Dendrologi (Cabang ilmu Biologi)

Dendrologi

Dendrologi adalah cabang biologi yang mempelajari tentang pohon maupun tumbuhan berkayu lainnya, seperti liana dan semak. Cabang ilmu ini terutama dipelajari dalam bidang botani dan terapannya, kehutanan.

Dendrologi berasal dari kata Dendro yang artinya pohon dan Logos yang artinya ilmu. Jadi Dendrologi adalah ilmu pengetahuan tentang flora pohon terutama yang tumbuh dalam hutan/Ilmu taksonomi tumbuhan berkayu (pohon).

Tumbuhan berkayu merupakan obyek utama ilmu dendrologi. Berikut ini adalah ciri utama tumbuhan berkayu:

  • Memiliki pembuluh xylem dan pembuluh floem
  • Tumbuhan menahun
  • Mengalami pertumbuhan primer dan sekunder
  • Tersusun atas selulosa dan hemiselulosa (sekitar 60%-70%) serta lignin (30%-40%)

Peran dan Ruang Lingkup Dendrologi

Dengan mempelajari ilmu ini, kita dapat mempelajari berbagai karakteristik tumbuhan berkayu atau pohon, antara lain:

  1. Mengenal karakter morfologi pohon, seperti habitus, batang, tajuk, kulit batang, kayu, getah, daun, bunga, buah dan biji
  2. Persebaran jenis-jenis pohon
  3. Habitat pohon dan ekologinya
  4. Manfaat tumbuhan berkayu baik dari segi komersi maupun non komersil
  5. Anatomi kayu
  6. Klasifikasi tumbuhan
  7. Kunci determinasi
  8. Herbarium
  9. Mengetahui variasi pohon baik akibat faktor genetik maupun lingkungan

Manfaat dan Posisi Dendrologi

  1. Untuk mensistematisasi pengetahuan tentang pohon yang sangat beragam
  2. Memberikan pedoman untuk pengenalan pohon
  3. Mengalami berbagai macam variasi yang bersifat fenotipa maupun genotipa

Dalam ilmu ini terutama dipelajari morfologi dan anatomi untuk memperoleh dasar-dasar pengenalan pohon. Selain itu, fisiologi dan ekologi juga menjadi fokus utama dalam bidang ini. 

Berbagai macam metode membentuk sejumlah metode khas dendrologi, seperti pendugaan umur melalui lingkaran tahun, penentuan jenis berdasarkan pola kulit kayu dan bentuk buah serta biji).

Indonesia memiliki hutan yang termasuk dalam kawasan Flora Malesia. Hal ini ditandai dengan kekayaan hutan akan berbagai jenis pohon. Kasawan Flora Malesia meliputi negara Malaysia, Filipina, Indonesia, hingga Paupa New Guinea.

Berdasarkan data Lembaga Penelitian Hutan (saat ini menjadi Pusat Penelitian dan Pengembangan Hutan dan Konservasi Alam –Puslitbanghut), hutan Indonesia memiliki 4.000 hingga 5.000 jenis pohon.

Namun hingga saat ini, hanya sekitar 400 jenis pohon yang dianggap penting dan dikenali dengan baik, yaitu 267 jenis yang telah dikenali dan diperdagangkan serta dikelompokkan menjadi 120 jenis kayu perdagangan.

Banyak jenis pohon di wilayah tropis hutan Indonesia yang belum dikenali, sehingga hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi rimbawan untuk mendalami ilmu dendrologi agar dapat membantu mengenali berbagai jenis pohon baru sehingga dapat dikelola dan dimanfaatkan dengan baik.

Dendrologist Definition 

Dari segi etimologi, dendrologi berasal dari kata “dendros” dan “logos”. Arti kata dendros adalah pohon dan logos adalah ilmu. Sehingga dapat diartikan secara sederhana, bahwa dendrologi adalah ilmu yang mempelajari tentang pohon.

Dendrologi menurut Harlow dan Harrar (1969) didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang pohon atau ilmu yang mempelajari tentang taksonomi tumbuhan berkayu termasuk pohon, perdu dan liana. 

Taksonomi mempelajari klasifikasi, tatanama (nomenclature) dan identifikasi obyek-obyek yang bersifat alami. 

Berkait dengan sifatnya yang alami, maka dendrologi tidak sekedar mempelajari hal-hal yang bersifat morfologis tetapi juga mempelajari habitat suatu pohon dan penyebarannya. Dengan demikian lingkup ilmu pengetahuan yang dipelajari meliputi lapangan dan laboratorium.

Dengan acuan definisi dendrologi seperti di atas, maka ada beberapa istilah yang perlu dikenal definisinya terlebih dahulu agar batasannya menjadi jelas dan tidak dipertentangkan pada bahasan-bahasan selanjutnya. 

Peranan dendrologi dalam kehutanan

Setiap ilmu yang dipelajari pastilah memiliki arti bagi kehidupan manusia di muka bumi ini, begitu juga dengan dendrologi. 

Meskipun secara keilmuan dendrologi dekat sekali dengan ilmu murni seperti halnya taksonomi, namun ternyata dendrologi memiliki arti sangat penting di bidang kehutanan.

Pengenalan jenis, dengan pengetahuan tentang ciri-ciri morfologis yang telah dipelajari dalam ilmu ini, maka dendrologi sangat berperan dalam menentukan antara lain jenis-jenis pohon komersial dan non komersial.

Nah itulah informasi yang bisa kami bagikan mengenai Dendrologi, semoga informasi yang kami bagikan ini bermanfaat untuk kalian semua dan terima kasih telah membaca.      

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *