Biologi Umum Dan Penjelasannya

Biologi Umum

Biologi Umum – Buat kamu yang sedang menempuh pendidikan mengambil jurusan Biologi tentu sudah tidak asing dengan mata kuliah Biologi Umum bukan? Biologi umum merupakan mata kuliah wajib dalam jurusan Biologi baik pendidikan dan non pendidikan.

Perkuliahan Biologi Umum mempelajari materi biologi secara umum yang mencakup ruang lingkup biologi, sel, jaringan pada Tumbuhan dan Hewan, Struktur dan Fungsi, Prinsip prinsip genetika, dan Peranan Bioteknologi bagi kehidupan. Pada mata kuliah biologi umum kamu akan sering melakukan praktikum di laboratorium. 

Lantas sudah tahukah kamu apakah yang dimaksud dengan Biologi umum? Materi apa saja yang dipelajari saat mengambil mata kuliah biologi umum semester 1? Apa saja judul buku yang digunakan saat belajar materi ini? 

Daripada penasaran buruan simak informasi mengenai biologi umum, materi yang dipelajari selama semester 1 dan jenis buku biologi di bawah ini.

Biologi Umum Semester 1 PDF

Sebelum dijabarkan materi apa saja yang dipelajari dalam materi umum. Terlebih akan dijelaskan apa yang dimaksud dengan Biologi. Perkuliahan Biologi Umum mempelajari materi biologi secara umum.

Biologi umum mencakup ruang lingkup biologi, sel, jaringan pada Tumbuhan dan Hewan, Struktur dan Fungsi, Prinsip-prinsip genetika, dan Peranan Bioteknologi bagi kehidupan. 

Secara terminologi, Biologi berasal dari dua kata yaitu bios yang artinya makhluk hidup dan logos artinya ilmu, sehingga biologi dapat diartikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup. 

Aspek kajian dalam biologi sangatlah luas, mencakup semua makhluk hidup baik yang berada di darat, air maupun udara baik yang kecil maupun yang besar. 

Jika dilihat dari segi ukuran, semua organisme baik yang memiliki ukuran sangat kecil seperti bakteri, virus, hingga makhluk hidup dengan ukuran besar seperti beruang dan lain sebagainya, semuanya termasuk dalam aspek kajian biologi. 

Bahkan biologi tidak hanya mempelajari makhluk hidupnya sendiri, interaksi antara makhluk hidup dengan yang tidak hidup juga dipelajari, misalnya hubungan antara kualitas suatu perairan dengan tingkat pertumbuhan ikannya dan lain sebagainya. 

Bidang biologi dapat digambarkan dalam susunan yang teratur mulai dari yang terkecil sampai pada yang terbesar, yakni mulai dari biosfer, ekosistem, komunitas, populasi, organisme, organ/sistem organ, jaringan, sel, organel, molekul dan atom.

Jika dilihat dari segi ukuran, semua organisme baik yang memiliki ukuran sangat kecil seperti virus, hingga makhluk hidup dengan ukuran besar seperti gajah, semuanya termasuk dalam aspek kajian biologi. 

Bahkan biologi tidak hanya mempelajari makhluk hidupnya sendiri, interaksi antara makhluk hidup dengan yang tidak hidup juga dipelajari, misalnya hubungan antara kualitas suatu perairan dengan tingkat pertumbuhan ikannya dan lain sebagainya.

Materi biologi umum yang dipelajari semester 1 yaitu sebagai berikut:

  1. Struktur dan Fungsi Sel Sebagai Dasar Organisme
  2. Organisasi Materi Penyusun Sel
  3. Keanekaragaman Makhluk Hidup
  4. metabolisme: Anabolisme dan Katabolisme
  5. Sistem Pencernaan Makhluk Hidup
  6. Sistem Peredaran Darah
  7. Sistem pernafasan dan Ekresi 
  8. Sistem Koordinasi Sistem Saraf
  9. Sistem Endokrin
  10. Sistem Reproduksi
  11. Dasar Selular Reproduksi dan Pola pewarisan Sifat (Hereditas)
  12. Makhluk Hidup dan Lingkungan

Buku Biologi Umum

Berikut buku Biologi Umum yang  sering digunakan pada saat perkuliahan diantaranya:

  1. Biologi Dasar Karya Prof. Dr. Nyoman Wijana, M.Si
  2. Biologi Umum karya 
  3. Ensiklopedia Biologi
  4. Buku Ajar Biologi Sel dan Molekuler karya Herbert Adrianto
  5. Biologi Sel karya Hafidha Asni Akmalia, S.Pd., M.Sc., ‎Dwi Mei Ayu Dewandari Pranatami, M.Sc., ‎Dian Tauhidah, M.Pd.
  6. Biologi Konservasi: Edisi Revisi karya Mochamad Indrawan, ‎Richard B. Primack, ‎Jatna Supriatna
  7. Biologi Umum Untuk Mahasiswa karya Hafidha Asni Akmalia, M.Sc., ‎Dwi Mei Ayu Dewandari Pranatami, M.Sc.
  8. Biologi perikanan karya ANDI TAMSIL, ‎M. GHUFRAN H. KORDI K, ‎HASNIDAR YASIN 
  9. Biologi Sel Satuan perspektif Memahami Kehidupan karya Sutiman B. Sumitro, ‎Sri Widyarti, ‎Sofy Permana
  10. TEORI DASAR DAN IMPLEMENTASI PERKEMBANGAN BIOLOGI SEL DAN MOLEKULER karya Dr. Anna Yuliana, M.Si, Mochamad Fathurohman, M.Si
  11. Teori dan Aplikasi Biologi Umum karya Ira Nurmawati, ‎Rosita Fitrah Dewi, ‎Sulis Anjarwati 

Demikian informasi mengenai jurusan biologi umum dan judul buku biologi umum. Terima kasih telah singgah, Semoga bermanfaat***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *