Indonesia, sepertinya masyarakat lebih bangga menggunakan bahasa negara lain daripada bahasanya sendiri karena banyak orang yang lebih mengerti bahasa Inggris daripada bahasa daerah.

Teknologi komunikasi dan informasi 

Teknologi informasi dan komunikasi adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. 

TIK mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasiTeknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. 

Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya.

Oleh karena itu, teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah dua buah konsep yang tidak terpisahkan. 

Jadi Teknologi Informasi dan Komunikasi mengandung pengertian luas yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media

Istilah TIK muncul setelah adanya perpaduan antara teknologi komputer (baik perangkat keras maupun perangkat lunak) dengan teknologi komunikasi pada pertengahan abad ke-20

Perpaduan kedua teknologi tersebut berkembang pesat melampaui bidang teknologi lainnya. Hingga awal abad ke-21, TIK masih terus mengalami berbagai perubahan dan belum terlihat titik jenuhnya.

Contoh teknologi informasi dan komunikasi adalah: 

  • Komputer; 
  • Internet (situs web, blog, dan email); 
  • Teknologi siaran langsung (radio, televisi, dan webcasting); 
  • Teknologi penyiaran yang direkam (podcast), pemutar audio dan video, dan perangkat penyimpanan); 
  • Telepon (telepon kabel, telepon seluler, satelit, visio atau konferensi video)

Teknologi komunikasi kelebihan kekurangan 

Jenis Alat /Media Komunikasi pada masa sekarang antara lain :

  1. Handphone  

– Kelebihan : Komunikasi lisan atau pun tertulis bisa terjadi secara langsung antara komunikator dan komunikan bisa melakukan kegiatan komunikasi saat itu juga tanpa halangan. 

– Kekurangan : Media ini membutuhkan sinyal. Komunikasi bisa terjadi jika sinyal ada dan tidak ada halangan.

– Kegunaan nya : Sebagai alat komunikasi langsung (lisan) dan tidak langsung (teks SMS)

  1. Smart phone  

– Kelebihan : Komunikasi Visual, lisan atau pun tertulis bisa terjadi secara langsung dan antara komunikator dan komunikan bisa melakukan kegiatan komunikasi saat itu juga tanpa halangan. Bisa mengirim pesan email dan bisa mendapat kan sumber berita informasi secara update. 

– Kekurangan : Media ini selain membutuhkan sinyal jaringan juga membutuhkan kuota data yang tidak sedikit. Jika kuota ada tetapi sinyal tidak ada alat ini tidak bisa bekerja begitu pula sebalik nya.  

– Kegunaan : Sebagai pengolah pesan dan informasi yang baik karena mempunyai banyak aplikasi untuk mendukung terjadi nya itu, sebagai alat komunikasi langsung (visual dan suara) dan tidak langsung (email). Sebagai alat penerima sumber informasi.

  1. Televisi  

– Kelebihan : Komunikasi terjadi secara visual, bergerak dan langsung . Sumber informasi bisa aktual dan update walau tetap melalui editor dulu sebelum di sajikan. Sumber informasi hiburan.

– Kekurangan : Tidak terjadi komunikasi dua arah, hanya komunikasi satu arah. Sumber Informasi melalui proses editing sesuai kepentingan pemilik stasiun program TV (Berita Politik dan ekonomi sering tidak berimbang). 

– Kegunaan : Sumber informasi dan hiburan secara visual, bergerak dan langsung.

  1. Koran / Media Cetak  

– Kelebihan : Komunikasi terjadi secara visual tapi tidak bergerak. Sumber informasi bisa aktual dan update walau tetap melalui editor dulu sebelum di sajikan. Sumber informasi hiburan

– Kekurangan : Tidak terjadi komunikasi dua arah, hanya komunikasi satu arah. Sumber Informasi melalui proses editing sesuai kepentingan pemilik media cetak (Berita Politik dan ekonomi sering tidak berimbang). 

Kegunaan : Sumber informasi dan hiburan secara visual tidak bergerak.

  1. Radio  

– Kelebihan : Komunikasi terjadi secara lisan dan langsung. Sumber informasi bisa aktual dan update walau tetap melalui editor dulu sebelum di sajikan. Sumber informasi hiburan.

– Kekurangan : Tidak terjadi komunikasi dua arah, hanya komunikasi satu arah. Sumber Informasi melalui proses editing sesuai kepentingan pemilik stasiun radio (Berita Politik dan ekonomi sering tidak berimbang). 

– Kegunaan : Sumber informasi dan hiburan secara lisan (suara) dan langsung.

Itulah informasi yang bisa kami bagikan, semoga informasi yang kami bagikan ini bermanfaat untuk kalian semua dan terima kasih telah membaca.         


 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *