Ekologi Umum Dan Penjelasannya

Ekologi Umum Dan Penjelasannya

Ekologi Umum – Makhluk hidup saling ketergantungan antara satu dengan yang lainnya. Hal ini dikenal dengan istilah Ekologi. Ekologi merupakan cabang ilmu biologi yang mempelajari hubungan timbal balik organisme dengan lingkungannya. 

Tidak hanya itu, dalam ilmu Ekologi juga dibahas tentang habitat hewan dan tumbuhan dan hubungannya. Ilmu ekologi sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari hari. 

Contoh penerapan ilmu ekologi yaitu habitat hewan dan tumbuhan, bagaimana cara hewan mendapatkan makanan, berkembang biak hingga cara interaksi antar hewan dan tempat tinggalnya.  

Penerapan ekologi banyak ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja bagaimana  cara binatang mencari makan, habitatnya, berinteraksi dengan lingkungan tempat tinggalnya  hingga berkembang biak. 

Ekologi umum akan kamu pelajari ketika kamu mengambil jurusan Biologi terutama Jurusan Ilmu Ekologi. Lantas apakah yang dimaksud dengan Ekologi? Apa saja materi yang akan dipelajari ketika mempelajari ekologi umum? Daripada penasaran buruan simak informasi Ilmu ekologi umum berikut ini.

Ekologi Umum Adalah

Ekologi berasal dari bahasa Yunani yaitu oikos yang berarti rumah atau tempat hidup dan logos yang bermakna ilmu. Sehingga  ekologi dapat diartikan sebagai ilmu yang mempelajari organisme dalam tempat hidupnya. 

Sederhananya  Ekologi yaitu ilmu mempelajari hubungan timbal-balik antara organisme dengan lingkungannya. Ekologi merupakan cabang ilmu yang mempelajari interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya.

Kata ekologi pertama kali dikenalkan oleh Ernst Haeckel, seorang ahli biologi Jerman pada tahun 1866. Berikut ini pengertian Ekologi menurut para ahli yaitu sebagai berikut:

  1. Ernst Haeckel mendefinisikan ekologi sebagai ilmu komprehensif yang mempelajari hubungan antar organisme dengan lingkungannya.
  2. Krebs mendefinisikan ekologi sebagai pengetahuan ilmiah mengenai interaksi yang menentukan distribusi dan kelimpahan suatu organisme.  Menurut krebs ekologi adalah dimana organisme ditemukan dan berapa jumlahnya.
  3. Ricklefs menyebut ekologi sebagai ilmu lingkungan alam, terutama mempelajari hubungan mendalam antara organisme dengan lingkungan sekitarnya.

Ketika mempelajari ilmu ekologi ada  beberapa konsep yang menjadi bagian dalam ekologi yaitu sebagai berikut:

  • Lingkungan Lingkungan merupakan suatu sistem kompleks yang berada di luar individu yang mempengaruhi organisme. Lingkungan dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu:
    • Komponen Abiotik meliputi benda tak hidup yang mempengaruhi semua makhluk hidup. Di antaranya: air, suhu, udara, tanah, cahaya matahari, dan topografi.
    • Komponen Biotik Komponen biotik adalah faktor hidup yang meliputi semua makhluk hidup di bumi, baik tumbuhan, hewan dan manusia. 
  • Ekosistem yaitu suatu sistem yang terdiri dari organisme hidup (lingkungan Biotik) dan lingkungan Abiotik yang saling berinteraksi di dalam suatu wilayah tertentu.
  • Interaksi yaitu hubungan antar makhluk hidup dengan lingkungannya.  Bentuk interaksi ini berupa cara-cara organisme beradaptasi untuk memanfaatkan lingkungannya. 
  • Suksesi yaitu proses perubahan komponen komponen spesies suatu komunitas selama selang waktu tertentu. Suksesi terdiri dari 2 macam yaitu: 
    • Suksesi Primer yaitu suksesi yang terjadi karena ekosistem mengalami gangguan yang sangat berat sehingga komunitas yang ada hilang atau rusak total. Misalnya peristiwa tsunami, letusan gunung berapi, dan lainnya.
    • Suksesi Sekunder sekunder terjadi pada ekosistem yang mengalami kerusakan tetapi tidak total, masih ada yang tersisa. Misalnya kerusakan akibat banjir, kebakaran, tanah longsor, pembukaan lahan perkebunan, dan lain sebagainya.

Materi Ekologi Umum

Ilmu ekologi secara umum mempelajari tentang interaksi antar organisme dengan lingkungan hidup disekitarnya. Ruang lingkup ekologi pada dasarnya terbatas pada beberapa hal yaitu:

  • Individu

Individu merupakan satuan organisme dari setiap jenis atau spesies tertentu pada suatu lingkungan. Contohnya seekor ikan, seekor burung, dan lain sebagainya.

  • Populasi

Populasi adalah suatu kelompok dari individu-individu sejenis yang berada di suatu tempat tertentu dan pada waktu tertentu. Contohnya populasi gajah, populasi burung, populasi rumput, dan lain sebagianya.

  • Komunitas

Komunitas adalah suatu kelompok makhluk hidup yang terdiri dari beberapa populasi dan saling melakukan interaksi antara satu dengan yang lainnya pada suatu tempat dan waktu tertentu. Misalnya komunitas padang rumput, yang terdiri dari populasi rumput, populasi belalang, populasi burung, populasi ular, dan populasi lainnya.

  • Ekosistem

Ekosistem adalah kondisi terjadinya hubungan timbal balik dan hubungan saling ketergantungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Contohnya ekosistem hutan dan ekosistem air laut.

  • Biosfer

Biosfer adalah tingkatan organisasi biologi yang paling besar dan di dalamnya terdapat semua kehidupan yang ada di bumi. Di dalam biosfer terdapat interaksi antara lingkungan fisik secara keseluruhan.

  • Lanskap

Energi lanskap fokus terhadap faktor yang mengendalikan pertukaran energi, materi, dan organis dalam suatu ekosistem.

  •  Global

Ruang lingkup global bertumpu pada pertukaran energi regional dan pengaruh materi terhadap fungsi dan distribusi organisme pada tingkatan biosfer.

Demikian pembahasan tentang Ilmu Ekologi. Terima kasih telah singgah semoga bermanfaat***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *